Heran deh, padahal udah makan banyak, tapi masih aja kurus kerempeng begini~

Nggak hanya si tambun yang mendambakan tubuh langsing dan ideal, mereka yang kurus pun ingin bisa disapa ‘gendutan’. Yah, namanya juga manusia, inginnya yang sempurna. Nah, jika kamu termasuk si pemilik tubuh kurus yang susah gemuk meski sudah makan banyak, mungkin kamu perlu mencoba jenis olahraga kalistenik yang bisa menambah massa ototmu.

Advertisement

Olahraga kalistenik adalah seperangkat gerakan motorik untuk membangun otot tubuh dengan tanpa alat dan hanya menggunakan berat tubuh sendiri.

Manfaatnya banyak, nggak hanya membentuk otot, tapi juga menjaga kepadatan tulang dan kebugaran tubuh lho! Nggak perlu berlama-lama, segera praktikkan gerakan-gerakan mudah ini demi otot yang merekah.

1. Meski pahamu agak panas saat melakukan gerakan lunges, otot paha dan betis bakal meningkat drastis

bentuk otot paha dan betis via www.bikinipoppinggirls.com

Mudah sekali melakukan gerakan lunges. Berdirilah tegap lalu langkahkan kaki kanan jauh ke depan, tekuk lututnya untuk menopang berat tubuh. Kaki belakang ikut menekuk untuk menjaga keseimbangan. Kuatkan pijakan dan otot paha untuk bertahan di posisi ini selama beberapa detik. Kembali ke posisi semula secara perlahan lalu ulangi gerakan yang sama menggunakan kaki kiri. Ketika menahan posisi, paha akan terasa panas, tapi akan terbiasa jika kamu rutin melakukannya.

2. Melakukan squat juga ampuh bentuk otot pahamu, nggak ada lagi dibilang mirip lidi berjalan deh!

Turunkan badan hingga hampir jongkok, ya! via www.azumio.com

Advertisement

Untuk melakukan squat, berdirilah tegap dengan kaki dibuka selebar bahu. Posisi tangan bebas, di belakang kepala atau direntangkan ke depan dada. Turunkan tubuh ke posisi hampir jongkok dengan mendorong punggung ke belakang secara bersamaan. Kuatkan otot paha dan betis lalu tahan pose setengah jongkok ini selama beberapa saat. Kembali ke posisi berdiri lagi lalu ulangi gerakan yang sama.

3. Menahan berat badan dengan kedua lengan dalam posisi push up efektif memperkuat otot lenganmu yang terlampau kecil itu

boleh ditekuk lututnya kalau nggak mampu via www.health.com

Jika nggak terbiasa melakukannya, berlatih push up akan sulit dilakukan. Padahal gerakan ini ampuh banget perkuat otot lengan dan dadamu lho! Payudara yang kendur bisa terangkat dengan rutin melakukan push up. Untuk cewek, tekuk lututmu agar nggak terlalu berat saat menahan berat tubuh. Perhatikan jarak dada dengan lantai saat posisi turun, jangan sampai dada benar-benar menyentuh lantai. Begitu pun saat kamu berada pada posisi naik, jaga agar kepala dan punggung tetap lurus sejajar dengan kaki.

4. Lebih ekstrim lagi, lakukan plank demi otot perut, paha dan lengan yang seksi berotot

kuatkan lagi lengannya via 30dayfitnesschallenge.co.uk

Olahraga yang populer dan mudah dilakukan ini mampu melatih berbagai bagian otot tubuh, terutama otot perut, paha dan lengan. Nggak perlu ngoyo-ngoyo, cukup lakukan 1 menit saja setiap harinya. Kalau nggak kuat, lakukan semampunya asalkan rutin setiap hari agar terbiasa, ya!

5. Hampir mirip dengan sit up, gerakan crunch bakal menguatkan otot perut dan memadatkan tulang punggungmu

kayak mengayuh sepeda sambil tiduran via blog.dynamiteclothing.com

Berbaringlah telentang dengan kedua kaki ditekuk dan telapak kaki rata menjejak lantai. Sementara letakkan telapak tangan di sekitar pelipis. Lalu angkat bahu dan punggung atas secara perlahan dan turunkan kembali. Sebagai variasi, kamu pun bisa menggerakkan lutut ke atas dan ke bawah secara bergantian. Agar seimbang, gerakkan juga lengan dan siku yang berlawanan dengan lutut yang diangkat.

6. Bergelantungan dan mengangkat beban tubuh dalam gerakan pull up akan merekahkan otot lengan dan perut lho!

bergelantungan mengangkat badan via www.pinterest.com

Sesekali, lakukan pull up dengan bergelantungan dan mengangkat beban tubuh pada sebuah palang besi. Awalnya memang sulit dilakukan, tapi kamu bisa memulainya dengan menggantungkan diri pada penahan, angkat kaki ke depan atau ke belakang sehingga nggak menyentuh lantai. Tahan selama kamu mampu, ya!

Gerakan-gerakan ini mungkin sudah familiar atau bahkan pernah kamu praktikkan. Sayangnya nggak kamu rutinkan karena dianggap sulit dan menyerah duluan. Padahal gerakan-gerakan ini aslinya simpel kalau kamu sudah rutin lakukan lho. Dampaknya selain bikin sehat juga meningkatkan massa otot yang artinya menaikkan timbanganmu juga. Kalau nggak bisa ditambah lemaknya, maka kamu harus kencengin lagi ototnya, bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya