Pernahkah kamu mengalami smartphone yang kamu pakai tiba-tiba jadi nge-hang atau cepat panas, padahal belum lama dipakai?

Banyak orang bilang kalau gadget zaman dulu lebih awet dari gadget zaman sekarang, terutama smartphone. Terlepas dari soal kualitas, awet atau nggaknya smartphone yang kita gunakan tergantung dari cara pemakaian dan bagaimana kita memperlakukannya sehari-hari.

Ternyata, beberapa kebiasaan sepele yang biasanya dilakukan mempengaruhi performa smartphone itu sendiri. Sehingga jika kita terus-terusan melakukannya, maka nggak heran jika smartphone akan cepat rusak dan nggak awet lagi. Kira-kira kebiasaan apa saja, ya?

1.Menggunakan smartphone ketika sedang di-charge bikin usia baterai nggak tahan lama, HP-mu bakal cepat jebol

dipakai pas nge-charge via s3.amazonaws.com

Tahukah kamu? Proses pengisian daya baterai menimbulkan energi panas pada smartphone.Nah, ketika kamu menggunakannya saat sedang di-charge, entah untuk keperluan chatting, bermain game atau memutar musik, maka intensitas panas di baterai smartphone akan meningkat. Kebayang ‘kan apa yang terjadi jika kamu terus-terusan melakukan ini? Nggak heran kalau baterai smartphone kamu cepat nge-drop, membengkak, lalu menjalar ke kerusakan smartphone.

2. Jangan sampai salah memilih casing, bukannya melindungi, justru bahan yang keliru akan meningkatkan suhu smartphone-mu

Advertisement

pilih yang bisa melepas panas via cdn.shopify.com

Memang nggak salah sih menggunakan casing smartphone, selain melindungi dari goresan, casing juga berfungsi sebagai asesoris yang mempermanis tampilan smartphone. Tapi, sebaiknya kamu berhati-hati memilih casing, karena ternyata bisa berpengaruh buruk juga.

Pilih bahan casing yang bisa melepaskan panas dari smartphone seperti kulit atau material yang berlubang. Pemakaian casing yang salah akan cepat mengurangi daya baterai, kalau dibiasakan akan memungkinkan smartphone cepat rusak. Usahakan untuk melepas casing dari smartphone ketika sedang di-charge agar nggak kepanasan.

3. Smartphone-mu sering nge-drop? Mungkin kamu kerap menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan

duh kan jadi berat.. via farm7.static.flickr.com

Menggunakan beberapa aplikasi seperti chatting, socmed, dan main games dalam waktu bersamaan membuat daya baterai smartphone kita cepat terkuras habis. Apalagi jika prosesor cenderung kecil, maka smartphone akan keberatan untuk membaca perintah yang dijalankan. Seringkali kamu merasa wajar melakukannya, padahal kebiasaan seperti ini akan bikin smartphone-mu cepat rusak, lho.

4. Kamu yang sering lupa mematikan fitur WiFi dan Bluetooth, sebaiknya hati-hati. Kesehatan smartphone-mu jadi taruhannya

jangan lupa dimatikan via www.lawtechnologytoday.org

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa bikin smartphone jadi cepat rusak adalah lupa mematikan fitur seperti WiFi atau Bluetooth. Saat nggak berada pada jangkauan koneksi maka sistem bakal terus mencari koneksi, sehingga baterai smartphone akan bekerja keras untuk menyuplai daya yang dibutuhkan. Alhasil, performa smartphone akan melemah dan berpotensi kerusakan lebih parah.

5. Smartphone-mu juga butuh istirahat, jika kamu nggak pernah mematikan koneksi atau membiarkannya tetap menyala, dia akan lelah

jangan begini ya.. via thedishh.com

Sama seperti manusia, smartphone pun membutuhkan istirahat agar kinerjanya nggak berkurang. Banyak orang yang tetap membiarkan smartphone-nya menyala walaupun di saat benar-benar nggak digunakan. Memang, smartphone sudah menjadi barang penting yang harus tetap menyala. Namun, jika kamu nggak pernah mematikannya, baterainya akan jadi boros. Maka sebaiknya, smartphone dimatikan secara berkala agar kinerjanya tetap stabil.

6. Kebiasaan lupa menutup aplikasi yang sudah dipakai juga membuat kinerja smartphone-mu menurun

matikan aplikasi yang nggak terpakai via www.itiran.com

Aplikasi yang sudah dipakai biasanya nggak akan secara otomatis menutup, melainkan tetap berjalan di latar belakang layar smartphone-mu. Sama halnya seperti memainkan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, kebiasaan lupa menutup aplikasi yang sudah dipakai akan bikin smartphone cepat rusak. Aplikasi yang nggak tertutup tersebut tetap memakan daya baterai smartphone. Semakin banyak aplikasi yang belum ditutup, berarti semakin banyak daya baterai yang terbuang sia-sia.

7. Smartphone yang digunakan di ruangan panas akan berpengaruh pada suhu di dalam mesin smartphone juga, ini nggak baik

smarphone juga bisa kepanasan via i1.wp.com

Suhu ruangan memang diketahui dapat memengaruhi panas di dalam smartphonemu. Umumnya, ponsel digunakan pada suhu 16 sampai 30 derajat celcius. Sebaiknya jangan biarkan smartphone terkena sinar matahari secara langsung dan terus-menerus karena dapat terjadi peningkatan suhu pada mesin yang dapat merusak smartphone.

Jadi, makin panas suhu ruangan, maka suhu di dalam smartphone juga bakal makin panas, meski nggak seratus persen mempengaruhi panas yang terjadi di dalam smartphone.

8. Jangan kira smartphone yang jarang dibersihkan bakal awet, kotoran yang tertimbun bertahun-tahun jadi pemicu kerusakan

hp jadi kotor via angieslist.com

Kebiasaan terakhir yang bisa menyebabkan smartphone cepat rusak adalah jarang membersihkannya. Dalam sehari-hari, smartphone milikmu pasti jarang lepas dari genggaman dan nggak menutup kemungkinan smartphone jadi kotor. Debu dan kotoran kecil berukuran nano bisa saja masuk dan mengotori bagian dalam smartphone hingga menyebabkan kinerjanya terganggu.

Nah, kebiasaan-kebiasaan inilah yang mungkin nggak sadar kamu lakukan tapi ternyata bisa membuat smartphone-mu cepat rusak. Jangan ulangi lagi, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!