Foto selfie hingga kini masih digemari, para cewek khususnya. Belum lagi dengan kemunculan aplikasi edit foto khusus selfie yang menawarkan edit make-up otomatis, bikin cewek-cewek makin rajin jeprat-jepret wajahnya sendiri. Makanya, nggak heran jika di media sosial sekarang banyak ditemui foto-foto selfie pemiliknya.

Konon, selfie nggak cukup hanya sekali dilakukan oleh para cewek dalam satu kali kesempatan. Mereka memiliki dua alasan untuk melakukannya lagi. Pertama, jika hasil selfie kurang memuaskan, maka mereka akan mengulanginya lagi hingga hasil selfie terlihat sempurna. Kedua, jika hasil selfie terlihat sangat bagus, maka mereka juga akan mengulanginya lagi karena sayang jika hanya memiliki satu foto selfie yang bagus.

Nah, sebenarnya kamu nggak perlu repot-repot mengulang untuk foto selfie berkali-kali. Apalagi sangat getol mengeditnya. Tampilan foto selfie yang natural dan ‘no filter’ akan lebih enak dilihat dan bikin jatuh hati, lho. Mau tahu rahasianya? Begini trik make-up nya, girls!

1. Karena selfie memperlihatkan wajah pada jarak yang cukup dekat, pastikan make-up yang kamu gunakan telah rata dan sempurna dengan pelembab wajah

pakai pelembabnya dulu via www.rd.com

Kunci dari make-up yang sempurna adalah mengawalinya dengan kulit yang bersih dan lembab. Nggak hanya untuk kulit kering, pada dasarnya semua jenis kulit membutuhkan pelembab. Pilihlah pelembab yang sesuai untuk jenis dan keadaan kulitmu. Selain melembabkan, pelembab juga berfungsi untuk melembutkan kulit dan membuat make-up lebih tahan lama.

Advertisement

Mulailah dengan mencuci muka, dilanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab di seluruh permukaan wajahmu. Tunggu lima menit dan biarkan pelembab meresap hingga ke dalam kulit.

Ini berguna untuk mengindari kilap atau kekeringan yang berlebihan saat flash kamera mendarat di wajahmu.

2. Pakai foundation atau BB Cream tipis-tipis saja, biar komedo dan jerawatmu nggak menonjol di foto

jangan kaya mau kondangan juga via themakeupchair.blogspot.co.id

Lensa kamera sungguh nggak ‘memaafkan’ noda-noda, komedo, jerawat, dan kekurangan lain di wajahmu. Inilah alasanmu agar sebaiknya menggunakan foundation atau BB cream. Prinsipnya, foundation sangat berguna untuk menyamarkan noda hitam, komedo, jerawat dan mencerahkan warna kulit.

Gunakan saja jarimu untuk mengaplikasikannya tipis pada seluruh permukaan wajah agar efeknya terkesan natural. Kalau ketebalan, akan ada kesan ‘blenyek’ di hasil fotomu.

3. Jika kamu termasuk korban begadang dan punya kantung mata hitam, gunakan concealer atau BB Cream untuk menutupinya. Malu, ah!

Lelah atau kurang tidur bisa terlihat dari keadaan kantung matamu. Jika kamu sedang letih, nggak sehat, atau kurang tidur, bentuk kantung mata akan menjadi lebih jelas dan berwarna gelap.

Untuk mengatasinya, gunakan concealer agar warna kantung matamu sama dengan warna kulit wajah lainnya. Kamu bisa memilih concealer yang setingkat lebih terang dari kulitmu untuk hasil yang maksimal. Kalau nggak punya concelear, kamu bisa pakai BB cream, kok.

4. Karena lensa kamera cenderung membuat beberapa bagian wajahmu lebih terang, pakailah pensil alis (jika alismu tipis) biar terlihat lebih presisi

biar nggak gundul via www.huffingtonpost.ca

Nggak lucu ‘kan kalau kamu terlihat aneh ketika selfie gara-gara alismu tipis atau habis? Demi mewujudkan foto selfie yang tanpa editan, kamu harus perhatikan alismu juga.

Khusus untuk alis, kamu bisa gunakan pewarna alis yang setingkat atau dua tingkat lebih gelap dibanding pewarna alis yang biasa kamu pakai. Tentunya sesuaikan dengan warna rambutmu juga, ya!

5. Untuk eyeliner, jangan gunakan di semua bagian kelopak mata. Garisi saja bagian atas kelopak mata dari tengah ke sudut luar mata

jangan lupa ekornya via theeverygirl.com

Menggarisi seluruh bagian kelopak mata hanya akan membuat matamu tampak kecil. Cukup garisi saja bagian atas kelopak mata dari tengah ke sudut luar mata, jangan lupa beri ekor biar kece.

Jika kamu menginginkan penampilan yang lebih lembut dan feminin, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan eyeliner warna cokelat. Eyeliner warna hitam terlalu tegas apalagi jika alismu sudah tebal.

6. Jika kamu ingin menonjolkan bagian bibir, gunakan warna-warna bold yang menarik, tapi juga jangan berlebihan

warnanya yang cerah via www.huffingtonpost.com

Pilihan lipstik dengan warna-warna berani atau bold akan menonjolkan bentuk bibirmuMisalnya, warna merah,  fuchsia atau pink cerah, hingga lipstik berwarna gelap bisa jadi pilihan untuk kamu coba.

Nah, kalau bibir sudah terpoles dengan warna solid seperti salah satu yang disebutkan tadi, usahakan bagian mata nggak terlalu berlebihan polesannya. Pilih salah satu polesan mana yang akan ditebalkan, mata atau bibir.

7. Gunakan lipbalm setelah memulas lipstik agar warna bibir tampak lebih natural dan nggak kering atau pecah-pecah

biar nggak kering via blog.slice.com

Setelah menggunakan lipstik saat selfie, pastikan kamu juga menggunakan lip balm bersamanya. Lip balm akan membuat warna bibir tampak lebih soft dan natural saat ber-selfie. Dengan lip balm, bibir juga terlihat lebih berseri.

Jika kamu menggunakan lipstik tanpa lip balm, bibirmu akan cenderung kering dan pecah-pecah. Hasil foto juga akan menampilkan bibir yang tampak kurang natural. Namun, jika kamu ingin bibir yang lebih natural, lip balm saja sudah cukup.

Nah, sekarang coba bandingkan foto selfie-mu yang sekarang dengan sebelumnya. Dengan menggunakan trik make-up untuk foto selfie yang pas, foto selfie-mu bisa terlihat sempurna tanpa perlu editan. Jadi sudah siap pasang hashtag #NoFilter, deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya