Sempat Viral Sampo Campur Kopi untuk Atasi Rambut Rontok, Emangnya Beneran Efektif?

Sampo dan kopi untuk rambut

Beberapa hari yang lalu, jagat maya Twitter sempat ramai memperbincangkan mengenai kombinasi sampo dan kopi untuk mengatasi permasalahan rambut. Banyak yang mengaku telah mencoba teknik yang satu ini dan berhasil mengatasi rambut rontok yang dialaminya. Di sisi lain, masih ada yang ragu untuk mencoba karena takut residu atau ampas kopinya tertinggal di kulit kepala dan membuat rambut semakin rusak.

Advertisement

Kalau kopi sudah terkenal manfaatnya untuk tubuh, kira-kira kombinasi sampo dan kopi ini benar-benar efektif nggak sih untuk rambut rontok? Nah, daripada kamu bingung dan penasaran, yuk langsung simak ulasan Hipwee Style berikut ini~

Selain bermanfaat untuk tubuh, ternyata kopi juga bisa membuat rambut menjadi lebih sehat, lo

Image by Martin Slavoljubovski from Pixabay

Kopi nggak hanya bermanfaat untuk tubuh, tapi ternyata kopi juga bisa membuat rambut menjadi lebih sehat. Melansir dari laman Healthline, kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi memiliki beberapa bermanfaat untuk kesehatan rambut yaitu mulai dari mengembalikan pertumbuhan rambut, membuat rambut lembut dan berkilau, serta bisa menghilangkan uban pada rambut.

Kerontokan rambut dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Kerontokan rambut pun juga bisa memicu kebotakan yang sering terjadi di kalangan pria. Kasus kebotakan tersebut biasanya terjadi karena hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Selain pria, wanita juga bisa mengalami hal ini. Nah, pada studi tahun 2007, hasil menunjukkan bahwa kafein bisa membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut.

Advertisement

Kafein berperan sebagai stimulan untuk merangsang pemanjangan batang rambut, membantu rambut tumbuh lebih cepat, serta memberikan tampilan rambut yang lebih tebal. Selain kafein, kopi juga memiliki kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan untuk mendorong proses regenerasi rambut dan memperbaiki rambut yang kusam.

Nggak hanya sampai di situ, kopi juga bisa menghilangkan uban karena warna gelap yang dihasilkan oleh kopi bisa membuat rambut terlihat lebih hitam sehingga bisa menyamarkan uban pada rambut.

Cara mengaplikasikan kopi ke rambut saat keramas untuk mengurangi kerontokan pada rambut

Advertisement

Photo by cottonbro from Pexels

Kombinasi sampo dan kopi di Twitter ramai diperbincangkan karena benar-benar menggunakan bubuk kopi dan langsung dicampurkan ke sampo. Ada beberapa orang yang ragu karena takut residu atau ampas kopi tertinggal di kulit kepala. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba teknik ini untuk mengatasi permasalahan rambut, kamu bisa ikuti panduan dari Healthline berikut.

  • Sediakan 2 – 4 cangkir kopi yang diseduh
  • Dinginkan kopi yang telah diseduh, kemudian tuang air kopi ke dalam botol semprot
  • Cuci rambutmu seperti biasa, lalu semprotkan air kopi ke rambut dan pijat kulit kepala selama beberapa menit
  • Setelah itu, diamkan selama sekitar 20 menit agar air kopi menyerap ke folikel rambut
  • Lalu, bilas dengan air sampai bersih
  • Kamu juga bisa mencampurkan kondisioner tanpa bilas dengan air kopi sebelum dioleskan ke rambut supaya rambut lebih berkilau dan lembut

Rambut yang sehat dan berkilau juga bisa meningkatkan penampilanmu. Untuk itu, menjaga kesehatan rambut juga tak kalah penting dari wajah lo. Bagi kamu yang memiliki masalah rambut rontok, semoga teknik yang satu ini bisa bermanfaat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE