Kalau kamu pernah makan soto Lamongan, pasti nggak asing dengan yang namanya bubuk koya. Bubuk atau serbuk yang biasa dipakai sebagai taburan ini jadi ciri khas tersendiri karena menambah cita rasa gurih pada soto. Bahkan sedap juga dipakai untuk taburan makanan lain, kayak sate taichan misalnya. Eits, tapi bubuk koya ini bukan micin lo ya. Banyak yang masih penasaran, bubuk koya ini terbuat dari apa sebenarnya.

Meski banyak yang jual koya instan, nggak ada salahnya coba bikin koya sendiri yang rasanya bisa diatur sesuai selera. Kan bisa distok di rumah juga. Dan yang pasti, lebih aman dan murah ketimbang beli di luar!

1. Siapkan bahan-bahannya dulu: kerupuk udang dan bawang putih!

siapkan kerupuk udang dan bawang putih via www.unadonna.it

Advertisement

Buatmu yang penasaran sebenarnya koya itu terbuat dari apa, jawabnya mudah saja, adalah kerupuk udang dan bawang putih. Perbandingan antara kerupuk udang dan bawang putih adalah 2:1. Artinya, 1 siung bawang putih untuk 2 buah kerupuk udang, dan seterusnya.

Biar rasa koyamu gurih dan sedap, pilihlah kerupuk udang dengan kandungan udang yang tinggi. Jangan lupa jemur dulu kerupuk udangnya biar mengembang dan renyah saat digoreng.

2. Goreng kerupuk udang dengan teknik yang benar biar hasilnya juga renyah dan nggak melempem

biar ngembang kayak gini nih via www.youtube.com

Kerupuk udang harus benar-benar kering sebelum digoreng. Kalau masih basah atau lembap, kerupuk akan melempem setelah digoreng. Saat menggoreng, gunakan wajan yang cekung biar kerupuknya terendam dalam minyak panas sehingga matang merata. Tekan dan goyangkan kerupuk beberapa kali sampai mengembang. Oiya, masukkin kerupuk ke wajannya juga sedikit demi sedikit, ya. Biar hasil gorengannya mengembang sempurna dan nggak bantat. Usahakan juga pakai api sedang agar suhu minyaknya tetap stabil. Kalau sudah beberapa kali dipakai dan agak berasap, tambahkan sedikit minyak baru.

3. Olah bawang putih juga dengan benar biar nggak terlalu gosong saat digoreng dan menghasilkan rasa yang pas

jangan sampai gosong via www.tokopedia.com

Advertisement

Kupas dan cuci bawang putih dengan air mengalir. Lalu, iris bawang putih agak tebal, jangan terlalu tipis, biar nggak cepat gosong saat digoreng. Gorengnya juga pakai minyak yang cukup banyak di atas api sedang. Pastikan seluruh permukaan bawang putih tenggelam. Trik lain biar bawang nggak cepat gosong dan lengket adalah dengan mengaduknya terus saat digoreng. Kalau sudah terlihat cokelat, segera angkat dan tiriskan.

4. Haluskan kedua bahan dengan ditambahkan beberapa bumbu-bumbu lainnya

begini nih jadinya bubuk koya via cookpad.com

Sebelum dihaluskan, pastikan kerupuk udang dan bawang putih sudah kering dan nggak ada lagi minyak yang menetes. Haluskan kerupuk udang dan bawang putih goreng sedikit demi sedikit. Kamu bisa menumbuknya secara manual atau menggunakan alat penggiling. Tambahkan juga bumbu penyedap sesuai selera biar rasanya lebih gurih. Kalau sudah jadi, simpan koya yang sudah jadi dalam wadah tertutup. Pastikan nggak terkena sinar matahari langsung dan simpan di tempat yang kering biar nggak melempem.

Nggak nyangka ya, bikin koya ternyata segampang itu. Kini kelezatan koya pun siap jadi pelengkap atau taburan yang gurih di setiap makananmu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya