Di era digital, hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu luang nggak pernah kurang. Kalau dulu kamu mungkin bisa mati gaya saat menunggu sambil melamun saja, kini kamu bisa berselancar di dunia maya untuk membuat waktu berlalu tanpa terasa.

Membuka akun mesia sosial atau nonton film di Youtube sudah biasa. Kalau kamu mulai bosan dan mencari website yang nggak biasa, kali ini Hipwee punya jawabannya. Mulai dari yang serius, asyik, sampai gokil semua ada. Biar waktu luangmu nggak terbuang percuma, yuk cek website-website ini!

1. Belajar nggak harus di kampus atau pakai seragam. Lewat Coursera.com kamu bisa belajar banyak bidang tanpa biaya

Coursera.com via www.cubadebate.cu

Coursera punya tageline “take the best world’s course, online”, yang kira-kira artinya kamu bisa mengambil kursus berbagai bidang terbaik di dunia hanya dengan rajin-rajin duduk di depan laptop. Coursera menyediakan lebih dari 340 mata kuliah yang diadakan oleh lebih dari 63 perguruan tinggi ternama di dunia. Setiap mata kuliah memiliki durasi belajar selama beberapa pertemuan dan selayaknya kuliah sesungguhnya, akan ada ujian di akhir kuliah. Jadi kalau kamu selalu ingin belajar ini itu banyak sekali, Coursera adalah jawabannya.

2. Punya pertanyaan yang berjubelan di pikiran? Langsung tanya deh Quora.com. Biar nggak jadi bisul dan menyiksa

Quora.com via www.digitaltrends.com

Advertisement

Quora mirip dengan Yahoo! Answer, versi yang lebih sahih dan komplit. Di sini kamu bisa menanyakan berbagai pertanyaan dari berbagai bidang seperti teknologi, psikologi, filsafat, seni, dan lain sebagainya. Setelah kamu bertanya, netizen di dunia akan menjawab pertanyaanmu. Lebih sahih, karena akan ada ahli dan professional juga yang turut berpartisipasi. Selain bertanya, kamu juga bisa menjawab pertanyaan orang lain juga. Tapi semua pertanyaan dan jawaban harus dalam Bahasa Inggris.

3. Biar gambar-gambar di Google bisa kamu pakai dengan aman, cari dulu sumber datanya di TinEye.com

TinEye via www.stern.de

Meski Google bisa memberikan gambar apapun yang kamu cari, terkadang gambar yang kamu temukan kurang cocok resolusinya. Ada yang ngeblur, ada juga yang terlalu kecil sampai nggak kelihatan itu gambar apa. Belum lagi kalau mau dimuat di blog pribadi, takutnya nanti diprotes karena setiap gambar di Google ada hak ciptanya. Mau mencantumkan sumber, kamu sendiri nggak tahu itu gambar sumber awalnya dari mana. Biar aman sentosa dan damai, coba tracking dulu asal muasal gambar itu di TinEye.com. Di sana kamu juga bisa mencari resolusi yang kamu inginkan. Gambar yang kamu gunakan bisa jadi maksimal.

4. Kamu mau belajar apa? Kalau bingung nyari instruksturnya, coba main ke Instructables.com

Instructables.com via www.instructables.com

Saatnya berkreasi! Bila kamu punya bakat terpendam atau mimpi nggak tersampaikan di bidang kreatif, kamu bisa menjadikan situs ini sebagai alternatif guru. Di sini kamu akan diajari membuat barang-barang sehari, mulai dari resep makanan, sampai membuat hasta karya yang bisa jadi nanti berguna bagi nusa dan bangsa. Main-main di instructables.com selain akan membuat waktu luangmu jadi menyenangkan, juga akan membuat keterampilanmu meningkat.

5. Belajar meditasi di Donothingfor2minutes.com. Cukup 2 menit, tapi kamu bisa nggak?

Do Nothing For 2 Minutes via sebweo.com

Sesuai dengan namanya, website ini akan mengajakmu untuk tidak melakukan sesuatu selama dua menit, alias belajar bermeditasi. Dengan menguasai cara menenangkan diri atau meditasi, kamu juga akan mumpuni mengatur emosi. Dengan emosi yang lebih tertata, pastinya kamu juga akan lebih bijak menghadapi segala situasi. Karena itu, daripada kamu melamun saja, lebih baik belajar meditasi selama dua menit.