Cuci Helm Sendiri dengan 5 Cara ini. Bau Apak Hilang, Irit Ongkos, pun Lebih Higienis

Cuci helm

Sebagai benda yang hampir tiap hari dipakai, helm mesti rajin dibersihkan biar nggak jamuran dan apek baunya. Nggak cuma dilap saja, sesekali helm juga harus dicuci lo. Alih-alih membawa helm ke tempat cuci helm terdekat yang belum tentu kebersihannya, sebenarnya kamu bisa mencucinya sendiri di rumah lo!

Advertisement

Nah, mumpung sekarang lagi banyak waktu di rumah dan riskan juga kalau harus mencucikan helm ke laundry-an — meski harga cuci helm terdekat relatif terjangkau, cuci helm sendiri, yuk! Tapi nggak boleh asal juga, nanti malah helm jadi rusak dan makin bau. Begini lo, cara cuci helm yang benar.

1. Buka dan lepas dulu beberapa bagian helm

Sebelum dicuci, pastikan kaca dan busa yang ada di tiap sisi helm sudah dilepas. Ada beberapa helm yang busanya memang nggak bisa dilepas, nah kalau yang begini biarkan saja ya jangan dipaksa. Nanti malah rusak.

2. Untuk membersihkan busa, siapkan air hangat dan sampo bayi

air hangat dan sampo bayi untuk sabun | credit: Syda_Productions via id.depositphotos.com

Kamu nggak memerlukan banyak alat cuci helm yang rempong-rempong kok. Agar seluruh kotoran terangkat, kamu bisa merendam busa helm di air hangat yang dicampur sampo bayi yang difungsikan sebagai sabun cuci helm. selama 20 hingga 30 menit.

Advertisement

Sambil menunggu, bersihkan kaca helm dengan menggunakan lap halus yang sudah dibasahi air hangat. Kalau sudah selesai, tinggal dilap lagi menggunakan kain mikrofiber. Busa yang sudah selesai direndam, mesti kamu peras kemudian bilas dan jemur di bawah sinar matahari.

3. Bersihkan batok helm dengan menggunakan wax pemoles

lap batok helm | credit: odua via id.depositphotos.com

Kalau nggak ada wax pemoles, kamu bisa memakai minyak kayu putih biar batok helm kelihatan mengilap. Baiknya, oleskan minyak dengan memakai kain halus biar nggak tergores. Jangan lupa bersihkan juga sela-sela kecil, seperti ventilasi helm misalnya. Bisa pakai sikat gigi atau korek kuping kok!

4. Kalau sudah bersih dan busanya kering, pasang kembali semua bagiannya

Waktu memasang, pastikan busa benar-benar menempel dengan sempurna. Biasanya kalau busa sudah terpasang sempurna akan terdengar suara ‘klek’ dari helm. Pasang kacanya juga mesti hati-hati, jangan ditekan keras-keras biar nggak retak.

Advertisement

5. Setelah semua terpasang, jemur dan semprot helm sebelum dipakai kembali

jemur sampai kering | credit: nomadsoul1 via id.depositphotos.com

Biar wangi dan nggak banyak kuman, helm mesti disemprot pakai parfum khusus yang mengandung disinfektan juga. Nah, kalau sudah, helm mesti kamu jemur dengan posisi bagian dalam menghadap ke atas. Ini dilakukan untuk memastikan kalau semua bagian helm kering dengan sempurna. Kalau lagi nggak ada panas, kamu bisa mengeringkannya dengan hair dryer, ya!

Nggak perlu laundry helm mahal-mahal, kamu bisa kok membersihkan dan mencuci helm sendiri di rumah. Kalau penasaran cuci helm berapa lama, kira-kira kalau dipraktikkan sendiri nggak ada 1 jam lah sama penjemurannya. Tinggal tunggu kering saja. Biar nggak bau apek dan jadi sarang kuman, helm mesti dibersihkan setidaknya satu bulan sekali, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE