6 Aroma Essential Oil yang Bikin Tidur Lebih Pulas. Cukup Tetes di Bantal, Kantuk Cepat Datang

Essential oil

Essential oil adalah minyak alami yang terbuat dari tanaman tertentu dan didapat dari akar, batang, daun, bunga, maupun buahnya. Baru-baru ini, produk essential oil banyak diburu masyarakat karena memiliki banyak khasiat. Salah satu manfaat essential oil yang lumayan digadang-gadang adalah untuk mengatasi insomnia atau gangguan tidur.

Advertisement

Ada banyak sekali rekomendasi essential oil yang dapat dicoba untuk mengatasi insomnia. Biasanya sih varian yang punya efek menenangkan atau relaxing. Berikut enam varian essential oil paling wangi yang mampu mengatasi gangguan tidur, sekalian Hipwee Tips jabarkan juga cara tepat penggunaannya.

1. Teteskan tiga tetes essential oil diffuser varian lavender untuk mengatasi gangguan tidurmu

wangi lavender | credit: Mareefe via www.pexels.com

Sebuah penelitian menyebut bahwa wangi lavender dapat memperlambat aktivitas sistem saraf dan membuat kualitas tidur jadi membaik. Aromanya yang menenangkan pun mampu meningkatkan mood serta membuat suasana hati jadi lebih stabil. Makanya, wajar jika essential oil ini kerap dipilih oleh para pengidap insomnia. Buatmu yang pengin coba, merek essential oil Essenzo atau Nusaroma essential oil,Ā bisa jadi rekomendasinya.

2. Kalau pengin yang wanginya agak segar, coba hirup essential oil beraroma bergamot. Kayak citrus gitu wanginya~

aroma bergamot mirip jeruk purut | credit: Uncategory via uncategory.com

Menurut penelitian dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice tahun 2016, aroma bergamot terbukti ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur, melansir laman Klik Dokter. Bahkan 94 persen responden dalam penelitian tersebut mengaku, mereka jadi bisa tidur lebih cepat dan nyenyak setelah menggunakan essential oil bergamot. Hingga saat ini, ada 92 persen responden yang menjadikan kebiasaan ini sebagai ritual rutin sebelum tidur.

Advertisement

3. Bagi penyuka wangi kayu, essential oil terbaik untuk mengatasi insomnia sudah pasti jatuh ke varian cedarwood

aroma cedarwood | credit: Woman World via www.womansworld.com

Komponen dalam essential oil cedarwood telah terbukti secara klinis mampu meningkatkan kualitas tidur. Ada banyak sekali merek yang menjual varian ini, salah satu yang populer yakni essential oil Young Living. Menurut beberapa penggunanya, mereka biasa mencampur minyak esensial cedarwood dan lavender untuk aroma menenangkan yang lebih optimal. Dengan penggunaan rutin, kamu tak akan lagi terbangun di malam hari.

4. Wangi essential oil roman chamomile yang disukai banyak perempuan ini ternyata aman digunakan untuk balita juga

aroma kamomil | credit: Pelodojo via paleodojo.com

Ada beberapa varietas kamomil yang umum digunakan untuk dijadikan minyak esensial, tapi kalau mau dipakai untukĀ  mengatasi insomnia, roman chamomile ialah ahlinya. Essential oil ini terbuat dari ramuan herbal khas yang mampu meredakan insomnia akibat stres maupun gangguan kecemasan. Bahkan jika dipakai di kamar bayi, essential oil untuk bayi ini dapat mengurangi kemungkinan rewelnya. Ada beberapa merek essential oil baby yang punya varian roman chamomile,Ā seperti Nares essential oil misalnya.

5. Atau, bisa juga menggunakan essential oil beraroma rose atau mawar yang cukup menenangkan

aroma mawar | credit: Doterra via www.doterra.com

Wanginya yang menenangkan dapat membuat pikiran lebih rileks dan mengurangi stres. Wajar kalau aroma ini sering digunakan untuk mengatasi insomnia. Bahkan sebuah penelitian menyebut kalau essential oil mawar pun bisa meningkatkan produktivitas seseorang jika digunakan saat belajar, sebab aromanya dapat membuat saraf rileks dan nggak tegang.

6. Terakhir, essential oil beraroma sweet marjoram.Ā Agak susah dicari tapi banyak khasiatnya, termasuk mengatasi insomnia

varian sweet majoram | credit: Wellness Aromas via www.wellnessaromas.com

Sweet marjoram merupakan tumbuhan rempah-rempah yang hidup di wilayah Asia Timur dan biasa dipakai untuk membuat minyak esensial ataupun permen. Berkat kandungan di dalamnya, ekstrak minyak tanaman ini dapat menenangkan sistem saraf dan membuat tidur lebih nyenyak. Untuk manfaat dan wangi yang lebih optimal, kamu boleh mencampurnya dengan essential oil lavender maupun roman chamomile. Pasti lebih bersinergis wanginya.

Essential oil nggak boleh dipakai sembarangan. Berikut cara tepat menggunakannya agar tak memicu reaksi alergi

cara menggunakannya | credit: Christin Hume via unsplash.com

Essential oil artinya adalah minyak dari ekstrak tumbuhan yang jika tepat cara penggunaannya bisa memberimu banyak khasiat. Cara menggunakannya sendiri bisaĀ disesuaikan dengan manfaat yang pengin didapat, misalnya essential oil rambut yang dipakai dengan cara diteteskan di kulit kepala dan dipijat lembut.

Kalau kamu pengin menggunakan essential oil untuk mengatasi insomnia, berikut beberapa cara pemakaiannya.

  1. Oles dan pijat di sekitar leher, belakang telinga, maupun pundak.
  2. Teteskan di bantal atau bahkan di air bak mandi.
  3. Diteteskan ke diffuser dan campur dengan aroma lainnya.

Sebelum dipakai, lakukan patch test dengan mengoleskan 1 sampai 2 tetes di pangkal lengan bagian dalam. Jika tak ada reaksi apa pun, baru deh pakai essential oil seperti anjuran yang tertera pada kemasan. Demi tidur malammu yang lebih pulas, nggak ada salahnya mencoba menggunakan salah satu dari varian essential oil yang sudah disebutkan di atas. Selamat mencoba, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE