5 Ide Bisnis Berbau Fashion yang Bisa Dicoba Saat Pandemi. Modal Minim, Hasilnya Lumayan!

Rekomendasi bisnis fashion

Dalam kondisi yang masih belum pasti di tengah pandemi ini, menjalankan bisnis dari rumah merupakan langkah bijak untuk mempertahankan kondisi keuangan. Mulai dari selebritis sampai masyarakat umum mulai banyak menggarap bisnis demi mengimbangi pemasukan utama yang berkurang. Model bisnis yang ramai digarap hari ini pun beragam. Mulai dari kuliner sampai bisnis jasa.

Advertisement

Kalau kamu mempertimbangkan untuk memulai hal serupa, bisnis fashion adalah salah satu yang bisa dicoba. Selain karena fashion nggak pernah kehilangan daya beli, menurut laporan The Business of Fashion dan McKinsey & Company, tahun 2020 ini pasar fashion global berpeluang dikuasi oleh negara-negara Asia termasuk Indonesia loh. Nah, kamu bisa banget nyelip sebagai penyemarak pasar fashion global tersebut. Modal minim nggak masalah, toh kalau perlu ada sistem dropship seller yang bisa dimanfaatkan. Biar kamu punya gambaran bisnis fashion potensial, berikut Hipwee Style rangkum 5 di antaranya yang bisa kamu coba berikut alasannya. Simak, ya.

1. Aksesoris yang selalu jadi pelengkap gaya perempuan bisa jadi ide menjanjikan

Aksesoris via unsplash.com

Dari zaman dulu hingga sekarang, aksesoris punya peranan penting dalam menunjang tampilan seseorang. Jenisnya yang banyak mulai dari anting, scarf, gelang, hingga sekadar jepitan rambut saja bisa jadi pilihan dalam mengeksplorasi gaya. Apalagi sekarang lagi musimnya Korean style yang kita tahu punya varian aksesoris lebih banyak dan menggugah selera kaum hawa untuk punya. Nah, fenomena ini bisa banget kamu manfaatkan dengan menjual aksesoris. Kamu bisa mulai dengan membuat sendiri aksesoris ala-ala, atau membeli barang jadi untuk dijual kembali.

2. Sesederhana berjualan hijab yang nyaman buat sehari-hari bisa jadi sangat menguntungkan

Busana muslim via www.instagram.com

Seperti yang kamu tahu, Indonesia adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Selain itu, laporan yang dirilis Thomson Reuters tahun 2018/19 bilang kalau Indonesia merupakan negara dengan pasar fashion muslim terbesar ke dua di dunia setelah Uni Emirat Arab. Nah, fakta ini bisa kamu manfaatkan untuk meraih penghasilan. Nggak perlu yang ambisius seperti bisnis mukena atau gamis. Kamu bisa mulai dengan busana sederhana tapi punya daya beli tinggi. Seperti hijab yang nyaman buat dikenakan sehari-hari misalnya. Nah, untuk rekomendasi bahan hijab yang nyaman bisa kamu baca di sini.

Advertisement

3. Kebaya yang selalu berhasil bikin perempuan Indonesia memesona pun layak dicoba

Kalau bicara fashion item sepanjang masa, kebaya bisa dimasukkan sebagai salah satunya. Selain kaya unsur budaya, kebaya selalu berhasil bikin perempuan Indonesia memesona. Meski bukan pakaian sehari-hari, busana satu ini nggak pernah kehilangan daya beli. Ia selalu dibutuhkan entah untuk acara pernikahan, wisuda, atau acara seremonial lainnya. Kalau kamu tertarik memulai bisnis kebaya, baiknya memilih kebaya dengan potongan standar berbahan brokat atau satin yang lebih dinamis untuk dijual. Atau kalau kamu sudah punya koleksi kebaya, bisa banget lo disewakan. Dari pada nganggur di lemari kan?

4. Batik nggak cuma kemeja dan blouse, kamu bisa jualan busana kekinian dengan sentuhan batik

Sama seperti kebaya, batik meskipun bukan pakaian sehari-hari tetap punya pasar yang potensial. Apalagi sekarang para desainer fashion makin kreatif mengeksplorasi rancangan busana batik. Hasilnya batik bukan lagi “bahan kuno” yang dijahit jadi kemeja dan blouse saja. Nah, kamu bisa memilih atasan model blazer dengan sentuhan batik, atau dress dengan potongan kekinian untuk dijual. Kalau punya cukup modal, kamu bahkan bisa merancang sendiri model busana berbahan batik. Kalau nggak, reseller dan dropshipper bisa jadi pilihan kok.

5. Busana nan eksotis berbahan tenun juga bisa diandalkan

Advertisement

Busana tenun via www.instagram.com

Kain tenun selalu berhasil menghadirkan kesan eksotis dan menawan ketika dikenakan. Baik itu dijahit menjadi dress, kemeja atau bahkan celana. Selain itu yang membuat kain tenun populer adalah ia busana netral yang bisa dikenakan untuk suasana santai atau formal sekalipun. Busana tenun dengan konsep kasual bisa jadi pilihanmu berjualan. Karena model tersebut cukup mewakilkan tren busana hari ini, dan kamu bisa dengan mudah menjadi reseller pakaian jadi tersebut daripada harus pusing mikirin model yang menarik pembeli.

Itu dia 5 bisnis fashion yang berdasarkan daya beli dan permintaan pasar cukup potensial untuk dicoba. Setelah tahu akan memulai bisnis fashion apa, memaksimalkan teknologi bisa jadi kunci meraih pelanggan. Platform belanja online dan media sosial hari ini bisa sangat membantu bisnismu, lo. Nah, kamu tertarik ke bisnis yang mana nih?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE