Transisi dari masa sekolah ke masa kuliah pastilah membuatmu bersemangat. Bertemu orang-orang baru, memasuki lingkungan yang baru, hingga menjajal hal-hal baru. Saking semangatnya mengikuti berbagai kegiatan, kamu pun berubah makin sibuk dan nggak lagi punya waktu luang untuk melakukan hal lain.

Selain waktu istirahat yang makin sedikit, soal kesehatan juga tak jarang jadi terabaikan. Gimana nggak? Lantaran hampir seharian ada di kampus, jam makanmu jadi nggak teratur dan asupan nutrisi untuk tubuh semakin nggak terukur. Kalau sudah begini, kesehatanmu bisa jadi terganggu lho. Parahnya, berat badanmu juga cenderung menurun atau bahkan naik dengan drastis.

Advertisement

Nah, kamu tentu nggak mau ‘kan terlihat terlalu kurus, terlalu gemuk, dan bahkan nggak sehat? Di artikel ini, Hipwee ingin berbagi tips sehat buat kamu yang masih mahasiswa. Apa aja tipsnya? Yuk, simak!

1. Pastikan tubuhmu mendapat asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Jangan terlalu sering makan di luar, apalagi kalau menunya bakso dan mi ayam saja!

Minum air putih supaya tidak dehidrasi

Minum air putih supaya tidak dehidrasi via mmbiz.qpic.cn

Di kampus, kamu mungkin aktif bergabung dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang lebih banyak menghabiskan waktunya di lapangan. Sebut saja BEM, jurnalistik, atau fotografi misalnya. Mobilitas yang tinggi membuatmu tak bisa sering-sering tinggal di rumah atau di kosan. Akibatnya, kamu pun terbiasa jajan di sela-sela aktivitas dan makan di luar.

Nah lho, makanan macam apa sih yang biasa kamu konsumsi setiap harinya? Pasti sekadar bakso, mi ayam, mi instan saka ‘kan? Jika hampir setiap hari mengkonsumsi menu-menu ini, tentu kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu nggak akan terpenuhi. Padahal, tubuhmu juga butuh asupan vitamin yang bersumber dari sayur dan buah-buahan lho.

Advertisement

Tubuh yang kekurangan vitamin, protein, dan asupan nutrisi lainnya tidak akan bisa maksimal bekerja. Akibatnya, kamu jadi gampang lemas. Bahkan, bisa jadi kemampuan fokus dan ketahanan tubuhmu juga terganggu.

2. Banyak kegiatan membuatmu sering bertemu orang-orang baru, tapi apa kamu cukup percaya diri dengan penampilanmu?

Supaya gak gemuk, yang suka berkegiatan gaul bisa sering aerobik

Supaya gak gemuk, yang suka berkegiatan gaul bisa sering aerobik via m.slobodnadalmacija.hr

Berbagai aktivitas yang diikuti membuatmu sering bertemu orang-orang baru. Aktif di UKM-UKM universitas bahkan mengharuskanmu bertemu teman dari jurusan-jurusan lain. Mengenal orang-orang baru memang menyenangkan. Selain memperluas pergaulan, kamu pun akan terbiasa untuk bersikap ramah dengan semua orang. Tapi, apakah kamu cukup percaya diri dengan penampilanmu?

Penampilan bukan semata-mata soal apa yang kamu kenakan, tapi juga bentuk tubuhmu. Itulah alasannya mengapa penting untuk menjaga bentuk tubuhmu agar tetap proporsional. Selain menjaga pola makan dan asupan nutrisi seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, rutin berolahraga juga penting lho!

Di sela-sela rutinitas kampus, pastikan kamu tetap punya waktu luang untuk berolahraga. Kamu bisa memilih olahraga apa saja sesuai keinginan dan kesukaanmu. Aerobik, basket, tenis, atau sekadar jogging bisa kamu lakukan untuk membakar kalori dalam tubuhmu. Asalkan rutin berolahraga, bentuk tubuh ideal bisa terus terjaga.

3. Demi tugas, kamu yang masih mahasiswa pasti sering begadang. Minum kopi itu nggak apa-apa, tapi jangan sampai kecanduan!

Ngopi boleh aja, asal jangan keseringan ya! via www.pexels.com

Di saat mahasiswa lain senang beraktivitas di bidang yang sifatnya praktis, ada sebagian mahasiswa yang senang berkecimpung di bidang akademik. Mereka biasanya senang bekerja bersama dosennya dengan menjadi asisten peneliti atau mengikuti proyek riset. Banyaknya tugas dan deadline yang ketat bisa jadi membuatmu sering begadang. Akibatnya, kopilah yang kamu jadikan andalan.

Selain demi bisa begadang, kopi juga bisa digunakan sebagai mood booster yang akan meningkatkan kemampuan konsentrasimu. Sesekali minum kopi atau setidaknya satu gelas per hari memang sah-sah saja. Tapi jika konsumsi kopimu sudah lebih dari itu, kamu tentu harus berhati-hati. Apakah tubuhmu baik-baik saja, ataukah kamu sudah mulai kecanduan kopi tapi tidak menyadarinya? Padahal, konsumsi kafein berlebih akan membuat jantungmu bekerja lebih berat daripada normalnya. Ancaman darah tinggi dan serangan jantung pun bukan tidak mungkin akan menghantuimu.

4. Saat badanmu terasa lebih berat dari biasanya, jangan malas untuk segera memulai diet demi penampilan yang prima.

Salah satu contoh food combining, sayur dan buah gak luput

Salah satu contoh food combining, sayur dan buah gak luput via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Sibuk menjalani rutinitas di kampus dan kurangnya perhatianmu pada asupan nutrisi bisa jadi membuat berat badanmu meningkat tanpa disadari. Toh kesibukan membuatmu tak sempat memperhatikan penampilan sehingga ketika tersadar, kamu baru akan menyesal.

Tapi sesibuk apapun kamu, pastikan untuk rutin memeriksa berat badanmu. Apakah beratmu masih ideal, atau justru sudah di luar batas ambang kewajaran? Jika memang sudah berlebih, segeralah untuk memulai diet demi mengembalikan berat badanmu seperti semula. Pilihlah jenis diet yang paling sesuai untuk tubuhmu. Misalnya dengan food combining atau diet golongan darah.

Food combining adalah pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh untuk pagi, siang, dan malam hari. Dalam polanya, food combining tidak mencampurkan konsumsi karbohidrat dan protein hewani karena memperberat kerja pencernaan. Sementara, jenis diet lainnya adalah diet sesuai golongan darah atau diet yin-yang. Konon tipe diet tersebut bisa menyeimbangkan asupan zat gizi di tubuhmu.

5. Kenali kebutuhan tubuhmu sendiri. Demi kebugaran yang terjaga setiap hari, multivitamin juga wajib dikonsumsi.

Kalau perlu, multivitamin jangan dijauhi

Kalau perlu, multivitamin jangan dijauhi via img.minq.com

Status sebagai mahasiswa mengharuskanmu bisa bersikap dewasa. Dewasa bukan hanya dalam kepribadian atau karakter saja. Tanda bahwa kamu sudah benar-benar dewasa adalah jika bisa mengerti kebutuhan tubuhmu sendiri, termasuk soal kesehatan. Kamu akan beristirahat ketika tubuhmu sudah mulai kelelahan. Kamu akan fokus istirahat dan mengkonsumsi obat ketika kondisi tubuhmu sudah benar-benar menurun.

Selain itu, tubuhmu tidak seharusnya mendapat perhatian saat akan sakit saja. Setiap harinya kesehatan dan kebugaran tubuh juga wajib dijaga. Salah satunya adalah dengan mengkonsumi multivitamin yang sesuai. Multivitamin ibarat energi cadangan, juga sebagai penangkal ketika daya tahan tubuhmu sudah mulai menurun. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah sakit sehingga aktivitasmu di kampus pun akan tetap seperti biasanya.

Nah, gimana? Apakah kamu termasuk mahasiswa aktif yang punya segudang kegiatan di kampus? Jika iya, tidak ada salahnya menerapkan tips-tips di atas ‘kan? Selamat mencoba, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya