Tidur Seharian Saat Puasa Malah Bikin Lemas. Tiru 5 Siasat ini Biar Nggak Ngantukan

Atur pola tidur saat puasa

Beberapa umat Muslim yang meyakini bahwa tidurnya orang puasa itu bernilai ibadah dan mendapat pahala. Maka ketika hari libur, banyak yang memilih untuk tidur dan bermalas-malasan seharian sembari nunggu berbuka. Padahal, esensi tidur yang berpahala saat puasa bukan begini maksudnya. Bukannya segar, justru badanmu makin lemas saat bangun nanti.

Advertisement

Biar badanmu tetap fresh dan nggak klentrak-klentruk kayak cucian basah, atur pola tidur saat puasa dengan cara-cara ini saja.

1. Karena jam tidurmu bakal terpotong waktu sahur rata-rata 40 menit, usahakan tidur lebih awal tiap harinya

tidur lebih awal via www.mankind.co.uk

Meski puasa, kamu tetap butuh waktu istirahat sebanyak 6-8 jam setiap harinya. Makanya, lebih baik hindari tidur terlalu larut apalagi begadang saat puasa. Begitu selesai tarawih dan tadarus, kurangi aktivitas lain yang nggak begitu penting dan bersiaplah untuk istirahat.

Paling nggak kamu sudah tidur pukul 10 malam untuk bersiap sahur esok paginya.

Advertisement

2. Sempatkan tidur setelah sahur untuk menambah jam tidur yang berkurang tiap harinya

tidur setelah sahur via www.fastcompany.com

Usahakan untuk bangun sahur tepat waktu agar tubuhmu punya cukup waktu untuk mencerna makanan dengan optimal. Setelah sahur dan beribadah, pergunakan sekitar 1-2 jam waktu luangmu untuk kembali tidur sebelum melanjutkan rutinitas harian.

3. Kalau kamu terpaksa tidur larut malam karena sesuatu hal, usahakan untuk mencuri waktu saat istirahat siang untuk bobok-bobok sebentaran

tidur siang via blog.myfitnesspal.com

Kalau kamu merasa jam tidurmu masih juga kurang, manfaatkan waktu istirahat siang untuk tidur sebentaran. Tidur siang selama 20-30 menit saja sudah lebih dari cukup untuk memulihkan energi agar kamu kembali produktif, bahkan bisa menutup kebutuhan tidurmu jika kamu hanya sempat tidur 2 jam di malam harinya. Jadi, tidur siangnya nggak perlu lama-lama, ya!

4. Gunakan kesempatan tidurmu sebaik mungkin dengan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman

kondisikan kamar tidur via www.digitaltrends.com

Advertisement

Buatlah kamarmu menjadi tempat yang gelap, sejuk, dan tenang saat tidur. Jauhkan dari komputer, ponsel, TV, atau perangkat elektronik lainnya dari jangkauanmu karena pancaran sinarnya justru bikin kamu makin melek dan ujung-ujungnya begadang.

Lakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti mandi air hangat, yoga ringan, atau teknik relaksasi tidur biar lebih cepat mengantuk dan tidur lebih nyenyak.

5. Jalani kebiasaan tidur ini dengan rutin dan konsisten, termasuk di hari libur juga

jalani dengan konsisten via www.rd.com

Akhir pekan atau hari libur ini yang sering disalahgunakan. Mentang-mentang bebas tugas, lalu membalas hutang tidur dengan tidur seharian. Padahal ini keliru.

Kalau kamu sudah terbiasa tidur teratur, tubuhmu pun bakal ikut membiasakan diri. Tubuhmu akan jadi lebih ringan, hangat, hormon kortisol pun dilepaskan sehingga kamu bakal lebih berenergi tiap harinya. Kalau kamu tiba-tiba mengubahnya, metabolisme tubuhmu pun bakal terganggu juga.

Jadi, sebisa mungkin, jadwalkan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan atau hari libur.

Selain poin-poin di atas, jangan lupa untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur lo, ya. Hindari langsung tidur setelah makan berat. Beri jeda seenggaknya satu jam setelah makan sebelum beristirahat. Mulai sekarang, jangan tidur berlebihan selama puasa ya, yang rugi kamunya juga.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE