Kebiasaan Kecil yang Bikin Kamu Cepat Kurus Tanpa Perlu Minum Pil-pilan

Sebenarnya nggak susah, cuma butuh konsisten aja

Diet akan dinyatakan berhasil ketika berat badanmu dapat turun sesuai dengan angka idealmu tanpa melepas kebiasaan sehat yang dilakukannya selama ini. Ya, keberhasilan diet juga dipengaruhi oleh konsistenitas seseorang dalam menjalankan kebiasaan baru di hidupnya.

Advertisement

Kebiasaan itu mulai bisa kamu pupuk ketika kamu memutuskan untuk melakukan diet. Kamu bisa memulai dengan membiasakan diri untuk melakukan pola hidup sehat. Beberapa kebiasaan kecil seperti berjemur di bawah sinar matahari, tidur tepat waktu, dan meminum air putih sesuai kebutuhan juga dapat membantumu dalam menerapkan perilaku hidup sehat yang dapat menurunkan berat badan. Berikut kebiasaan kecil lain yang bisa bantu bikin badan kamu kurusan.

1. Minum air sesuai kebutuhan

kebiasaan bikin kurus

Minum putih sesuai kebutuhan | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Kebiasaan kecil ini cukup sering diremehkan oleh beberapa orang, padahal kebiasaan meminum air putih sesuai kebutuhan dapat membantu memaksimalkan program diet sehingga berat badanmu akan turun dengan cepat.

2. Berjemur di bawah sinar matahari, selain menambah vitamin D juga bisa bikin badan cepat kurus

kebiasaan bikin kurus

Berjemur di pagi hari | Foto oleh Julian Jagtenberg dari Pexels

Rutinitas berjemur di bawah sinar matahari mungkin mulai banyak dilakukan semenjak pandemi Covid-19 menggegerkan dunia. Hampir seluruh orang berlomba untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi.

Advertisement

Tapi apakah SoHip tahu bahwa berjemur di bawah matahari pagi merupakan kebiasaan yang bisa bikin bada cepat kurus? Menurut pendapat dari para ahli, orang yang terkena paparan sinar matahari pagi cenderung akan mengalami penurunan Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih cepat. Hal ini dapat terjadi karena sinar matahari membantu tubuh untuk mengikuti ritme sirkadian atau jam biologis tubuh sehingga proses metabolisme dan pembakaran lemak tubuh dapat berjalan lebih efektif.

3. Gunakan tangga daripada lift pada saat di kantor

kebiasaan bikin kurus

Naik tangga menuju ruangan sekalian latihan kardio | Foto oleh MART PRODUCTION dari Pexels

Kalau letak ruang kelas atau ruang kerjamu di lantai 3 atau 4, daripada kamu naik lift atau eskalator, lebih baik kamu gunakan tangga untuk menuju ruanganmu itu. Itung-itung sekalian latihan kardio.

4. Rutin berolahraga di pagi hari akan membantumu untuk menurunkan berat badan

kebiasaan bikin kurus

Yoga di pagi hari | Foto oleh Elina Fairytale dari Pexels

Advertisement

Olahraga sangat penting dilakukan untuk memelihara kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas. Bahkan bonus yang akan didapat adalah berat badanmu bisa turun dalam kurun waktu tertentu tergantung dengan pola hidup sehat yang kamu lakukan.

Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah adalah yoga. Selain bermanfaat untuk memperkuat organ dalam dan mengencangkan kulit, terdapat beberapa gerakan yoga yang dapat menunjang program penurunan berat badan seperti gerakan Adho Mukha Svanasana atau gerakan anjing yang menghadap ke bawah. Melalui gerakan tersebut, tubuh dapat melakukan peregangan secara maksimal.

Selain yoga, kamu bisa memulai olahraga di rumah dengan bantuan video tutorial YouTube ataupun melalui aplikasi olahraga yang bisa kamu download di handphone kamu.

5. Jalan kaki minimal 30 menit setiap hari

Kalau disuruh emak beli minyak di warung, jalan kaki saja ya, itung-itung olahraga biar cepat kurus.

Kebiasaan ini mungkin masih jarang dilakukan, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Biasakan untuk jalan kaki minimal 30 menit sehari, boleh pagi atau sore hari, sebab jika dilakukan secara rutin akan membantumu mengurangi berat badan sebanyak setengah kilogram per minggu. Wow! Dalam waktu satu bulan kamu sudah bisa turun dua kilogram!

6. Bawa bekal makan siang sendiri biar nggak jajan sembarangan

kebiasaan bikin kurus

Membawa bekal makan siang dari rumah | Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Tidak hanya hemat, ternyata dengan membawa bekal makan siangmu sendiri menjadi kebiasaan yang bikin kamu cepat kurus. Kamu tidak akan lagi jajan sembarangan dan tentunya bekal makan siangmu lebih sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori dalam tubuh.

Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang terdapat dalam The International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity bahwa membawa bekal makan siang dari rumah dapat mengurangi risiko kelebihan lemak. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai sekarang bawa bekal dari rumah biar sehat dan cepat kurus!

7. Rutin menimbang berat badan biar bisa tetap terkontrol

Salah satu kebiasaan kecil yang bisa membuat tubuhmu cepat kurus adalah rutin menimbang berat badan. Dengan menimbang berat badan secara rutin di hari dan waktu yang sama itu akan membantumu untuk memantau agar berat badanmu tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu menuliskan setiap progressnya dalam buku catatan dietmu, ya.

8. Tidur tepat waktu agar pola tidurmu dapat teratur

kebiasaan bikin kurus

Tidur tepat waktu bikin badan cepat kurus | Foto oleh Ivan Oboleninov dari Pexels

Pola tidur sangat memengaruhi berat badan. Bahkan Mayo Clinic menyebutkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan ghrelin dan menurunkan leptin yang membuatmu susah untuk menurunkan berat badan.

Maka dari itu, cobalah untuk mulai mengatur kembali pola tidurmu. Pastikan kamu tidur selama tujuh hingga delapan jam dalam semalam.

Nah, kebiasan kecil tadi bisa kamu terapkan mulai sekarang untuk membantumu dalam menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk tetap mengatur pola makan agar target dietmu dapat segera tercapai.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE