Cara Menyimpan Gula Merah yang Benar Biar Awet dan Nggak Gampang Leleh

Cara menyimpan gula merah

Gula merah menjadi salah satu bahan dapur yang identik dengan masyarakat Indonesia. Beberapa jenis masakan tertentu akan lebih lezat kalau dibubuhkan gula merah ke dalamnya. Bahkan dapat dikatakan kalau kita lebih sering mengonsumsi gula merah daripada gula putih. Gula merah juga dikenal lebih sehat dari gula biasa.

Advertisement

Terkadang gula merah nggak tahan lama untuk disimpan karena berjamur atau meleleh perlahan akibat cara penyimpanannya yang kurang benar. Nah, berikut Hipwee berikan inspirasi cara menyimpan gula merah agar awet dan nggak gampang lumer.

1. Jangan membeli gula dalam jumlah yang berlebihan. Untuk menghindari jamur dan kelembapan, simpan gula secukupnya dalam wadah

Cara menyimpan gula merah

beli secukupnya/kirnaw via flickr

Gula merah akan lengket jika berada dalam tempat yang lembap. Untuk mengurangi risiko kelengketan, belilah gula merah secukupnya dan jangan berlebihan. Berikan ruang pada wadah dan jangan menyimpan gula merah dengan menumpuknya tanpa celah. Jika dalam satu wadah ada banyak kepingan gula merah, maka risiko wadah menjadi lembap semakin besar.

Agar lebih aman, simpan gula merah dalam wadah aslinya. Biasanya ada yang sudah dikemas dengan wadah yang terbuat dari daun salak. Selain lebih alami, menyimpan gula dalam kemasan tradisional adalah salah satu cara menyimpan gula merah yang baik dan benar.

Advertisement

2. Kualitas gula sangat berpengaruh pada ketahanannya, maka pastikan beli gula merah yang berkualitas

Cara menyimpan gula merah

pilih yang berkualitas/wikipedia

Gula merah yang jelek biasanya akan memperlihatkan ciri seperti gula merah yang berjamur. Selain karena lembap, penyebab gula aren berjamur adalah jeleknya kualitas si gula merah itu sendiri.

Pilih gula merah yang warnanya kuning matang kecokelatan. Hindari gula merah yang berwarna hitam. Biasanya gula berwarna kehitaman itu dimasak terlalu matang sehingga gosong. Selain memengaruhi warna masakan, gula merah berwarna kehitaman bisa merusak cita rasa masakan juga. Selalu pilih gula merah yang wangi, segar dan alami. Hindari gula merah yang beraroma masam. Biasanya gula tersebut dicampur den bahan kimia yang membuatnya cepat cair dan basi.

3. Simpan gula merah dalam wadah yang kedap udara dan hindarkan dari paparan sinar matahari

Cara menyimpan gula merah

susun dengan rapi/itsanisnm via Flickr

Menyimpan gula merah dalam wadah yang kedap udara juga efektif menghilangkan jamur di gula aren. Stoples berisi gula merah alangkah lebih baik disimpan di tempat yang sejuk, gelap, dan jauh dari sumber panas. Jauhkan gula dari paparan sinar matahari agar tidak meleleh. Biasakan juga menyusun gula dengan rapi. Selain memudahkan, menyimpan gula dengan rapi bisa mencegah rusaknya gula merah.

Advertisement

4. Jangan gunakan sendok atau pisau yang basah saat mengambil gula merah. Sedikit air saja bisa membuat gula mudah lembap dan lengket

Cara menyimpan gula merah

jangan kena air/wikipedia

Biasanya kita menggunakan sendok atau pisau untuk mengambil gula merah untuk digunakan. Nah, agar tidak mencair atau meleleh, pastikan kita menggunakan sendok dan pisau yang kering. Pasalnya, gula merah memang sensitif dengan air meski itu hanya basah sedikit. Sedikit saja air terkena, maka gula akan mudah lembap dan lengket.

5. Taburkan beberapa butir cengkih pada wadah gula merah untuk menghindarkan gula dari kerumunan semut

Cara menyimpan gula merah

taburi cengkih/Jeromi Dobson via flickr

Cara membersihkan gula merah yang berjamur, cair, dan mengundang semut berikutnya adalah dengan menaburi beberapa butir cengkih ke dalam plastik atau wadah gula merah tersebut. Aroma cengkih sangat dibenci oleh semut sehingga hewan-hewan tersebut nggak mungkin mendekati wadah gula merahmu. Ganti cengkih setiap satu minggu sekali atau saat kalian membeli gula merah yang baru.

6. Terakhir, kamu bisa menyimpan gula di dalam kulkas. Diketahui, gula merah yang disimpan rapi dalam kulkas bisa bertahan sampai 2 tahun

Cara menyimpan gula merah

simpan di kulkas/petit.pingouin via flickr

Cara menyimpan gula merah cair atau mengeringkan gula merah yang basah selanjutnya bisa menyimpannya di kulkas untuk membuat gula yang terlanjur cair dan lembap kembali seperti sediakala. Hawa dingin kulkas akan membantu gula lebih keras dan awet. Memangnya gula merah tahan berapa lama di kulkas? Biasanya kalau gula merah disimpan dengan rapi di wadah yang kedap udara dan disimpan di kulkas, gula bisa bertahan sampai dua tahun, lo!

Nah, itu dia beberapa cara menyimpan gula merah agar tahan lama dan tidak berjamur. Dengan penyimpanan yang benar maka bisa menghemat pengeluaran.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE