7 Bau yang Tidak Disukai Kucing dari Buah hingga Kotak Pasir yang Kotor

Bau yang tidak disukai kucing

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup menggemaskan. Saat ini banyak sekali yang membuat sebuah akun untuk merekam dan memotret beragam tingkah lucu para kucing. Bahkan sampai ada julukan ‘majikan’ untuk para kucing karena dianggap sebagai raja dan ratu di rumah pemiliknya. Hewan peliharaan satu ini juga memiliki indra penciuman yang cukup sensitif, lo.

Advertisement

Mereka cenderung tak menyukai sesuatu yang memiliki aroma menyengat. Jadi, bagi kamu yang memelihara kucing, wajib banget nih perhatikan beberapa hal berikut agar kucingmu tetap nyaman di rumah. Kira-kira bau apa saja ya yang tidak disukai oleh kucing? Yuk, simak ulasan dari Hipwee berikut ini!

1. Kucing memiliki indra penciuman yang cukup peka dan sensitif. Hewan gemas satu ini tak menyukai aroma menyengat dari ikan busuk

Aroma ikan busuk | Photo by Harris Vo on Unsplash

Kucing adalah salah satu hewan yang peka dan sensitif. Mereka bisa membedakan mana aroma ikan yang masih segar dan ikan yang telah busuk. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memberikan ikan busuk sebagai makanan untuk kucing karena selain aromanya tak sedap juga bisa menimbulkan penyakit.

Bagi kamu yang memelihara kucing, sangat disarankan untuk segera membersihkan sisa-sisa makanan yang memiliki aroma menyengat karena bukan hanya kita yang tak nyaman, tetapi indra penciuman kucing juga dapat merasakannya. Jadi, sebisa mungkin rumah selalu dalam kondisi yang bersih dan wangi, ya!

Advertisement

2. Mungkin bagi kita aroma sayuran akan menggugah selera, tapi ternyata para kucing tak menyukai bau cabai, bawang, dan tomat, lo

Aroma yang tidak disukai kucing | Photo by Randy Fath on Unsplash

Bahan-bahan seperti cabai, bawang, dan tomat seringkali menjadi bahan utama dalam pembuatan sambal. Aroma saat ketiga bahan tersebut diolah juga cukup menggugah selera makan kita. Ternyata, kucing nggak merasakan hal yang sama dengan kita, lo. Kucing justru sangat menghindari aroma dari ketiga bahan ini terutama cabai, karena aromanya sangat menyengat bagi indra penciumannya.

3. Tak hanya tanaman sayur, kucing juga ternyata kurang menyukai aroma dari tanaman herbal seperti mint dan lavender

Aroma mint jadi aroma yang menyengat untuk kucing | Photo by Eleanor Chen on Unsplash

Selain tak menyukai aroma dari beberapa sayuran, tanaman herbal juga menjadi salah satu bau yang tidak disukai kucing. Tanaman herbal yang kerap dihindari oleh kucing yaitu mint, lavender, bahkan kayu putih. Aroma yang kuat dari tanaman mint terlalu menyengat dan bisa membuat hidung kucing iritasi. Bahkan, kucing juga bisa mengalami diare dan muntah jika mengonsumsinya.

Sedangkan lavender merupakan aroma yang sering digunakan untuk membuat wewangian aromaterapi dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Tetapi, sayangnya wewangian ini juga tak disukai oleh kucing karena termasuk beracun. Kucing yang menghirup aroma ini akan berpotensi mengalami mual, air liur berlebih, depresi, hingga timbulnya gejala dermatitis.

Advertisement

4. Kucing juga tak menyukai bau dari beragam bumbu dapur karena biasanya cenderung memiliki aroma yang cukup menyengat

Aroma bumbu dapur menyengat bagi kucing | Photo by Pratiksha Mohanty on Unsplash

Bumbu dapur biasanya digunakan untuk memperkaya cita rasa dari makanan. Beragam bumbu dapur yang biasa digunakan ketika memasak yaitu merica, ketumbar, hingga kayu manis. Ternyata, lagi-lagi aroma bumbu dapur merupakan bau yang tidak disukai kucing karena memiliki aroma yang terlalu menyengat dan dapat memengaruhi indra penciuman kucing.

5. Buah pisang dan jeruk juga kurang disukai karena memiliki beberapa kandungan yang aromanya hanya bisa dikenali oleh kucing

Aroma buah pisang dan jeruk | Photo by Lyubina Yoncheva on Unsplash

Kucing juga tak menyukai aroma dari buah pisang dan jeruk. Padahal, menurut kita sebagai manusia, pisang tak terlalu memiliki aroma yang menyengat. Tetapi, kucing bisa mengenali aroma kandungan kalium atau potasium yang terdapat di buah pisang, lo. Selain itu, kucing juga tak menyukai aroma asam dari buah jeruk dan sejenisnya karena sangat menyengat.

Pemilik kucing sebaiknya menghindari kedua buah tersebut dan bagi yang ingin menjauhkan kucing dari area tertentu, kamu bisa letakkan kulit jeruk agar kucing tak mendekat.

6. Cairan pembersih rumah seperti detergen dan karbol juga tak disukai oleh kucing karena memiliki kandungan zat kimia yang cukup menyengat

Cairan pembersih rumah | Photo by Anna Shvets from Pexels

Bahan-bahan pembersih rumah seperti sabun, detergen, pewangi pakaian, pemutih, hingga pembersih lantai juga termasuk hal yang tak disukai oleh kucing. Bahan pembersih rumah tersebut umumnya mengandung zat kimia sehingga memiliki aroma yang menyengat. Oleh karena itu, sebaiknya sterilkan kucing di ruangan terpisah saat kamu membersihkan rumah dan pastikan aroma pembersih tak tertinggal saat kamu membersihkan kotak pasir dan alat makan kucing.

7. Meski berisi kotorannya sendiri, kotak pasir yang kotor juga menjadi salah satu bau yang tidak disukai kucing

Litter box yang kotor tak disukai kucing | Photo by Litter Robot on Unsplash

Kotak pasir atau litter box merupakan wadah bagi kucing untuk membuang kotorannya. Biasanya, kotak tersebut diisi dengan pasir halus khusus untuk kucing. Bagi kamu yang memelihara kucing, pastikan kamu membersihkannya setiap hari dan rutin mengganti pasirnya, ya.

Kucing ternyata juga tak menyukai aroma kurang sedap dari kotak pasir yang kotor, sehingga jika kotak pasir tak dibersihkan, kucing akan mencari tempat lain untuk membuang kotorannya.

Nah, itu dia deretan bau yang tidak disukai kucing karena aromanya terlalu menyengat untuk indra penciumannya. Bagi kamu yang memelihara kucing, beberapa hal ini bisa lebih diperhatikan agar kucingmu nyaman di rumah.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE