Fobia merupakan salah satu gangguan mental yang biasanya menyebabkan penderitanya mengalami rasa takut berlebihan. Penderita fobia akan mengalami rasa takut di luar akal sehat sehingga mereka sering jadi korban perundungan. Umumnya, fobia disebabkan oleh trauma parah di masa lalu yang membekas dalam benak penderita. Tapi, ada juga fobia yang disebabkan karena hubungan asmara atau kisah cinta. Waduh, gimana dong?

Coba deh cek dulu beberapa fobia tentang percintaan yang telah Hipwee Tips rangkum berikut.

1. Takut melajang merupakan salah satu jenis fobia yang disebabkan karena hubungan asmara di masa lalu. Nah, nama fobia jenis ini ialah anuptaphobia

takut sendiri via www.hipwee.com

Advertisement

Penderita anuptaphobia biasanya akan merasa takut jika harus menjomblo dalam kurung waktu yang lama. Pada tahap yang parah, mereka akan bertindak nggak masuk akal, seperti memilih sembarang orang buat dijadikan pacar. Wah!

2. Jika anuptaphobia takut menjomblo, lain halnya dengan gamophobia. Ini merupakan perasaan takut seseorang untuk menjalin hubungan serius alias menikah

takut menikah via bramardianto.com

Gamophobia merupakan suatu bentuk rasa takut yang berlebihan terhadap pernikahan atau hubungan serius jangka panjang. Jika seseorang mengalami fobia ini, biasanya dia nggak akan menikah seumur hidupnya karena dirundung ketakutan.

3. Nggak bercanda, nyatanya ada orang yang benar-benar takut untuk dicium, mereka adalah pengidap philemaphobia

takut dicium via funalive.com

Pengidap philemaphobia merasa sangat takut jika ada orang yang menciumnya atau pasangannya. Biasanya, mereka akan berteriak kencang jika ada orang yang ingin menciumnya. Ya, karena saking takutnya itu lo!

4. Ada juga yang lebih parah! Penderita chiratophobia adalah mereka yang takut jika harus bersentuhan fisik dengan orang lain

takut sentuhan fisik via funalive.com

Advertisement

Kalau kamu tipe orang yang sering melakukan kontak fisik, mungkin kamu nggak akan cocok dengan penderita chiratophobia ini. Mereka nggak suka dan takut jika harus melakukan kontak fisik seperti pegangan tangan atau pelukan. Wah, nggak bisa serius sampai menikah juga dong, ya?

5. Memang terkesan aneh, namun ternyata ada seseorang yang memiliki zelophobia alias takut pada rasa cemburu

takut cemburu via www.tonfeb.com

Mungkin kamu akan marah besar jika melihat pasanganmu jika melihat pacarmu bergandengan pacar dengan mantan pacarnya, namun hal ini nggak berlaku untuk penderita zelophobia.

Mereka justru takut jika harus cemburu kepada pasangan karena hal tersebut. Bagi penderita zelophobia, mereka merasa kalau cemburu itu memalukan dan bikin hubungan seakan terikat. Padahal, yang namanya cemburu itu wajar, kan?

6. Lebih ekstrim! Ternyata ada beberapa perempuan di dunia ini yang takut sama cowok lo! Mereka adalah penderita  arrhenphobia

takut cowok via www.selipan.com

Jika kamu cewek dan kamu takut berlebihan sama cowok, berarti ada kemungkinan kamu mengidap arrhenphobia. Penderita ini takut banget sama yang namanya cowok. Biasanya jenis fobia ini didasari dari masa lalu yang buruk.

7. Seseorang pasti akan merasa senang bukan jika dicintai? Namun nggak begitu dengan penderita philophobia. Mereka justru takut dicintai dan jatuh cinta kepada orang lain. Waduh~

takut dicintai via www.hipwee.com

Mungkin ini adalah fobia yang paling menyedihkan. Karena penderita ini takut jatuh cinta. Nggak cuma takut jatuh cinta, tetapi penderita ini juga takut untuk dicintai, waduh! Biasanya penderita philophobia pernah mengalami kisah cinta yang buruk. sehingga jadi trauma yang berkepanjangan.

Memang terdengar aneh, namun kenyataannya memang ada penderita fobia yang berhubungan dengan percintaan. Duh, kamu nggak jadi salah satunya, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya