Kata orang, masa muda adalah masa paling indah karena dapat mencurahkan segala hasrat, bakat dan minat. Di masa ini, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai waktu paling tepat untuk mensukseskan diri. Tapi tak sedikit pula yang justru menyia-nyiakannya hanya demi foya-foya semata. Ada yang sukses di dunia pendidikan, ada yang sukses di dunia usaha dan ada juga yang sukses pada keduanya.

Muda, bukanlah masa untuk bersuka cita, melainkan sebuah masa di mana kamu harus berjuang mati-matian demi berbahagia di usia senja.

Advertisement

Karena nasib orang tak ada yang tahu, di sini Hipwee akan memberikan sedikit motivasi buatmu yang ingin mencoba peruntungan di usaha kuliner yang minim modal namun tetap menjanjikan. Siap-siap jadi orang sukses, ya!

1. Makin ke sini, usaha angkringan semakin digemari banyak orang. Kamu nggak mau menjajal kemampuan dan memanfaatkan kesempatan emas ini nih?

yakin nggak mau nyoba nih?

yakin nggak mau nyoba nih? via belitung.tribunnews.com

Membangun sebuah usaha kuliner memanglah tidak mudah. Selain faktor modal, menentukan lapak dan pangsa pasar yang tepat juga menjadi pekerjaan rumah berat bagi para pelaku usaha kuliner. Persaingan ketat juga nggak kalah bikin pusingnya. Tapi, tidak dengan usaha angkringan yang meski banyak saingan, kuliner ini akan tetap jadi idola kapan dan di manapun. Sewalah lapak sederhana dan strategis serta siapkan modal +- 2 juta saja untuk memulainya. Sajikan juga menu-menu yang berbeda dengan angkringan pada umumnya. Nggak sulit kok kalau kamu mau berusaha dan pandai ‘membaca’ situasi pasar.

Kalau kamu nggak percaya, baca juga deh kisah sukses pengusaha angkringan di sini.

2. Menjajakan cemilan ke kampus, kantor atau kost-kostan juga nggak boleh luput dari niat usaha kulinermu! Kalau telaten, yakin deh kalau kesuksesanmu bakalan laten.

usaha cemilan, boleh juga~

usaha cemilan, boleh juga~ via fbbyputery.wordpress.com

Advertisement

Terus berdiam diri dan iri terhadap kesuksesan teman hanya akan membelenggumu saja. Dari pada terus begini, sebaiknya kamu mencoba peruntungan di usaha cemilan yang nggak ada matinya. Untuk memulainya, siapkan dulu modal awal sebesar 500.000 dan belilah cemilan-cemilan dengan rasa yang paling banyak digemari, bungkus pada plastik kecil lalu pasarkan di tempat-tempat seperti kampus, kantor atau kost-kostan yang selalu ‘haus’ akan makanan kecil pada jam istirahat. Pasang tarif wajar dan bungkuslah secara sederhana namun tetap menarik.

Kisah sukses pengusaha cemilan dengan modal awal 300.000 ini akan menambah semangatmu! Baca di sini, ya.

3. Tak hanya menarik, bakso bakar juga banyak dicari karena murah dan lezatnya yang nggak ketulungan. Dari pada beli, mending kamu buka sendiri aja usaha kuliner ini.

bakso bakar ulala ~

bakso bakar ulala ~ via resep-masakane.blogspot.com

Penganan yang baru-baru ini populer khususnya di kalangan mahasiswa dan anak muda ini memang sangat lezat dan bikin nagih. Gurihnya daging sapi yang berbaur sempurna dengan bumbu kecap, menambah cita rasa makanan khas Indonesia ini. Bahan-bahan yang diperlukan untuk meraciknya pun cukup murah dan mudah untuk ditemui. Apalagi, jika kamu mampu menjajakannya di lingkungan sekolah atau kampus, pasti deh pundi-pundi rupiahmu akan bertambah.

Terbukti, bakso bakar itu nggak cuma lezat, tapi juga membawa berkah untuk pengusaha kuliner yang satu ini. Baca seksama kisah suksesnya di sini.

4. Harga bubur kacang hijau memang murah dan merakyat, tapi usaha ini bisa menjadikanmu pengusaha muda yang sukses dunia akhirat! Asal tekun dan telaten, ya…

bubur kacang hijau, murah dan menjanjikan!

bubur kacang hijau, murah dan menjanjikan! via bayupapz.com

Hanya dengan 2.500-3.000 saja, bubur kacang hijau yang punya cita rasa manis dan gurih ini sudah bisa kalian nikmati. Namun jangan salah sangka dulu dengan harganya yang murah dan merakyat ini, karena menjadi pengusaha kuliner yang sukses bisa kamu raih dengan usaha ini. Cara memasak dan menyajikannya pun tak butuh keahlian khusus, sehingga kamu bisa dengan mudah mempelajarinya. Iya sih sewa lapak juga, tapi yang namanya usaha ‘kan butuh perjuangan. Ya nggak?

Ini bukti, bahwa menjual bubur kacang hijau adalah salah satu usaha kuliner minim modal namun tetap menjanjikan!

5. Dengan memanfaatkan keahlian memasakmu, membuka usaha nasi kuning setiap pagi juga bisa menjadi tumpuan hidup di masa depan.

nasi kuningnya, Mz Mb...

nasi kuningnya, Mz Mb… via kaskus.co.id

Mental pengusaha itu tak mudah menyerah. Kalau kamu setuju dengan pernyataan tadi, kamu tentunya sadar kalau jatuh dan bangun pasti dirasakan ia yang sedang meniti karir sebagai seorang pengusaha. Termasuk usaha nasi kuning yang saingannya luar biasa banyak setiap pagi. Namun, kamu wajib memutar otak demi terwujudnya impian menjadi pengusaha kuliner, meski hanya berjualan nasi kuning setiap pagi.

‘Manfaatkanlah’ kelaparan serta kemalasan orang-orang dalam mencari menu sarapan, berjualanlah di sekitar kampus, kantor atau perumahan padat penduduk supaya nasi kuningmu laku dan banyak dilirik. Keluarkan skill memasakmu secara maksimal, supaya nggak ada yang kecewa. Juallah nasi kuningmu dengan harga mahasiswa, supaya pembeli tak cepat bosan dan berpindah ke lain hati.

Belajar juga dari Bu Hardjono di sini, penjual nasi kuning yang kini sudah menggenggam kesuksesan di tangan.

6. Jangan ciut nyali untuk bersaing dengan cafe atau warung kopi, kamu justru bisa tampil beda dengan gerobak kopi yang minim modal ini!

kopi gerobak khas anak muda

kopi gerobak khas anak muda via kompasiana.com

Semakin maraknya usaha warung kopi dan cafe, tak boleh membuatmu ciut nyali untuk membuka usaha kopi kecil-kecilan atau gerobak kopi. Percaya diri dan tekunlah dalam usaha yang hanya butuh sedikit modal dan mengalahkan rasa malu ini. Sajikan kopi-kopi instan serta minuman serbuk aneka rasa supaya gerobak kopimu makin kaya dan digemari. Bila perlu, sediakan juga cemilan-cemilan agar lebih inovatif. Tak perlu sewa lapak, kamu bisa memanfaatkan halaman kampus atau pinggir jalan yang ramai untuk mulai menjajakan kopi gerobakmu yang khas.

Sisihkan lebih dulu rasa malu dan gengsimu sebelum benar-benar terjun dalam usaha gerobak kopi ini.

Karena tidak ada hasil yang mengkhianati usaha, seperti kisah sukses pengusaha kopi gerobak yang bisa kamu baca di sini.

Kalau kamu, mau milih usaha kuliner yang mana nih? Share di kolom komentar, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya