Sudah jadi rahasia umum bahwa kegiatan membaca sambil tiduran bisa menimbulkan dampak yang merugikan, terutama bagi organ mata. Apalagi kalau dilakukan di tempat yang redup atau gelap. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekannya, padahal sudah tahu kalau kebiasaan ini merugikan.

Sebenarnya nggak cuma kebiasaan membaca sambil tiduran saja. Ada beberapa kebiasaan sepele lain yang juga berdampak merugikan bagi tubuhmu. Biar kamu lebih berhati-hati, simak ulasan Hipwee Tips berikut.

1. Kebiasaan menahan bersin bisa mengganggu sistem pernapasan yang berujung pada pembengkakan pembuluh darah

tahan bersin via www.medcom.id

Advertisement

Fungsi utama bersin sebenarnya ialah untuk menyingkirkan bakteri, virus, dan partikel debu. Nah, kalau aktivitas ini ditahan, benda-benda asing tersebut akan terus berada dalam tubuh dan bisa membahayakan.

2. Sering berbisik bisa membuat pita suara dan laringmu mengalami masalah lo!

bisik-bisik via www.liputan6.com

Saat berbisik, kamu akan menekan pita suaramu agar bisa berbicara lebih lirih. Nah, hal inilah yang membuat cedera mikro laring di mulutmu.

3. Proses penyembuhan luka justru jadi lebih lama jika sebelumnya kamu menjilat dan meniupinya

luka ditiup via www.hipwee.com

Dalam mulut, terdapat organisme jahat seperti Staphylococci dan Streptococci yang bisa bikin luka sulit kering. Jika nggak segera diobati, luka ini bisa mengalami infeksi dan butuh waktu lama untuk menyembuhkannya lo!

4. Gigi dan kantung empedu akan mengalami beberapa masalah jika kamu masih saja mengupas biji makanan dengan mulut

gigit kuaci via masihbaru.com

Advertisement

Mengupas biji dengan mulut bisa menambah kalori makanan menjadi 500 kkal dalam 100 gram. Selain itu, kebiasan buruk ini juga bisa membuat gigi keropos karena sering mengerit.

5. Jangan menunda kegiatan  buang air kecil jika nggak ingin ginjal, kandung kemih, dan ususmu sakit

nahan pipis via faktualnews.co

Menahan buang air kecil bisa melukai otot yang mana dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan konstipasi. Usus juga akan mengalami kembung akibat keseringan menyimpan air seni.

6. Nggak cuma ponsel, ternyata membawa buku ke toilet pun bisa meningkatkan tekanan pembuluh darah di anus lo!

bawa hp ke toilet via glitzmedia.co

Sebenarnya, kamu hanya dianjurkan untuk duduk di toilet selama 5 menit. Namun, dengan membawa benda-benda seperti di atas, kegiatan buang air besarmu pasti jadi lebih lama, kan? Padahal, jika terlalu lama duduk di toilet tekanan pembuluh darah di anus akan meningkat dan menyebabkan bahaya lo.

7. Kalau nggak ingin pernapasan serta sirkulasi darah terganggu, baiknya jangan tidur di atas bantal sambil tengkurap

tidur tengkurap di bantal via www.harapanrakyat.com

Posisi ini bisa membuatmu susah bernapas karena lubang hidung tertutup bantal. Selain itu, sirkulasi darah dan tulang leher pun akan mengalami masalah karena posisi tidur yang nggak nyaman.

8. Pembuluh darah dalam otak akan terganggu jika kamu sering keramas menggunakan air panas

keramas dengan air panas via nakita.grid.id

Air panas atau hangat akan menstimulasi fungsi kelenjar sebaceous pada kulit kepala yang justru bikin rambut jadi kotor. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan sakit kepala yang berujung pada rusaknya pembuluh darah dalam otak.

9. Menggunakan tusuk gigi bisa menyebabkan gusi bengkak dan berdarah

pakai tusuk gigi via hellosehat.com

Meski tusuk gigi nggak merusak email gigi, namun ini justru membahayakan gusimu lo! Untuk membersihkan mulut, kamu disarankan menggunakan benang gigi saja.

10. Mengunyah permen karet terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut yang berujung pada mag

kunyah permen karet via food.detik.com

Proses mengunyah bisa merangsang produksi asam lambung yang mana jika dilakukan terlalu lama akan melukai tungkak lambung. Selain itu produksi air liur yang meningkat juga akan menyebabkan gigi dan tambalannya rusak.

Setelah mengetahui bahaya-bahaya dari kebiasaan sepele di atas, semoga kamu makin sadar dan menghindari untuk melakukannya, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya