Mimisan atau epistaksis merupakan salah satu jenis perdarahan yang cukup sering dialami baik oleh anak-anak maupun dewasa. Meski mimisan bukan gejala penyakit serius, namun kondisi ini tentu mengganggu dan bikin nggak nyaman. Pecahnya pembuluh darah pada hidung ini disebabkan antara lain karena udara yang terlalu panas atau dingin, membuang ingus terlalu keras, penggunaan obat-obatan tertentu, alergi ataupun iritasi.

Kamu nggak perlu panik saat mengalami mimisan karena biasanya akan terjadi selama beberapa menit saja. Tetaplah tenang dan lakukan langkah mudah untuk mengobati mimisan ini, ya!

1. Tanpa menggunakan bahan apapun, tekan hidung dengan menggunakan jari hingga perdarahan berhenti

Tekan hidung sambil menunduk via www.healthline.com

Advertisement
  • Duduk condong ke depan dengan menundukkan kepala. Jangan menengadah karena darah bisa masuk ke tenggorokan dan menyumbat jalur pernapasan yang akan menyebabkan tersedak dan kemudian muntah. Selain ini juga bisa mengiritasi lambung.
  • Pencet hidung dengan ibu jari dan telunjuk untuk mengurangi aliran darah. Lakukan pada kedua lubang meski perdarahan hanya keluar pada satu lubang saja. Tahan selama 5-10 menit, sementara kamu bisa bernapas melalui mulut.
  • Jangan menelan, menghirup, atau batuk agar bekuan darah yang mulai terbentuk nggak rusak.
  • Periksa hidung, jika masih ada perdarahan, pencet lagi hidung sekitar 10 menit lagi hingga darah berhenti.
  • Setelah perdarahan berhenti, bersihkan bagian hidung dengan lap basah, lalu tegakkan kepala dan hindari mengupil atau membuang ingus selama 12 jam ke depan.

2. Beri kompres es di bagian hidung untuk menyempitkan pembuluh darah

Kompres dengan es via www.fabhow.com

Cara yang ke dua bisa dilakukan dengan menggunakan kompres dingin. Pertama-tama, siapkan es batu dan bungkus dengan kain lembut (NB: jangan pernah menempelkan es batu langsung pada hidung karena berisiko menyebabkan kerusakan jaringan). Sambil duduk tegak dan mencubit hidung perlahan, kompres pada bagian luar hidung selama beberapa menit hingga perdarahan berhenti.

3. Sumbat aliran darah dengan daun sirih yang terbukti ampuh mempercepat pembekuan darah dan membuat luka cepat kering

Sumbat dengan daun sirih via hellosehat.com

Daun sirih memiliki sifat antibakteri, anti-peradangan, serta dapat mengurangi rasa sakit, sehingga efektif untuk mengobati mimisan. Nggak sulit kok, caranya cukup ambil satu atau dua helai sirih yang sudah dibersihkan dengan air mengalir. Lalu gulung dan masukkan ke dalam hidung yang berdarah, sambil duduk tegak. Tekan dengan perlahan, tapi jangan terlalu keras karena akan memperburuk kondisi hidung. Tunggu beberapa saat dan darah pun akan berkurang secara perlahan.

4. Jika mimisan dikarenakan udara yang terlalu dingin atau panas kering, gunakan air garam untuk meredakan perdarahan

Tetesi dengan air garam via www.fabhow.com

Advertisement

Air garam ini gunanya adalah untuk membantu melembapkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaput hidung. Garam juga ampuh untuk mempersempit aliran pembuluh darah di hidung sehingga perdarahan akan cepat terhenti. Caranya, larutkan garam dalam air hangat, lalu basahi kapas dengan air garam tersebut. Sambil sedikit mendongakkan kepala, teteskan air garam secukupnya dari kapas melalui lubang hidung. Memang rasanya akan sedikit perih, tapi perdarahan akan segera mereda.

5. Senyawa belerang yang terdapat dalam bawang merah juga membantu pembekuan darah secara alami lho!

Menghirup aroma bawang merah via thesevenhillscollection.wordpress.com

Selain mengandung senyawa belerang, bawang merah juga kaya akan vitamin C dan flavonoid yang berfungsi memperkuat pembuluh darah kapiler. Untuk mengobati mimisan, kamu hanya perlu menghirup aroma bawang merah. Potong bawang merah tipis-tipis dan tempelkan irisan bawang merah tersebut di bagian bawah atau lubang hidung. Hirup aromanya selama beberapa menit untuk meredakan perdarahan.

6. Nggak hanya dipakai masak, daun ketumbar juga ampuh redakan mimisan yang alami

Olesi hidung dengan daun ketumbar yang sudah ditumbuk via www.splendidtable.org

Banyak yang bingung membedakan antara daun ketumbar dengan seledri. Daun ketumbar memiliki bentuk daun yang lebih bulat ketimbang daun seledri. Selain dikenal sebagai bahan untuk memasak, daun ketumbar juga ampuh membantu menghentikan perdarahan dan menyeimbangkan tekanan darah. Caranya, haluskan daun ketumbar sampai halus, kemudian oleskan daun ketumbar yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian dalam hidung. Diamkan beberapa menit hingga aliran darah berhenti.

7. Jeruk lemon memang punya segudang khasiat yang baik untuk kesehatan, ngak terkecuali mengobati hidung yang mimisan

Tetesi dengan air perasan lemon via nutritionyoucanuse.com

Lemon yang kandungan vitamin C-nya yang tinggi mampu menghentikan perdarahan juga memperkuat pembuluh darah yang rusak di dalam hidung yang mimisan. Cara mengobati mimisan dengan jeruk lemon pun tergolong mudah. Peras lemon secukupnya dan teteskan satu atau dua tetes perasan lemon tersebut ke dalam hidung yang mimisan. Tahan sebentar ya rasa perihnya hingga mimisan berhenti dalam waktu beberapa menit.

Kebanyakan mimisan memang nggak berbahaya dan bisa diatasi sendiri di rumah. Tapi, jika kamu mengalami tanda-tanda di mana mimisan nggak kunjung berhenti setelah lebih dari 10 menit, terjadi beberapa kali dalam sehari, disertai demam tinggi dan menggigil, pusing, sakit kepala, batuk atau muntah darah, sebaiknya segera larikan ke dokter terdekat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya