Begini Definisi Kesuksesan Bagi 6 Miliarder Dunia. Nggak Melulu Tentang Harta dan Tahta kok!

definisi sukses miliarder

Mungkin banyak orang yang menilai sebuah kesuksesan dari sesuatu yang terlihat. Misalnya jumlah harta yang terkumpul, rumah yang bagus, atau mobil mewah. Makanya, makin banyak orang yang berlomba-lomba untuk menunjukkannya di media sosial. Akan tetapi, definisi sukses ini nyatanya berbeda-beda bagi seseorang dan yang lainnya. Kita bisa saja mengatakan seorang miliarder sukses karena kekayaannya yang berlimpah hingga masuk ke deretan orang terkaya di majalan Forbes.

Advertisement

Meskipun demikian, ternyata pandangan mereka terhadap sebuah kesuksesan ada juga yang berbeda dengan yang kita lihat selama ini lo. Hal tersebut tak melulu berhubungan dengan uang dan kekayaan. Nah, biar nggak penasaran, kita simak yuk apa saja definisi sukses bagi beberapa miliarder ini!

1. Bill Gates yang selama ini kita ketahui sebagai sosok filantropis ternyata memang memiliki definisi kesuksesan yang tak jauh-jauh dari membantu sesama

Bill Gates/ Credit: Netflix via www.netflix.com

Dalam sebuah sesi di Reddit “Ask Me Anything” pendiri Microsoft ini mengutip dari temannya yaitu Warren Buffet bahwa ia harus memastikan orang yang dekat dengannya bahagia dan mencintainya. Sebagai tambahan, cara membuat orang terdekatnya bahagia bisa dicapai jika ia mampu membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang dengan cara melakukan perubahan.

2. Selama ini kesuksesan tampak selalu terdiri dari uang dan kekuasaan, Arianna Huffington menambahkan jenis sukses yang ketiga

Arianna Huffington/ Credit: Entrepreneur via www.entrepreneur.com

Pendiri Huffington Post ini mengatakan kepada Forbes bahwa uang dan kekayaan saja tak cukup untuk membuat seseorang dikatakan sukses. Ia menambahkan bahwa kesuksesan artinya hidup dalam kehidupan yang diinginkan dan secara pantas. Makanya ada beberapa faktor ‘ketiga’ di samping uang dan kekayaan yang ia sebutkan yaitu kesejahteraan, kebijaksanaan, dan mampu memberi.

Advertisement

3. Bisa jujur dengan diri sendiri merupakan sebuah definisi kesuksesan dari seorang pembawa acara terkenal Oprah Winfrey

Oprah Winfrey/ Credit: Forbes via www.forbes.com

Winfrey mendengarkan suara hatinya untuk mencapai apa yang ia impikan sehingga walaupun orang meremehkannya, ia tetap bisa menjadi seorang pembawa acara terkenal. Menurutnya tak ada yang lebih kuat daripada seseorang yang menggunakan kepribadiannya untuk menjalankan panggilan jiwanya.

4. Investor Mark Cuban memiliki definisi sukses yang sederhana, bahkan menurutnya tak perlu uang untuk mencapainya

Mark Cuban/ Credit: Business Insider via www.businessinsider.com

Dilansir dari sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa definisi suksesnya adalah bangun pagi dan masih bisa tersenyum karena masih bisa menyambut hari yang baik. Bahkan ia sudah merasa sukses ketika ia masih miskin dan tinggal di apartemen 3 kamar untuk 6 orang serta harus tidur di lantai.

5. Pemegang paten yang sangat banyak, Thomas Edison memiliki definisi sukses yang berhubungan dengan proses untuk mencapainya

Thomas Edison/ Credit: History via www.history.com

Dilansir dari Business Insider, Edison berhasil memiliki 1000 hak paten berkat memiliki kebiasaan kerja yang cukup keras. Bahkan ia dilaporkan pernah bekerja selama 60 jam nonstop dalam sebuah proyek. Menurutnya definisi dari sebuah kesuksesan berhubungan dengan proses yang ia jalani yaitu “1% inspiration and 99% perspiration” atau 1% inspirasi dan 99% adalah keringat atau kerja keras yang dilakukan.

Advertisement

6. Alih-alih tentang memenangkan kompetisi melawan orang lain, sukses bagi John Wooden adalah memenangkan kompetisi dengan diri sendiri

John Wooden/ Credit: LA Times via www.latimes.com

Wooden yang merupakan seorang pelatih basket memiliki 620 kemenangan dan 10 titel nasional dalam sejarah dunia basket. Menurutnya, ia akan sukses ketika berhasil melawan dirinya sendiri daripada orang lain. Ketika di Ted Talk, ia mengatakan bahwa ketentraman batin akan berhasil dicapai hanya ketika kamu tahu kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik yang kamu bisa.

Wah, ternyata nggak selamanya uang dan kekuasaan bisa menjadi definisi sukses bagi seseorang ya. Benar sih uang bisa membeli banyak hal yang kamu inginkan, tapi bukan berarti hal tersebut bisa menjamin ketentraman batin pada dirimu. Banyak lo yang punya banyak uang tapi tak bisa tidur tiap malam karena tekanan yang banyak datang dari sumber lain.

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE