7 Cara Menghilangkan Jamur di HP dengan Mudah, Terutama yang Pakai Case

Cara menghilangkan jamur di HP

Sebagian besar orang memilih menggunakan case pelindung HP untuk melindungi jika suatu saat terjatuh atau tergores. Selain itu, case pelindung belakang HP biasanya memiliki berbagai warna dan motif yang bisa menambah gaya penampilan. Sayangnya, penggunaan case pelindung belakang ini justru membuat HP mudah berjamur.

Advertisement

Biasanya, jamur di HP berupa noda putih keabu-abuan, atau berbentuk noda seperti bekas rembesan air dan minyak. Selain membuat HP jadi kotor, jamur ini juga menyebabkan bau bahkan bisa menjalar ke hardware di dalam. Maka dari itu butuh cara menghilangkan jamur di HP yang ampuh. Sebab, jika dibersihkan menggunakan air biasa, jamur nggak akan hilang. berikut ini, Hipwee Tips bagikan cara menghilangkan jamur di HP yang ampuh dan cukup mudah.

1. Gunakan hand sanitizer atau alkohol untuk membunuh bakteri penyebab jamur

Cara menghilangkan jamur di HP

Semprot menggunakan hand sanitizer atau alkohol | Credit by photostockman on depositphoto

Selain karena penggunaan case yang membuat casing HP jadi lembap, kuman dan bakteri akibat sering dipegang tangan kotor bisa memicu pertumbuhan jamur. Sehingga, sangat penting untuk membersihkan HP secara berkala menggunakan hand sanitizer atau alkohol. Berikut cara menghilangkan jamur di HP bekas case:

  1. Lepas case belangkan dari HP. Kemudian bersihkan case bagian dalam dan casing HP bagian belakang menggunakan tisu kering.
  2. Semprotkan hand sanitizer atau alkohol pada bagian dalam case, kemudian gosok-gosok menggunakan tisu.
  3. Lakukan hal serupa pada HP bagian belakang. Hati-hati jika casing HP nggak bisa dilepas. Kamu harus menutup bagian speaker supaya nggak kemasukkan hand sanitizer. 
  4. Ulangi penyemprotan jika diperlukan, hingga jamur bersih. Kemudian keringkan.
Advertisement

2. Menggunakan tisu basah yang mengandung antiseptik untuk membersihkan noda jamur bekas case di HP

Cara menghilangkan jamur di HP

Gunakan tisu basah | Credit by ganzevayna on depositphoto

Selain alkohol, tisu basah yang mengandung antiseptik juga bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab jamur, lo. Cara menghilangkan jamur di HP dengan cara ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengelap seluruh bagian case dan HP menggunakan tisu basah. Gosok dengan kuat pada area yang ditumbuhi jamur. Sebelum memasang case kembali, pastikan baik case maupun HP sudah kering.

3. Membersihkan jamur dan noda debu di HP menggunakan minyak kayu putih

Cara menghilangkan jamur di HP

Gunakan minyak kayu putih | Credit by Hipwee

Jika kamu pergi ke konter HP untuk memasang pelindung layar, biasanya abang konter menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan debu yang menempel pada layar. Ternyata minyak kayu putih juga bisa membersihkan noda jamur di belakah HP, lo. Kamu hanya perlu menuangkan satu tetes minyak kayu putih pada casing, kemudian menggosoknya menggunakan tisu atau kapas.

4. Jika case dan HP sangat kotor, coba basuh bagian belakang HP dan cuci case menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan jamur

Advertisement
Cara menghilangkan jamur di HP

Menggunakan sabun cuci piring | Credit by robets on depositphoto

Biasanyanya, jika case terlalu lama dipasang dan jarang dibuka akan ditumbuhi jamur yang cara menghilangkannya harus dicuci. Kamu bisa memanfaatkan sabun cuci piring untuk membasuh HP dan mencuci case. Berikut cara menghilangkan jamur di HP yang mudah:

  1. Campurkan air dan sabun cuci piring dengan perbandingan 2:1.
  2. Celupkan kain ke dalam campuran tersebut, lalu peras hingga lembap.
  3. Gosokkan kain pada bagian belakang HP untuk menghilangkan noda jamur.
  4. Bilas menggunakan kain basah tanpa sabun, lalu keringkan.
  5. Cuci case menggunakan sabun, sikat bagian yang berjamur, bilas dan keringkan.

5. Menghilangkan jamur di HP menggunakan pasta gigi yang digosokkan pada bagian yang berjamur

Cara menghilangkan jamur di HP

Pasta gigi | Credit by garsya on depositphoto

Pasta gigi memang biasa digunakan untuk membantu melunturkan noda pada kain atau pakaian. Ternyata, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur di HP, lo. Jangan khawatir, cara menghilangkan jamur di HP ini nggak memerlukan air. Berikut cara yang bisa kamu coba:

  1. Siapkan pasta gigi dan sikat gigi bekas. Lepas case pelindung belakang HP.
  2. Oleskan pasta gigi pada casing dan case yang ditumbuhi jamur. Basahi sikat bekas hingga lembap.
  3. Gosokkan pada area yang sudah diolesi pasta gigi.
  4. Untuk membesihkan bekas pasta gigi, cukup dilap menggunakan kapas atau tisu hingga bersih.

6. Jika noda jamur sangat sulit dihilangkan, coba gunakan baking soda untuk membersihkan jamur bekas case di HP

Cara menghilangkan jamur di HP

Baking soda | Credit by Thanksz on depositphoto

Baking soda memang dikenal sebagai bahan aktif yang cukup menghilangkan noda di berbagai bahan, termasuk casing HP. Cara menghilangkan jamur di HP dengan cara ini bisa digunakan pada casing yang berbahan silikon hingga polycarbonate. Berikut cara menghilangkan jamur di HP menggunakan baking soda:

  1. Campurkan baking soda dengan sedikit air, hingga membentuk pasta.
  2. Oleskan pada casing HP yang ditumbuhi jamur, kemudian gosok menggunakan sikat gigi bekas atau kain yang kasar.
  3. Lakukan beberapa saat hingga jamur benar-benar bersih.
  4. Basuh casing HP menggunakan kain basah untuk menghilangkan sisa jamur dan baking soda. 

7. Gunakan phonesoap UV charger yang biasanya di sediakan di official store HP

Cara menghilangkan jamur di HP

Phonesoap UV charger | credit by tokopedia

Jika beberapa cara di atas belum bisa membersihkan jamur pada HP, cobalah mengguakan alat khusus yakni phonesoap UV charger. Alat canggih ini memang diciptakan khusus untuk membersihkan HP dari bakteri dan jamur dengan menggunakan sinar UV. Kamu bisa membeli alat ini di market place, atau datang ke official store HP yang menyediakan alat ini.

Cara kerja phonesoap cukup simpel. Kamu hanya perlu memasukkan HP ke dalam alat tersebut, kemudian ditutup rapat dan tekan tombol “on”. Biasanya ada lampu indikator yang menunjukkan kerja alat yang juga akan memerikan tanda jika HP sudah selesai dibersihkan.

Nah, ternyata cara membersihkan jamur di HP cukup mudah, kan? Kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, hingga menggunakan alat khusus. Selain itu kamu juga bisa mencegah pertumbuhan jamur di HP dengan cara rutin membersihkan dan membuka case pelindung 1-2 minggu sekali. Bisa juga memilih case yang memiliki perlindungan anti-jamur.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE