Tidak terasa sudah jam 9 pagi nih, apakah kamu sudah siap tancap gas untuk melakoni kewajibanmu hari ini? Hari Jumat biasanya identik dengan hari pendek yang bisa membuat kita malas. Bagaimana tidak, esok hari akhir pekan sudah menanti. Rasanya ingin segera selesai saja deh, tidak sabar ingin segera berganti hari.

Saat otak sudah tidak fokus pada pekerjaan, secara otomatis produtivitasmu pun juga akan ikut menurun. Hipwee tahu gak enaknya bekerja dan melakoni rutinitas di hari Jumat, karena itu kali ini Hipwee akan memberi tahumu bagaimana cara agar bisa tetap produktif di ujung pekan. Penasaran bagaimana caranya?

1. Tuliskan Tugas yang Harus Kamu Kerjakan

Tuliskan tugas yang harus kamu lakoni via www.miranous.com

Ambil pena, cari selembar kertas, tuliskan tugas yang harus kamu lakoni hari ini. Jangan biarkan tugas-tugas tersebut hanya mengawang di kepalamu. Tulis secara runut dan sistematis, apa saja kewajiban yang harus kamu selesaikan di hari Jumat ini.

Cara ini adalah langkah sederhana yang terbukti ampuh meningkatkan produktivitasmu. Dengan menuliskan hal yang perlu kamu kerjakan, kamu akan mendapatkan perasaan bahwa kamu sudah “mulai” melakukan sesuatu lewat cara menuliskannya. Selain itu, menuliskan hal-hal yang perlu kamu selesaikan juga memberikan sugesti ke otakmu bahwa hal tersebut memang penting untuk segera dikerjakan.

2. Pecah Tugasmu Ke Bagian-Bagian Kecil

Advertisement

Pecah kewajibanmu ke bagian-bagian kecil via blog.berings.com

Sudah tahu apa saja yang harus kamu lakukan hari ini? Sekarang saatnya kamu memecah berbagai kewajiban itu ke bagian-bagian kecil. Saat harus bikin proposal untuk klien, misalnya. Pecah tugas tersebut dalam: membuat pengantar, bikin budget, membuat narasi ide, hingga menciptakan pilihan kontraprestasi yang paling menarik dan menguntungkan.

Cara ini bisa membuatmu pikiranmu lebih terorganisir, hal-hal kecil yang harus kamu lakukan akan mengantarmu pada selesainya tugas besar yang terasa berat itu. Dengan memecah tugas ke bagian-bagian kecil, kamu pun bisa menentukan target yang harus kamu capai di hari tersebut. Jika rutin dna tegas akan dirimu sendiri atas target, pekerjaanmu juga bisa lebih cepat selesai.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan via www.huffingtonpost.ca

Melakukan olahraga ringan bisa membuat tubuhmu mengeluarkan hormon endorphin, adrenalin dan serotonin yang mampu membangkitkan mood dan meningkatkan produktivitasmu. 20 menit olahraga ringan sudah bisa membantumu merasa lebih baik dan siap menuntaskan berbagai tugas yang menunggu hari itu.

Tidak perlu repot dan membuatmu berkeringat ditengah rutinitas, kamu bisa menggerakkan badan dengan berjalan kaki di sekeliling kantor atau kampus. Juga sit-up dan push-up dalam beberapa set. Setelah mood-mu meningkat, jangan lupakan agenda olahraga rutin yang biasa kamu kerjakan ya! Olahraga ringan ini tentu tidak sepadan dengan aktivitas olahraga yang sesungguhnya.

4. Tutup Tab Berjibun Di Komputermu Dan Nyalakan Musik

Tutup tab di komputermu dan mulailah fokus via www.huffingtonpost.com

Bawa kursormu ke bagian kanan atas puluhan tab yang terbuka di halaman komputer atau laptop-mu. Tutup mereka secara bersamaan, biarkan hanya 1 halaman tersisa yang memang berhubungan dengan pekerjaanmu. Jika memang memungkinkan, akan jauh lebih baik jika kamu bisa bekerja tanpa menggunakan internet yang memang sering jadi sumber distraksi itu.

Sudah menutup laman-laman yang kerap memecah konsentrasimu? Sekarang pilih musik yang bisa membuatmu lebih bersemangat mengerjakan tugas. Kamu bisa memilih musik klasik macam Mozart, pop elektronik macam Ella Eyre hingga jenis musik ballad yang sering dibawakan Adele.

Musik bisa membangkitkan semangat dan meningkatkan fokusmu, cara yang layak dicoba demi memberikan “tendangan” pada produktivitasmu hari ini.

5. Jangan Lupakan Ibadah Jumat

Biar produktif, Jumatan dulu via js.ugm.ac.id

Buat yang cowok dan Muslim (well, yang cewek juga boleh sih) jangan lupakan ibadah wajibmu di Jumat ini. Sering dengar ‘kan kata-kata “Jumatan dulu biar ganteng?” Nah sekarang kita ganti pemikiran itu dengan “Jumatan dulu, biar produktif.”

Melangkahkan kaki ke tempat ibadah tedekat adalah olah raga ringan yang baik bagi tubuh dan mood-mu hari ini. Selain itu, berbincang langsung dengan Sang Pemberi Produktivitas tentu juga layak kamu jajal. Kalau minta sama Dia biar kamu lebih produktif, tentu kesempatan dikabulkan juga akan lebih besar bukan?

6. Setiap Berhasil Menyelesaikan Sebuah Tugas, Beri Hadiah Untuk Dirimu

Beri hadiah pada dirimu via machinequilter.blogspot.com

Setiap berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan, berikan dirimu hadiah yang membuatmu senang. Kamu bisa memperbolehkan dirimu makan 1 batang cokelat yang biasanya kamu hindari karena alasan diet, main game selama 20 menit, hingga membeli gincu atau komik baru sepulang kerja nanti.

Memberikan reward pada diri sendiri setelah tuntas menyelesaikan sebuah kewajiban bisa membuat alam bawah sadarmu ingin terus mendapatkan penghargaan yang sama. Dengan kata lain, kamu akan terus membuat dirimu menyelesaikan tugas-tugas selanjutnya yang memang sudah menunggu itu.

Walau Jumat adalah hari pendek dan ingin dilewati secepat mungkin, tak berarti kamu tidak bisa produktif bukan? Selamat menjalani hari Jumat, jabat erat dari Hipwee!