7 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut, Nggak Risi Lagi Pas Ngobrol

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Salah satu efek yang menganggu setelah mengonsumsi jengkol adalah bau mulut yang tidak sedap. Padahal, bagi sebagian orang, jengkol adalah makanan favorit. Bau mulut yang muncul setelah mengonsumsi jengkol ini membuat penggemar jengkol merasa tak bisa bebas kapan saja memakannya. Maka dari itu, menghilangkan bau jengkol di mulut secara cepat bisa menjadi solusi.

Advertisement

Selain jengkol, petai juga menjadi salah satu makanan yang memiliki efek samping bau mulut setelah mengkonsumsinya. Namun, selain bau mulut, jengkol dan petai juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada air seni atau kencing. Nah, untuk menghilangkan bau mulut dan kencing setelah mengonsumsi jengkol secara cepat dapat mengikuti 6 cara di bawah ini.

1. Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol di mulut adalah menyikat gigi

Menyikat gigi | Photo by Miriam Alonso from Pexels

Cara pertama yang paling mudah dilakukan untuk menghilangkan bau jengkol di mulut adalah dengan menyikat gigi. Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu harus menyikat gigi sampai ke bagian terdalamnya agar tak ada sisa makanan yang menempel di gigi. Cara cepat menghilangkan bau jengkol di mulut dengan menyikat gigi adalah kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluor. Ini dikarenakan, fluor dipercaya dapat mengurangi bau mulut.

2. Tak hanya menyikat gigi, kamu juga harus membersihkan lidah untuk menghilangkan bau jengkol di mulut

Membersihkan lidah | Photo by Hans from Pixabay

Selain menyikat gigi, membersihkan lidah juga menjadi cara efektif untuk menghilangkan bau jengkol di mulut. Hal ini karena lidahmu juga bekerja saat kamu mengonsumsi jengkol. Tak boleh sembarangan, kamu harus menggunakan alat pembersih lidah untuk membersihkannya. Untuk mendapatkan alat tersebut, kamu bisa membelinya di apotek terdekat.

Advertisement

3. Membersihkan seluruh area mulut dengan menggunakan obat kumur

Obat kumur | Photo by Towfiqu barbhuiya from Pexels

Setelah kamu menyikat gigi dan membersihkan lidah, agar mulutmu bersih secara menyeluruh kamu dapat berkumur dengan obat kumur. Dengan menggunakan obat kumur, tak hanya bau mulut saja yang menghilang, tetapi napasmu pun juga akan segar. Kamu dapat membeli obat kumur di apotek atau di minimarket terdekat.

4. Salah satu cara alami untuk menghilangkan bau jengkol di mulut adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur | Photo by Skylar Kang from Pexels

Cara yang satu ini merupakan cara alami yang mana kamu hanya perlu mengonsumsi buah dan sayur. Apalagi buah dan sayur yang dapat menghilangkan bau jengkol di mulut ini mudah kamu dapatkan, bahkan di pasar tradisional.

Beberapa jenis sayuran tersebut adalah wortel, seledri, dan mentimun, ketiga sayuran tersebut dipercaya dapat mendorong produksi air liur, sehingga dapat membilas bakteri penyebab bau mulut. Sementara itu, jenis buah yang juga dapat membantu menambah produksi air liur adalah apel dan pir, keduanya berfungsi untuk menyeimbangkan kembali kondisi mulutmu.

Advertisement

5. Berikutnya, mengunyah permen karet juga dapat memecahkan masalah bau jengkol di mulut, lo

Permen karet | Photo by Hans from Pixabay

Permen karet dapat kamu jadikan solusi ketika kamu selesai mengonsumsi jengkol. Mengunyah permen karet rupanya juga akan membantu menambah produksi air liur, sehingga dapat membilas partikel makanan yang masih tersangkut. Jika kamu tak percaya diri saat mengobrol dengan seseorang usai mengonsumsi jengkol, kamu dapat menutupi bau mulutmu dengan mengunyah permen karet.

6. Mengunyah garam juga  membantumu mengatasi bau mulut setelah mengkonsumsi jengkol

Mengunyah garam | Photo by Kaboompics .com from Pexels

Bumbu dapur yang satu ini rupanya juga jadi solusi untuk kamu yang mengalami bau mulut setelah mengonsumsi jengkol. Yups, kamu hanya perlu mengunyah sedikit garam untuk menghempaskan bau jengkol di mulutmu.

7. Terakhir, konsumsi air putih yang banyak untuk menghilangkan bau jengkol di mulut dan kencing

Air putih | Photo by ExplorerBob from Pixabay

Bau tak sedap efek mengonsumsi jengkol dan petai ternyata tak hanya muncul di mulut saja. Pasalnya, jika kamu buang air kecil setelah mengonsumsi jengkol ataupun petai, maka air seni atau kencingmu pun juga bau. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengkonsumsi air putih yang banyak. Air putih dapat membantu melarutkan zat yang menyebabkan bau di mulut dan kencing tersebut.

Nah, itu dia 7 cara cepat yang dapat kamu lakukan agar tak mengalami bau jengkol di mulut dan kencing berkepanjangan setelah mengonsumsinya.  Mudah, kan? Karena semua bahan yang digunakan pun mudah dijangkau.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE