6 Aturan Pakai Toilet Umum Biar Bakterinya Nggak Pindah. Terutama Kalau Pakai Kloset Duduk

Aturan pakai toilet umum

Hampir semua ruang publik menyediakan toilet umum untuk mempermudah pengunjung ketika ingin buang air atau hanya sekadar membenahi riasan mereka. Sayangnya, beberapa orang enggan memakainya karena dirasa nggak higienis meski tampak bersih sekalipun.

Advertisement

Nah, agar kamu terhindar dari bakteri penyebab penyakit yang bersarang di toilet, coba lakukan beberapa aturan berikut ketika menggunakan toilet umum. Terutama kalau pakai kloset duduk.

1. Periksalah semua bilik, kemudian pilih yang paling bersih

cek semua bilik via twitter.com

Jangan asal masuk sembarang bilik, lebih baik jika kamu mengeceknya satu per satu lebih dulu. Bahkan, sekalipun kamu kebelet. Biasanya sih, kebanyakan orang lebih memilih memakai bilik yang paling jauh dari pintu masuk toilet. Nah, kamu bisa memakai bilik terdekat dengan pintu yang jarang dipakai.

2. Sangat nggak dianjurkan meletakkan barang apapun di lantai toilet, ya!

tas di lantai via www.seriouslytravel.com

Nggak hanya cipratan air, lantai toilet biasanya akan dipenuhi kuman karena alas kaki yang kita pakai. Nah, coba bayangkan jika kamu meletakkan tas atau jaket di lantai? Apalagi kalau setelah itu kamu menyentuhnya. Iyuuuh~

Advertisement

3. Kalau pakai kloset duduk, usahakan untuk mengelap dudukannya dan menyemprotkan sanitizer lebih dulu

mengelap dudukan toilet via uk.elis.com

Demi menjaga kebersihan bokong dan organ intim, kamu wajib melakukan hal ini. Kalau memang nggak punya sanitizer, kamu bisa menggantinya dengan tisu basah beralkohol. Kandungan alkohol dari tisu basah ini bisa membunuh kuman yang menempel pada dudukan toilet.

4. Lilit jarimu dengan tisu ketika menekan tombol flush pada kloset

tekan flush via www.shutterstock.com

Nggak cuma karena dekat dengan pembuangan, kuman tombol flush juga bisa datang dari tangan banyak orang yang menyentuhnya. Nah, kalau nggak mau sakit karena kuman-kuman tak terlihat ini, mending selalu gunakan tisu ketika menekan tombolnya.

5. Setelah keluar dari bilik, cucilah tanganmu menggunakan air hangat

cuci tangan pakai sabun via www.cdc.gov

Air hangat bisa membunuh bakteri-bakteri yang ada di tanganmu. Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk menggunakan sabun. Gosok tanganmu kurang lebih 20 detik supaya kuman benar-benar hilang.

Advertisement

6. Daripada mesin pengering, kamu justru dianjurkan untuk pakai tisu atau handuk untuk mengeringkan tangan

mengelap dengan handuk via www.aliexpress.com

Bukan membersihkan, mesin pengering justru malah bisa menyemprotkan kuman yang berada di udara ke tanganmu. Handuk memang direkomendasikan, tapi pastikan ia masih baru dan nggak terlalu lembap. Kalau mau paling aman, gunakan tisu toilet saja, tapi pakailah secukupnya saja.

Untuk berjaga-jaga, mending kamu selalu bawa tisu ke mana-mana. Nggak cuma tisu kering, kamu juga disarankan bawa tisu basah untuk mengantisipasi hal yang nggak diinginkan lainnya, seperti mengelap kloset duduk misalnya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE