Pilah Pilih Medsos untuk Pasarkan Produk Sesuai Karakternya. Kalau Pas, Dijamin Laku Keras!

jualan di media sosial

Iklan di televisi memiliki harga yang relatif mahal sehingga produk-produk yang muncul di sana biasanya dari perusahaan besar yang mampu membayar. Akan tetapi, kini hobi banyak orang sudah mulai berpindah dari menonton televisi ke bermain media sosial. Sehingga, berbagai platform yang sering digunakan juga menjadi sarana iklan yang dinilai efektif dengan biaya yang juga terjangkau. Konsep ini akan cocok untuk mereka yang baru memulai usahanya.

Advertisement

Sayangnya, ternyata belum banyak yang memahami karakteristik setiap media sosial sehingga belum bisa menggunakannya secara optimal dan memperoleh lebih banyak keuntungan dari sana. Untuk itu, sambil mempelajari, kita simak yuk penjelasan selengkapnya berikut ini!

Facebook merupakan salah satu media sosial yang sifatnya universal, orang bisa bebas mengunggah gambar maupun opini yang cukup panjang di sana

Facebook/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Facebook juga memiliki pengguna paling bannyak daripada platform media sosial yang lain. Dilansir dari Big Commerce, ada lebih dari 2 miliar pengguna setiap bulannya dari seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia ada sekitar 120 juta pengguna aktif dari berbagai kalangan. Platform ini bahkan menjadi suatu tempat yang menyediakan layanan iklan berbayar untuk penggunanya. Yang menjadi nilai plus lagi, kamu bisa menargetkan sesuai dengan pekerjaan, ketertarikan, aktivitasnya, dan berbagai ciri yang lain sehingga kebanyakan produk bisa masuk ke pasar Facebook.

Instagram lebih fokus dengan visual yang ditawarkan, banyak pula selebgram yang siap memasarkan produk dengan aneka rate

Instagram/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Walaupun ada juga fitur untuk menambah keterangan berupa caption, namun Instagram lebih fokus dengan visual dalam bentuk gambar atau video. Platform ini akan berguna untuk meningkatkan brand awareness, engagement dengan para pemirsa, dll. Engagement yang diperoleh di Instagram ternyata mencapai 58% lebih tinggi dari Facebook dan 2000% lebih tinggi dari Twitter lo.

Bisnis B2C atau Business to Customer akan cocok dengan platform ini contohnya produk makanan, pakaian,  kecantikan, hingga dekorasi ruangan bisa menggunakan Instagram. Apalagi ada banyak sekali selebgram dengan banyak pengikut yang bisa digunakan jasanya untuk mempromosikan produk yang dimiliki. Di sana ada 500 juta pengguna aktif setiap bulannya yang bisa diperhitungkan.

Twitter selama ini mungkin dianggap kurang populer dibanding media sosial yang lain tapi ternyata sekarang penggunanya kembali ada banyak lo

Twitter/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari laman Kominfo, Twitter saat in diakses sebanyak 500juta orang di seluruh dunia dengan total 19,5 juta di Indonesia. Media sosial ini banyak digunakan sebagai sebuah platform untuk menyampaikan pendapat atau opini dengan hasil engagement yang diperoleh. Sebagai media promosi, Twitter biasanya digunakan untuk membangun citra sebuah perusahaan sekaligus membangun komunitas untuk kemudian dijadikan target konsumen.

Contoh usaha yang bisa menggunakan media sosial ini misalnya jus organik di mana kiriman bisa membahas perihal pola hidup sehat, berbagai gaya hidup organik, dll. Membangun brand untuk mereka yang menjual produk dalam bentuk jasa juga akan efektif, misalnya tulisan, desain, dll.

Advertisement

Mungkin saat ini Pinterest belum begitu dilirik di sini, padahal sebenarnya platform ini sangat potensial lo

Pinterest/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Pengguna platform ini di dunia sudah ada 300 juta dengan 81% wanita, yang ternyata ada 100 juta pengguna di Indonesia. Ada beberapa kelebihan dari platform ini seperti engagement yang tinggi, gambar yang biasanya dari custom produk, dan orang-orang yang sengaja mencari serta membeli produk kreatif akan membuka laman ini. Untuk mereka yang memiliki produk berupa kerajinan, foto, produk kesenian, atau produk dengan target wanita maka Pinterest akan menjadi platform yang cocok untuk berjualan.

Dengan mengetahui karakter setiap media sosial dan menyesuaikannya dengan target market dari produk yang kamu punya, maka kemungkinan penjualan pun bisa semakin naik. Memanfaatkan layanan iklan berbayar juga bisa digunakan untuk mengoptimalkan jualanmu. Semangat dan moga makin laris jualannya!

xx
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE