7 Situs Freelance Terpercaya di Indonesia. Bebas Atur Waktu dan Pekerjaan yang Diinginkan!

situs freelance indonesia

Kadangkala mungkin kamu ingin mendapatkan pekerjaan tambahan namun waktu untuk bepergian sangat terbatas, apalagi di masa pandemi seperti ini. Lebih baik di rumah saja daripada harus mengorbankan kesehatan orang sekeluarga. Tapi dengan adanya teknologi seperti saat ini, kamu bisa lo mendapatkan pekerjaan dari internet tanpa perlu ke luar rumah. Yang kamu butuhkan hanya laptop dan koneksi internet serta keahlian di bidang tertentu sesuai dengan yang paling dibutuhkan di sana.

Advertisement

Jadi, yang kamu jual bukan produk fisik melainkan jasa yang dimiliki. Jika biasanya situs luar negeri terbilang cukup ribet atas pembayarannya, situs lokal ini akan memudahkanmu dalam bertransaksi atas jasa yang kamu tawarkan. Simak yuk apa saja situs freelance terpercaya tersebut!

1. Salah satu situs freelance yang cukup populer di Indonesia adalah Sribulancer, berbagai jasa bisa kamu tawarkan di sana

Sribulancer/ Credit: Sribulancer via www.sribulancer.com

Di situs sribulancer.com kamu bisa menawarkan jasa seperti untuk pembuatan website, desain grafis, menulis artikel, menerjemahkan, hingga marketing untuk media sosial. Pembayarannnya juga lebih ramah untuk orang Indonesia karena bisa dibayarkan melalui transfer antar bank tanpa perlu memiliki kartu kredit, namun kamu juga bisa mendapatkan uang dengan nominal USD maupun IDR. Tak perlu khawatir, karena situs ini termasuk populer dan bisa dipercaya.

2. Gobann sesuai dengan namanya, semuanya transaksi akan memiliki upah yang sama yaitu Rp50.000,00

Gobann/ Credit: Techinasia via www.techinasia.com

Situs Gobann menyediakan dua menu utama yaitu Kangtao dan Demand, Kangtao untuk mereka yang akan menyediakan jasa, sedangkan Demand disediakan untuk mereka yang membutuhkan jasa atau calon klien. Uniknya dari situs ini adalah harga yang ditawarkan sama rata yaitu Rp50.000,00. Pekerjaannya ada cukup banyak yaitu mulai dari programming sampai membersihkan kamar dalam waktu satu jam.

Advertisement

3. Jika menginginkan situs freelance terpercaya dengan komunitas terbesar, kamu bisa mendaftar di UpWork

UpWork/ Credit: Yohanes Gultom via yohanes.gultom.me

UpWork menjadi sebuah situs dengan jumlah klien dan freelancer terbesar lo. Bukan hanya itu, ada juga beberapa kelebihan dari situs ini seperti tampilan yang nyaman untuk digunakan, variasi ketrampilan yang ditawarkan, hingga kemampuan untuk mendeteksi mana proyek yang sungguhan dan mana yang menipu. Akan tetapi, saat kamu mendapatkan pekerjaan dan dapat komisi maka ada potongan yang diambil oleh mereka. Selain itu, meskipun ada yang gratis namun kuota bidding dibatasi selama sebulan. Untuk mendapatkan pelayanan yang optimal, kamu bisa mendaftar untuk paket membership.

4. Untukmu si pemilik keahlian di bidang desain grafis, kamu bisa mengakses situs 99designs agar langsung tepat sasaran

99designs/ Credit: 99designs via 99designs.com

Situs yang satu ini khusus disediakan untuk mereka yang memiliki keahlian di bidang desain sehingga lebih spesifik dan mudah menemukan klien serta desainer. Untuk mendapatkan proyeknya, sistem yang digunakan adalah sistem kontes yang mana karya yang paling cocok dengan proyek yang dijalankan akan dipilih oleh si pemilik atau klien.

5. Freelancer Indonesia merupakan sebuah start up versi Indonesia dari start up Australia sehingga jangkauannya internasional

Freelancer Indonesia/ Credit: Techinasia via www.techinasia.com

Situs freelance yang satu ini memiliki cakupan jenis pekerjaan yang luas dan pasarnya internasional karena alasan di atas. Situs ini juga memiliki klaim bahwa ada 45juta pengguna yang terdaftar dengan 18juta pekerjaan yang terpasang. Freelancer.co.id juga beroperasi 24 jam sehingga kamu bisa mulai mencari pekerjaan jam berapapun saat sudah senggang.

Advertisement

6. Selain digunakan untuk mencari pekerjaan freelance, Projects.co.id juga bisa dipakai untuk transaksi jual beli

Projects.co.id/ Credit: Androbuntu via androbuntu.com

Situs yang satu ini sudah ada dari tahun 2014 lalu. Projects biasanya digunakan untuk menemukan pekerjaan freelance dalam bidang IT, SEO, media sosial, dan digital marketing lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan platform ini untuk melakukan transaksi jual beli online produk-produk seperti e-book, template website, dan lain sebagainya.

7. Crowdsource merupakan salah satu situs yang menyediakan tugas besar menjadi lebih kecil agar mudah dikelola

Crowdsource/ Credit: Outsourcethat via outsourcethat.today

Situs ini biasanya berisi pekerjaan yang berkenaan dengan konten-konten, editing, perusahaan media, hingga penerbit. Nantinya proyek yang besar bisa dibagi menjadi beberapa tugas kecil. Jika sudah sesuai dengan kualifikasi maka pekerjaan bisa dimulai dan nantinya pembayaran dilakukan jika pekerjaan sudah selesai.

Ada banyak sekali situs untuk mencari pekerjaan freelance online. Pekerjaan ini akan cocok untukmu yang ingin memiliki waktu kerja fleksibel karena apa yang dikerjakan tergantung proyek yang kamu ambil. Namun, ada baiknya untuk mengumpulkan portfolio terlebih dahulu agar calon klien lebih percaya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE