Gaji 7 Presiden dan Kepala Negara Dunia. Berapa sih Pendapatan Orang Nomor 1 di Negaranya?

gaji presiden berapa

Hayo, siapa yang waktu kecil punya cita-cita buat jadi presiden? Dulu mungkin kita ingin menjadi presiden karena merasa keren jika bisa jadi orang nomor 1 di negara ini tapi belum tahu tanggung jawab apalagi mikirin gaji. Ya, waktu itu sih mungkin kamu akan berpikir kalau jabatannnya bergengsi, gajinya juga pasti ikut tinggi. Akan tetapi, kini mungkin kamu mulai penasaran, benar nggak sih gaji seorang presiden selalu tinggi?

Advertisement

Nah, ternyata jadi seorang presiden gajinya pun beragam dari berbagai penjuru dunia. Ada yang gajinya sangat tinggi, ada juga yang tak seberapa dibanding kekayaan pribadinya. Nah, kalau penasaran berapa jumlahnya, berikut ini adalah beberapa di antaranya. Simak yuk!

1. Belakangan ini nama Perdana Menteri Selandia Baru sedang naik daun karena kemampuannya dalam mengurus virus Covid-19, gaji tahunannya sampai miliaran

Jacinda Adern/ Credit: Time via time.com

Nama Jacinda Adern mungkin belakangan jadi tak asing di telinga. Pemimpin perempuan Selandia Baru ini dianggap mampu mengatasi virus Covid-19 dengan baik. Nah, gaji yang ia terima ternyata juga cukup besar lo. Dilansir dari Kompas, dalam satu tahun, ia bisa mendapatkan uang sebanyak $339.862 atau setara Rp4,8 miliar.

2. Swiss menjadi salah satu negara termakmur di dunia, lalu kira-kira presidennya digaji berapa ya dalam satu tahunnya?

Ueli Maurer/ Credit: Coinwire via www.coinwire.com

Swiss mungkin menjadi sebuah negara yang paling ingin kamu kunjungi karena terlihat damai dan makmur. Kini negara ini dipimpin oleh seorang Presiden Konfederasi bernama Ueli Maurer. Dengan kondisi negaranya yang kaya, wajar saja kalau ia digaji sampai $489. 958 atau sekitar Rp6,8 miliar dalam satu tahun.

Advertisement

3. Sekarang kita melihat ke negara yang cukup dekat jaraknya dengan Indonesia, Singapura. Gajinya ternyata masuk deretan yang paling tinggi lo

Lee Hsien Loong/ Credit: Time via time.com

Walau wilayahnya kecil, namun tak bisa dimungkiri bahwa Singapura masuk ke dalam deretan negara yang kaya dan makmur di Asia Tenggara. Dilansir dari Lifepal, gaji rata-rata karyawan di Singapura saja mencapai Rp50 juta lo. Apalagi gaji kepala negaranya yaitu Lee Hsien Loong yang mampu mencapai $1,6 juta atau sekitar Rp 22,8 miliar. Wow, fantastis  ya!

4. Membicarakan negara maju, mungkin kamu juga penasaran dengan berapa gaji seorang pemimpin di negeri semaju Jepang

Naruhito/ Credit: Liputan6 via www.liputan6.com

Kaisar Akihito digantikan oleh Kaisar Naruhito setelah turun tahta tahun lalu. Gaji yang diterima Kaisar Akihito sendiri sampai tahun kemarin masih diterima sebesar $3,1 juta atau sekitar Rp43 miliar. Sedangkan untuk perdana menteri, gaji yang diterima selama satu tahun adalah $254ribu atau Rp3,7 miliar.

5. Jose Mujica terkenal sebagai seorang pemimpin negara termiskin karena gajinya yang terbilang kecil, lalu berapa gaji presiden Uruguay saat ini?

Luis Lacalle/ Credit: Presidenciave via presidenciave.com

Presiden Uruguay Jose Mujica terkenal sebagai seorang presiden termiskin hanya menerima gaji yang mana 90%-nya ia sumbangkan untuk amal. Kini negara ini dipimpin oleh Luis Alberto Lacalle Pou dengan gaji yang masih sekitar gaji Mujica yaitu $11.634 setiap bulannya.

Advertisement

6. Mungkin kamu juga penasaran dengan gaji seorang Ratu Inggris yang ternyata nilainya cukup fantastis lo

Ratu Elizabeth II/ Credit: NBC News via www.nbcnews.com

Ratu Elizabeth II kini sudah menjabat selama kurang lebih 66 tahun sebagai seorang Ratu Kerajaan Inggris. Setiap tahunnya, ia akan menerima gaji sebesar $107 juta atau Rp132 miliar lo. Wow! Nilai yang fantastis ini membuatnya menjadi salah satu kepala negara yang penghasilannya paling besar.

7. Mungkin kamu juga penasaran dengan gaji seorang presiden yang satu ini, Donald Trump yang merupakan presiden Amerika gajinya ratusan juta dalam sebulan

Donald Trump/ Credit: Kompas via www.kompas.com

Trump ternyata masuk ke deretan 10 besar pemimpin dengan gaji tertinggi namun ia juga yang ada di posisi 10. Gaji yang ia terima dalam satu bulan adalah $400 ribu atau Rp494,5 juta dalam sebulannya. Mungkin terhitung tak seberapa dibanding dengan kekayaan yang ia punya.

Ternyata gajinya cukup variatif ya tergantung dengan negara yang mereka pimpin. Setelah melihat beberapa presiden dan kepala negara tersebut, kira-kira kamu masih ingin nggak menjadi salah satu dari mereka? Tapi ingat ya, di balik itu semua mereka juga punya tanggung jawab yang sangat besar dalam memimpin negara.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE