11 Aplikasi Desain Rumah yang Bisa Bantu Rancang Hunian Impian. Nggak Perlu Lagi Gambar Manual!

Aplikasi desain rumah

Sebelum membangun sebuah rumah, akan lebih baik jika kamu punya gambaran desainnya lebih dulu. Selain mempermudah pengukuran saat membangun nanti, adanya desain rumah juga bisa membuatmu lebih gampang ketika mendekorasinya. Sebenarnya, kamu bisa pakai jasa desainer interior untuk membantu menata rumahmu nanti. Tapi bagi beberapa orang, biaya sewa ini bisa menguras isi dompet.

Advertisement

Mendesain rumah idaman bisa dengan mudah dilakukan tanpa menyewa jasa desainer interior. Caranya dengan memanfaatkan aplikasi desain rumah gratis yang ada di laptop maupun handphone-mu. Dengan aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa mengatur tata letak dan ukuran ruang dalam rumah sesuai dengan keinginanmu.

Pada dasarnya, desain rumah yang nyaman mesti mengedepankan fungsi ketimbang dekorasi

desain rumah nyaman via www.hipwee.com

Dekorasi rumah memang penting, tapi fungsi rumah adalah yang paling utama di setiap ruangannya. Setidaknya, dalam satu rumah memiliki kamar tidur yang jumlahnya disesuaikan dengan anggota keluarga, kamar mandi, dapur, serta ruang tamu. Di dekat dapur, kamu bisa bikin ruang makan yang luasnya bisa disesuaikan. Jika masih ada sisa lahan, bisa dimanfaatkan untuk membuat ruang tambahan seperti ruang keluarga, musala, ruang cuci jemur, atau bahkan taman minimalis. Nah, kalau sudah tahu apa saja ruang yang mau dihadirkan di rumahmu, baru deh unduh aplikasi desain rumah minimalis baik di HP maupun laptopmu.

Biar nggak bingung saat merancang desain rumahnya nanti, coba praktikkan beberapa tips sederhana berikut ini

tips mendesain rumah via www.dirumahkita.com

  1. Tentukan dulu bentuk dasar rumah, mau dibuat persegi penuh, memanjang, atau bahkan bentuk U maupun L. Jika sudah menemukan bentuk yang cocok, selanjutnya pahami bentuk massa bangunan, bentuk pintu, dan deret jendela.
  2. Ukur dan bagi lahan sesuai dengan ruangan yang mau dibuat. Kamu boleh memaksimalkan semua lahan atau menyisakan sebagian untuk dijadikan halaman.
  3. Meski sudah membagi ke dalam ruangan-ruangan, kamu boleh dengan sengaja meniadakan dinding pembatas antar ruang jika ingin rumah kelihatan lebih luas.
  4. Pertimbangankan juga pencahayaan serta sirkulasi udaranya nanti agar bisa menempatkan bukaan dengan tepat.
  5. Lalu, pilih juga tema untuk hunian. Mau dibuat minimalis, modern, atau mungkin vintage tradisional. Jika sudah mendapatkan tema yang pas, kamu bisa mengatur ruang serta memilih cat maupun dekorasi rumah yang sesuai.
Advertisement

Nah, kalau sudah ada gambaran desain rumahnya mau dibuat seperti apa, langsung saja unduh aplikasi desain rumah untuk pemula berikut ini.

Aplikasi desain rumah di Android

1. Aplikasi desain rumah di HP Android Houzz Interior Design Ideas bisa dibilang cukup praktis cara kerjanya

Advertisement

dipakai di HP Android via vulcanpost.com

Kamu tak perlu lagi membuat sketsa atau denah rumah karena di aplikasi ini sudah disediakan gambar desain interior dengan banyak gaya. Jadi, kamu tinggal memilih dan sesuaikan dengan rumah yang mau dibangun nantinya. Karena terhubung dengan brand dekorasi rumah, kamu juga bisa melihat katalog produk lewat aplikasi ini lo!

2.Β  Kalau kamu mencari aplikasi desain rumah 3D hingga 5D, maka Planner 5D – Interior Design jawabannya

bisa 3D hingga 5D via planner-5d.en.softonic.com

Karena menyediakan fitur 5D, aplikasi desain rumah ini bisa membuat dekorasi rumah terlihat lebih realistis. Selain interior yang sudah tersedia, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan fitur β€˜editor’ yang ada di aplikasi.

3. MagicPlan merupakan satu aplikasi desain rumah online yang cocok digunakan jika kamu ingin merenovasi rumah lama

aplikasi MagicPlan via architosh.com

Aplikasi ini menggunakan metode scan kamera yang bisa membuatmu lebih mudah saat merancang desain baru. Nantinya, hasil scan bisa disimpan dalam bentuk jpg, pdf, png dan bahkan kompatibel untuk disunting ulang menggunakan AutoCAD atau Chief Architect.

4. Unduh aplikasi Dekoruma supaya kamu bisa mendapatkan furnitur yang pas dengan ruangan

aplikasi praktis via www.dekoruma.com

Di aplikasi ini, kamu bisa melihat katalog produk serta mencocokkannya langsung dengan ruangan dalam. Kamu hanya perlu memilih furnitur dan atur penempatannya. Jika dirasa tak cocok, bisa ganti dengan furnitur lain yang lebih pas. Jangan khawatir, Dekoruma menyiapkan banyak pilihan furnitur yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan kok!

Aplikasi desain rumah iOS

1. Kamu yang lagi mencari aplikasi membuat denah rumah 2D, bisa unduh Home Design 3D

untuk pengguna iOS via apkpure.com

Meski namanya 3D, aplikasi ini juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk membuat denah rumah dalam bentuk 2D. Nah, fitur 3D lebih direkomendasikan karena bisa membuat gambar rumah terlihat lebih nyata.

2. AutoCAD – DWG Viewer & Editor bisa kamu gunakan sebagai aplikasi desain atap rumah juga lo!

AutoCAD buat iOS via www.techtudo.com.br

Meski begitu, aplikasi ini nggak disarankan untuk dipakai pemula karena cukup ribet. Sebenarnya, aplikasi ini merupakan versi mini dari AutoCAD yang sering digunakan para arsitek maupun desainer interior untuk menggambar rumah. Selain bisa mengeklik link pada poin di atas, kamu juga bisa download aplikasi desain rumah AutoCAD ini di sini, ya!

3. Modern House Designs bisa diunduh jika kamu sedang mencari referensi rumah yang lebih modern

desain rumah modern via www.pinoyeplans.com

Di aplikasi ini, kamu bisa mengatur material serta furnitur yang ingin digunakan pada rumahmu nanti. Tak usah bingung, pilihannya cukup banyak kok. Tinggal disesuaikan saja dengan tema dan keinginanmu.

4. Aplikasi Home Design 3D Outdoor/Garden juga bisa dipakai untuk mendesain halaman rumah

untuk desain eksterior via www.starinfranet.com

Beda dengan aplikasi lainnya, di sini kamu akan lebih fokus mendesain eksterior rumah atau bagian outdoor. Makanya, tak heran jika aplikasi ini sering digunakan untuk mendekorasi halaman maupun taman mini di depan rumah. Meski begitu, kamu tetap bisa mendesain bagian dalam rumah dengan aplikasi ini, tapi fiturnya tak banyak.

Aplikasi desain rumah PC

1. Google Sketchup merupakan satu dari sekian banyak aplikasi desain rumah gratis PC

bisa gratis dan berbayar via www.youtube.com

Aplikasi desain rumah gratis PC ini punya antarmuka yang mudah dipahami oleh pemula. Jika kamu cuma ingin mendesain rumah untuk dirimu sendiri, maka fitur gratis dari Google SketchUp ini saja sudah cukup membantu. Tapi, kalau memang serius ingin belajar lebih jauh mengenai desain rumah, agaknya kamu perlu berlangganan SketchUp Pro.

2. Kalau rumahmu bakal dipakai sendiri nantinya, aplikasi desain rumah 2D gratis DreamPlan ini bisa kamu coba

Fitur di dalamnya cukup sederhana, jadi kamu tak akan bingung saat memakainya nanti. Sayangnya, antarmuka aplikasi ini agak terkesan kuno makanya jarang dipakai oleh desainer interior maupun arsitek profesional. Tapi boleh kok dicoba, kalau kamu mau belajar dasar mengenai desain rumah.

3. Aplikasi ArchiCAD sering dibilang sebagai perangkat lunak desain rumah all in one

dipakai profesional via www.aecmag.com

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendesain bangunan baik dalam bentuk 2D maupun 3D. Seringnya, aplikasi ini dipakai oleh para mahasiswa yang baru belajar desain arsitektur. Meski begitu, kamu yang pemula atau sedang iseng-iseng ingin mendesain rumah pun bisa pakai aplikasi ini lo! Fiturnya cukup lengkap, cara menggunakannya pun mudah.

Berkat aplikasi desain rumah online yang semakin ke sini semakin banyak, kamu tak perlu lagi menggambar desain rumah di kertas secara manual. Tinggal scan atau drag and drop dari gambar yang sudah ada di aplikasi, lalu hasil akhirnya bisa kamu tunjukkan ke desainer atau arsitek untuk dibangunkan rumah dengan desain yang sesuai keinginan.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE