Tahukah kamu bahwa setiap tahunnya, para ahli warna di Pantone Color Institute melakukan riset dan analisis mendalam terhadap desain, film, makanan, fesyen, kesenian, dunia hiburan, beragam material, perjalanan, olahraga hingga teknologi sebelum mengumumkan warna yang akan hits di tahun selanjutnya?

Pantone Color Institute adalah sebuah perusahaan dan otoritas global yang bekerja secara profesional di bidang warna. Mereka membantu banyak perusahaan dalam pengembangan dan pencitraan produk serta memilihkan standar warna terbaik yang akan diaplikasikan demi kesuksesan perusahaan tersebut.

Advertisement

Nah, pada akhir tahun lalu, Pantone Color Institute telah resmi mengumumkan warna Pantone 18-3838, ‘Ultra Violet’ sebagai warna di tahun 2018. Warna yang  dideskripsikan Pantone sebagai ‘warna yang provokatif dan kontemplatif’ ini dianggap mewakili warna kosmos yang misterius. Kira-kira seperti apa nih aplikasinya di dunia mode? Yuk, simak ulasan Hipwee Style kali ini!

Siap-siap di tahun ini, busana hits dan tren make-up terbaru akan didominasi warna ultra violet yang elegan dan eye catching seperti ini!

Ultra violet, warna hits tahun 2018 via www.theguardian.com

Dilansir dari pantone.com, warna ultra violet digambarkan sebagai warna yang inventif dan imajinatif. Warna ultra violet merupakan warna alam semesta yang tak terbatas, menyajikan kosmos yang misterius dan melambangkan suatu kemungkinan-kemungkinan yang dapat diraih, menginspirasi untuk terus mengejar apa yang diinginkan melampaui batas dunia kita. Hmm, terdengar dalam dan puitis sekali ya? Ya, warna ini memang diharapkan menjadi warna yang membawa ketenangan dan meningkatkan kreativitas.

Sekilas terlihat seperti warna ungu, tapi ultra violet adalah warna sendiri, tentu dengan unsur ungu yang kuat di dalamnya

Ungu beda lho sama ultra violet via quartzy.qz.com

Dilansir dari quartzy.qz.com, warna ultra violet berbeda lho dari warna ungu. Secara optik, warna ultra violet merupakan warna spektral, yang berada di antara ke tujuh warna yang mampu ditangkap mata manusia dalam spektrum elektromagnetik. Warna ungu merupakan kombinasi dari 2 warna spektral yaitu warna biru dan merah. Coba perhatikan gambar di atas deh, bisa terlihat ‘kan bedanya warna ultra violet dengan ungu?

Sejak diumumkan oleh Pantone Color Institute pada tanggal 7 Desember 2017 lalu, warna ultra violet telah banyak diluncurkan para produsen kosmetik ternama dunia

Aplikasi warna ultra violet pada beragam produk kosmetik via www.popsugar.com

Advertisement

Kamu bisa mendapatkan warna ultra violet di berbagai produk kosmetik favoritmu, misalnya cat kuku, eyeshadow atau lipstik. Kamu nggak harus menggunakan warna ultra violet ini dari ujung kepala sampai ujung kaki kok. Cukup gunakan 1-2 produk sebagai aksen untuk memberikan kesan unik dan elegan yang cantik. Kecuali kalau kamu memang berencana tampil stand out dan modal pede gede, nggak masalah juga kok menggunakan warna ini dari ujung rambut sampai ujung kaki. Hehe.

Kalau kamu butuh inspirasi tema make-up yang bakal ngetren tahun 2018 ini, kamu bisa coba nih aplikasi make-up dengan nuansa ultra violet ini. Super dramatis!

Riasan wajah ini terlihat elegan dan cetar, cocok buat acara malam yang glamor dan butuh sentuhan dramatis yang ekstra. Ingat, ini bukan gaya make-up yang cocok kamu aplikasikan sehari-hari ya, hehe. Buat yang tertarik mencoba, kamu bisa sontek nih gaya make-up ala Anna Victorino melalui video tutorial yang sudah diunggahnya di akun Youtube pribadinya. Sesuaikan dengan outfit yang terlihat mewah dan berwarna gelap untuk mengimbangi make-up seperti ini, ya!

Salah satu produsen kosmetik yang sudah meluncurkan lini spesial Pantone Color tahun ini adalah Butter London. Hmm, pasti nggak lama lagi produsen kosmetik lain bakal berbondong-bondong menyusul!

Pantone Color 2018 via www.popsugar.com

Salah satu produsen kosmetik asal Inggris, Butter London sudah mencuri start luncurkan koleksi ultra violet mereka, yang secara khusus mengusung Pantone Color tahun ini. Wah, nggak sabar nih menunggu para produsen kosmetik lokal meluncurkan warna-warna ultra violet mereka. Ssst, konon warna ini bisa bikin kulit cerah terlihat semakin cerah bersinar lho! Yang berkulit gelap juga nggak usah takut, karena warna ini bisa tetap terlihat cantik di hampir segala jenis kulit, tinggal mainkan di intensitasnya saja.

Eits, para perancang busana pun nggak mau ketinggalan mengangkat tren warna ini di panggung runway mereka. Bisa banget nih sontek inspirasinya untuk outfit kamu!

Super gaya! via people.com

Cerah namun tetap terlihat berkelas dan elegan, warna ultra violet bisa kamu aplikasikan dalam gaya berpakaian kekinian kamu tahun ini. Kamu bisa coba dengan menggunakan aksen warna ini di aksesori atau di warna pakaian dengan model yang sesuai untukmu. Gucci, Rochas, La Perla, dan Loewe merupakan sejumlah rumah mode yang meluncurkan koleksi busana musim semi 2018 mereka dalam nuansa ultra violet. Tertarik untuk mencoba tren warna ini dalam gaya berbusana kamu?

Nah, buat yang belum terlalu pede untuk tampil dramatis, bisa coba gaya simpel nan berkelas seperti ini. Memadukan atasan putih, rok warna ultra violet dengan sepatu warna mustard atau kuning? Super apik!

Warna ini bisa kamu padankan dengan warna netral kok!

Tren warna ini tentu juga akan menjadi warna hits yang bisa diaplikasikan di hari spesial, misalnya untuk pesta pernikahanmu. Hasilnya romantis dan unik~

Gaun pengantin dengan tema ultra violet via www.bridalguide.com

Warna ini akan membuat pesta pernikahanmu terlihat romantis sekaligus elegan dan misterius. Kamu pun bisa memilih bunga-bunga dengan semburat ultra violet untuk melengkapi ornamen dekorasi pesta pernikahanmu. Nggak perlu berlebihan memanfaatkan warna ini, cukup di beberapa spot penting saja sudah bisa terlihat kece lho!

Bagaimana? Tertarik mencoba tren warna ini? Jangan lupa sesuaikan dengan warna kulit dan kepribadian kamu, ya! Kalau kamu belum pede atau belum tertarik mencoba warna ngejreng ini, bisa mulai dengan yang kecil-kecil dulu seperti mencoba aksesori rambut atau cat kuku bernuansa ultra violet. Selamat mencoba warna terhits tahun 2018 ini~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya