Saat ini gadget sudah dianggap sebagai salah satu benda yang wajib dibawa kemana-mana. Rasanya kalau nggak ada gadget tuh kayak ada yang kurang gitu. Bahkan, saat makan atau mau tidur pun sulit buat kita lepas dari gadget. Kalau fungsinya cuma bisa buat telepon atau SMS kayak zaman dulu sih, mungkin gadget nggak akan semenarik sekarang, sampai bikin siapapun betah berlama-lama memainkannya. Tapi sekarang hampir semua aktivitas bisa dilakukan lewat gadget, asal ada koneksi internet aja.

Begitu krusialnya koneksi internet membuat banyak orang rela menghabiskan berapapun uang buat beli kuota. Apalagi mereka yang hobi banget ‘berselancar’ di dunia maya. Ya kalau penghasilannya per bulan sampai 2 digit sih beli kuota sampai 10 gigabit lebih juga kayaknya nggak masalah. Yang jadi masalah tuh kalau pendapatan lebih kecil dari pengeluaran, biasanya yang ngerasain ini pelajar atau anak kuliahan. Pasti pada bingung kalau kuota udah habis padahal belum waktunya uang saku turun. Nah, Hipwee Tips kali ini bakal ngasih tahu gimana cara menghemat kuota internet. Simak aja~

1. Batasi update aplikasi otomatis. Atau kalau perlu disetel biar updatenya pas terhubung ke WiFi aja. Jadi kuotamu bakal awet

Update aplikasi bikin boros kuota via www.federaloil.co.id

Advertisement

Tiap perangkat punya cara sendiri-sendiri buat menyetel update aplikasi otomatis ini. Tapi untuk Android kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

2. Salah satu fitur yang banyak menyedot kuota adalah Maps. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengubahnya jadi mode offline biar hemat kuota

Aplikasi maps via indianexpress.com

Umumnya banyak pengguna smartphone yang nggak sadar kalau aplikasi Maps banyak menguras data apalagi kalau mereka pakai layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat peta dengan mode satelit.

3. Pemilihan browser juga ternyata berpengaruh lho. Katanya sih kalau pakai browser bawaan gadget lebih banyak menguras kuota

Pilih browser dengan bijak via www.pcmag.com

Buat menyiasati hal itu, pilih browser yang diunduh dari PlayStore atau AppStore, kayak Google Chrome atau Opera Mini. Soalnya biasanya mereka punya fitur data saving situs-situs yang kamu buka dari sana.

4. Periksa juga aplikasi apa saja yang paling banyak menyedot kuota. Caranya dengan mengeceknya di bagian Settings/Pengaturan

Cek aplikasi paling boros via forums.techdiscussion.in

Advertisement

Umumnya caranya dengan menuju menu Settings/Pengaturan lalu pilih Data Usage/Penggunaan Data. Setelah itu aplikasi-aplikasi yang emang boros kuota bakal muncul di jajaran paling atas. Solusinya kamu bisa membatasi aksesmu ke aplikasi-aplikasi itu, atau uninstall sekalian.

5. Bisa juga dengan mengaktifkan peringatan setiap pemakaian kuota internetmu melampaui batas

Pasang peringatan via bangka.tribunnews.com

Caranya dengan masuk ke menu Settings > Data usage > Cellular data > Set cellular data limit dan sentuh untuk mengaktifkannya.

6. Perhatikan juga penggunaan aplikasi pemutar video kayak YouTube, yang biasanya menguras kuota lebih banyak dibanding apps lain

Batasi putar video di YouTube via www.uncommunitymanager.es

Nah, ini nih biasanya banyak orang yang nggak berasa udah mengakses banyak video, terus tahu-tahu kuotanya habis. Biar kuota lebih hemat, ada baiknya kamu lebih bijak mengonsumsi konten video, termasuk durasinya

7. Kalau memang butuh sering akses video, kamu bisa mengatur kualitas resolusi video secara manual. Jadi kalau mau hemat tinggal di-set ke resolusi paling rendah

Atur resolusi video via www.cnet.com

8. Sebenarnya kita juga bisa mengakses video di banyak aplikasi lain. Nah, biar kuotamu nggak cepat habis, kamu bisa menonaktifkan fitur autoplay video di aplikasi tersebut

Nonaktifkan fitur autoplay via www.makeuseof.com

9. Terakhir, kamu juga bisa memakai aplikasi yang memang berfungsi mengompres data untuk menghemat kuota

Download aplikasi buat hemat kuota via www.androidauthority.com

Di PlayStore atau AppStore ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih. Tinggal cari aja yang review-nya paling baik yaa..

Kira-kira itulah beberapa cara yang bisa membantumu lebih hemat dalam menggunakan kuota internet di gadget. Penting lho buat tahu cara-cara seperti ini, apalagi kebanyakan orang tuh nggak tahu kalau kebiasaan mereka sendiri lah yang bikin kuotanya cepat habis. Jadi daripada menyalahkan provider, mendingan melakukan langkah-langkah preventif di atas, ‘kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya