Mau Hasilkan Uang dari Hobi Traveling? Begini 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan

Bisnis dari hobi traveling

Menghasilkan uang dari hobi sebenarnya bukan hanya mimpi. Bahkan banyak pelaku bisnis sukses memulai bisnis mereka dari hobi maupun passion lo. Namun, tentunya bisnis yang dimulai dari hobi itu kemudian harus dijalani dengan penuh komitmen dan kerja keras. Nah, salah satu hobi yang sebenarnya penuh potensi bisnis tapi jarang terpikirkan oleh banyak orang adalah traveling. Bukan cuma mendapatkan kesenangan dan tentunya pikiran lebih fresh, tapi kamu bisa memanfaatkan hobi yang satu ini sebagai penghasil cuan.

Advertisement

Buat yang suka liburan dan mengunjungi banyak tempat-tempat yang menarik, kamu bisa memanfaatkan momen ini buat mendapatkan uang lo. Siapa tahu dari hobi traveling bisa menjadi peluang bisnis. Pastinya sangat menyenangkan kalau bisnis yang dijalankan berasal dari hobi. Berikut ini peluang bisnis yang bisa kamu coba dari hobi traveling~

1. Yang pertama, menjadi travel blogger atau travel vlogger. Kamu bisa memberikan informasi seputar tempat wisata secara lengkap

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Kebanyakan orang yang akan traveling ke suatu tempat biasanya mencari tahu terlebih dulu lewat internet. Ini bisa jadi kesempatan buat kamu untuk mengabadikan tempat wisata yang sudah kamu kunjungi tersebut dan disajikan dalam bentuk tulisan (blog) maupun video (vlog). Kamu bisa membuat blog atau channel youtube yang isinya seputar traveling.

2.Yang kedua, membuka jasa open trip. Ini bisa kamu lakukan sendiri atau mengajak teman-temanmu

Photo by Dziana Hasanbekava from Pexels

Jasa open trip memang cukup populer khususnya di daerah yang memiliki potensi wisata yang menarik. Di sini kamu bisa buka jasa open trip khususnya di tempat wisata yang pernah kamu kunjungi. Kalau hanya ada satu atau dua traveler, mungkin kamu masih menemani. Jika memang peminatnya banyak, maka bisa bagi-bagi sama teman kamu. Toh, hasilnya juga lumayan.

Advertisement

3.Yang ketiga, membuka jasa penitipan. Kamu bisa liburan dan belanja meski hanya titipan orang

Photo by Min An from Pexels

Nggak semua orang memiliki kesempatan mengujungi tempat wisata populer. Kalau kamu memang ada kesempatan, kamu bisa sekalian membuka jastip atau jasa penitipan. Pastinya akan banyak orang tertarik untuk membeli entah itu makanan khas, souvenir maupun barang lainnya. Ini juga memberikan keuntungan bagi mereka yang titip, nggak perlu langsung ke lokasi.

4.Yang keempat, jasa fotografer. Kamu bisa membantu mereka yang traveling sendirian dan kesulitan mengabadikan moment untuk dirinya sendiri

Photo by Element5 Digital from Pexels

Meskipun udah banyak alat bantu seperti tongsis, tripod, hingga drone, namun tetap saja kurang puas kalau belum minta bantuan orang lain untuk memotretnya. Buat kamu yang suka solo traveling, tentu dengan adanya jasa fotografer di tempat wisata akan sangat membantu.

5.Yang kelima, menulis dan menjual buku seputar perjalanan. Nggak hanya dalam bentuk blog, kamu bisa menuliskan perjalananmu dalam bentuk buku

Photo by George Milton from Pexels

Cerita perjalanan wisata memang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Nggak ada salahnya kamu membuat cerita seputar perjalananmu dalam sebuah buku. Kamu bisa promosi lewat sosial media yang kamu miliki, salah satunya blog seputar wisata.

Advertisement

6.Yang terakhir adalah jualan barang import. Peluang yang bagus buat kamu yang suka traveling ke luar negeri

Photo by Kaboompics .com from Pexels

Siapa sih yang nggak pingin jalan-jalan ke luar negeri dan membeli barang-barang secara langsung dari sana. Ya meski hanya titip, namun itu adalah kebanggaan tersendiri. Menjual barang-barang import juga jadi peluang yang bagus buat kamu yang suka liburan sampai ke luar negeri. Hal ini karena banyak orang Indonesia yang masih punya minat yang sangat tinggi terhadap barang import.

Liburan bukan lagi sesuatu yang dianggap buang-buang uang kalau kamu pandai mencari peluang bisnis di balik itu. Hobi traveling juga memiliki prospek yang bagus untuk menghasilkan uang. Buat kamu yang punya hobi jalan-jalan, yuk cobain peluang bisnis ini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE