Kebanyakan orang menganggap bahwa bermain game itu cuma buang-buang waktu dan duit. Belum lagi kalau sampai mengesampingkan pekerjaan atau aktivitas lain hanya karena sibuk bermain game. Padahal kalau mau menekuninya, bermain game bisa jadi ladang penghasilan yang menjanjikan lo! Apalagi di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, bukan nggak mungkin kalau game jadi prospek yang bagus untuk masa depan.

Nah, kalau kamu adalah salah satu yang hobi nge-game, jangan sia-siakan potensimu. Coba deh pertimbangkan beberapa profesi bagi gamer ini yang bisa jadi adalah masa depanmu kelak!

1. Buatmu yang suka berkompetisi, jadi gamer profesional untuk ikut turnamen aja. Kalau juara, hadiahnya lumayan banget!

sering ikut turnamen via www.ibtimes.sg

Advertisement

Khusus buatmu yang suka game kompetisi dan punya skill gaming yang tinggi, mulailah untuk mengikuti turnamen-turnamen baik di level lokal maupun internasional. Jadi gamer profesional memang membutuhkan dedikasi dan kemauan yang tinggi. Latihan dan kerja keras adalah aspek pendukung yang nggak boleh kamu lewati. Hadiahnya? Jangan ditanya. Sang pemenang bakal bawa pulang uang dolar yang jumlahnya lumayan besar lo! Ya, tentunya dibagi dengan teman-teman setim dan juga manajernya.

2. Bukan cuma sekadar main game, untuk jadi game tester, kamu harus mencari kelebihan dan kelemahan game yang dimainkan hingga bug dan glitch-nya

jadi tahu game terbaru duluan via darbi.org

Bikin video game itu hal yang nggak gampang lo. Butuh waktu berbulan-bulan untuk bikin game mobile yang layak main dan jual. Nah, sebelum rilis di pasaran untuk dimainkan orang banyak, dibutuhkan game tester untuk mengetes game yang akan dirilis tersebut, apakah layak atau nggak. Memang harus cermat dan kritis sih, tapi keuntungannya jadi game tester adalah kamu jadi bisa tahu lebih dulu tentang game yang bakal dirilis. Bisa jadi mungkin namamu juga bakal ditampilkan di ending credit dari game yang kamu tes. Keren, kan?

3. Kalau kamu cukup kreatif dan pengen bikin game dengan gaya dan ciri khas tersendiri, jadi game developer adalah pilihan yang tepat

dikerjain bareng tim via trickgs.com

Pekerjaan ini bisa dibilang salah satu impian gamer di seluruh dunia. Nggak cuma sekadar main game saja, pada akhirnya para gamer juga pengen dong bisa bikin game sendiri. Untuk jadi game developer atau pembuat game itu rumit. Meski kamu akan punya tim yang akan mengerjakan bidangnya masing-masing, mau nggak mau kamu harus menghabiskan paling nggak 2 atau 3 tahun belajar di bidang tertentu. Jadi memang butuh ketekunan untuk bisa mencipta game yang laku di pasaran.

Advertisement

Tapi, kalau kamu berhasil, penghasilan yang kamu dapatkan juga nggak sedikit jumlahnya, pun bisa jadi terkenal dan punya prestise tersendiri.

4. Para  gamer bisa menghasilkan uang dengan menjadi atlet e-sports (electronic sport) yang lebih terorganisir dan dapat pelatihan juga lo!

ditonton banyak orang pas main via medium.com

E-sport adalah semacam olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama. Para atlet e-sport akan memainkan game yang sudah menjadi bidang mereka. Kamu akan diberi pelatihan dan menekuni game tertentu agar bisa memenangkan tunamen dengan hadiah yang menggiurkan.

Alih-alih bertanding secara fisik, atlet e-sport lebih mementingkan strategi pertandingan melalui komputer dengan gamers lain secara online tanpa bertatap muka. Sebut saja game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang merupakan salah satu genre permainan dalam e-sport yang sekarang sudah diakui oleh pemerintah Indonesia.

5. Jadi youtube gamer atau streamers butuh popularitas tinggi untuk bisa menggaet penonton dan mendapatkan penghasilan miliaran

bikin video-video gaming via www.engadget.com

Kalau kamu tahu akun Youtube Pewdiepie, dialah salah satu contoh youtube gamer atau streamer yang terbilang sukses. Pendapatannya mencapai 4 miliar rupiah sebulan, bahkan sampai 100 miliar rupiah setahun pada tahun 2014.

Seorang streamer adalah orang yang dibayar untuk ditonton saat bermain game, terutama game popular dan keluaran terbaru, lalu direkam. Dari situ ia bisa menghibur orang, dari sekedar buat lelucon, bikin walkthrough, atau hal-hal lainnya. Tantangannya, untuk jadi streamer berpenghasilan miliuner, kamu harus benar-benar populer.

Terbukti kan kalau menjadi seorang gamer itu nggak bisa dipandang sebelah mata? Pelajarannya adalah, kalau kamu ingin mendapatkan banyak uang dengan mudah, sukai sesuatu, lalu cari cara untuk menghasilkan uang darinya. Termasuk dari bermain gameTapi ingat, jangan sampai aktivitas bermain game-mu mengesampingkan aktivitas lain yang lebih penting, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya