6 Manfaat Jeruk Nipis yang Nggak Sekadar Ngilangin Bau Amis. Rugi Banget Kalau Nggak Digubris

Manfaat jeruk nipis

Siapa sih yang nggak tahu jeruk nipis? Salah satu spesies jeruk yang rasanya cenderung asam ini sering dipakai sebagai bahan pelengkap masakan. Tapi sebenarnya nggak cuma itu lo! Jeruk nipis juga mulai banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Berkat kandungan vitamin dan zat lain di dalamnya, jeruk nipis mulai banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan maupun kesehatan. Kandungan jeruk nipis memang tak bisa kita sepelekan. Sebab, dalam satu buah jeruk nipis saja, kamu sudah bisa memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin harian tubuh.

Advertisement

Meski sudah umum digunakan, masih banyak orang yang belum tahu apa saja manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Padahal, buah asam ini bisa dimanfaatkan baik untuk bagian dalam maupun luar tubuh. Buatmu yang belum tahu, simak ulasan Hipwee Tips berikut. Barangkali setelah ini, kamu jadi bisa memaksimalkan penggunaan jeruk nipis. Jadi, nggak cuma dimanfaatkan untuk pelengkap masakan saja.

1. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ternyata tak main-main lo! Buah asam ini bisa bantu mengurangi risiko penyakit juga

jeruk nipis untuk kesehatan via www.honestdocs.id

Untuk dapat merasakan manfaat jeruk nipis, kamu bisa memeras airnya dan mencampurkannya dengan minuman. Nah, berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin meminumnya dengan porsi yang tepat.

  1. Rasa jeruk nipis yang asam bisa bantu memecah makanan sehingga jadi lebih mudah dicerna. Tak hanya itu, bahkan kandungan flanovoid di dalamnya juga bisa merangsang enzim pencernaan yang berguna untuk meredakan sembelit.
  2. Berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya, jeruk nipis bisa memperkuat imun tubuhmu lo! Bahkan, vitamin C dalam jeruk nipis juga bisa membunuh mikroba penyakit. Jadi, bisa mempersingkat lama sakitmu.
  3. Kamu yang menderita diabetes bisa coba meminum air hangat dengan jeruk nipis secara rutin. Sebab, kandung gula yang rendah pada jeruk nipis bisa bantu mengurangi penyerapan gula di dalam tubuh.
  4. Manfaat jeruk nipis dan madu yang paling umum dibicarakan ialah menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, senyawa limonin dalam jeruk ini bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang efeknya bagus untuk jantung, melansir laman Hello Sehat.
  5. Beberapa peradangan seperti radang sendi maupun asam urat bisa diredakan dengan mengonsumsi air jeruk nipis. Jurnal Annals of the Rheumatic Disease mengungkap, mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit, tiga kali lebih berisiko menderita radang sendi. Makanya tak heran jika jeruk nipis bisa bantu meredakan peradangannya.
Advertisement

2. Selain bagus bagi kesehatan, kamu pun bisa merasakan manfaat jeruk nipis untuk wajah lo!

bagus untuk wajah via abcnews.go.com

Sudah banyak orang yang merasakan, seperti apa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan melalui perawatan wajah yang dilakukannya. Selain menggunakan produk yang memiliki kandungan jeruk nipis, kamu pun bisa membuat skincare DIY dari buah yang tinggi vitamin C ini. Meski begitu, perhatikan takaran dan saran penggunaanya, ya! Berikut beberapa manfaat yang akan kamu peroleh setelah rutin melakukan perawatan wajah dengan jeruk nipis.

  1. Berkat kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidannya, jeruk nipis bisa mendukung fungsi kolagen yang dapat membantu meremajakan kulitmu lo!
  2. Salah satu manfaat jeruk nipis dan madu untuk wajah ialah mengatasi kulit berminyak. Cara pemakaiannya, ialah dengan mencampurkan kedua bahan dan menjadikannya masker. Baiknya gunakan tak lebih dari 15 menit, agar wajah nggak iritasi.
  3. Nah, karena bisa dipakai untuk mengontrol minyak, maka otomatis jeruk nipis dapat membuat kulit wajahmu bebas dari jerawat dan komedo. Sebab, biasanya jerawat dan komedo akan muncul jika sumbatan minyak pada wajah terlalu banyak.
  4. Bahkan, jeruk nipis juga bisa mengencangkan pori-pori wajah karena memiliki zat yang bersifat astringen, melansir laman Tempo. Meski begitu, kamu tak boleh sembarangan memakainya, apalagi jika kulit wajahmu sensitif atau tengah mengalami peradangan.

3. Manfaat jeruk nipis untuk rambut cukup beragam. Salah satunya ialah mengurangi ketombe di kulit kepala

menghilangkan ketombe via www.100percentpure.com

  1. Untuk mengatasi ketombe di kulit kepala, campur perasan jeruk nipis dan minyak kelapa. Usap serta pijat kulit kepala menggunakan cairan tersebut selama beberapa menit. Diamkan dan tutup dengan shower cup, kemudian cuci rambut seperti biasa. Kalau mau lebih efektif, baiknya lakukan metode ini dua minggu sekali.
  2. Mencampurkan perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun atau lidah buaya bisa membantu pertumbuhan rambutmu lo!
  3. Jika rambutmu cukup kering, cobalah buat masker dari campuran perasan jeruk nipis, minyak zaitun, dan telur untuk mengembalikan kelembapannya. Lakukan secara rutin jika ingin mendapatkan hasil maksimal.
Advertisement

4. Manfaat jeruk nipis untuk diet sudah tak perlu diragukan lagi. Banyak yang sudah membuktikannya sendiri

bagus buat diet via www.ibupedia.com

Memang, konsumsi jeruk nipis nggak bisa serta-merta membakar lemak tubuhmu. Namun, berkat kandungan vitamin C dan asam sitrat di dalamnya, proses pembakaran lemak bisa naik hingga 30 persen, melansir laman Hello Sehat. Apalagi kalau kamu iringi dengan beraktivitas dan olahraga. Bahkan kamu bisa mencegah penyimpanan lemak berlebih lewat manfaat jeruk nipis dan garam lo!

Saran penyajian yang dianjurkan ialah dengan menambahkan perasaan jeruk nipis ke dalam air hangat dan jahe yang tak diberi gula. Kalau mau lebih simpel, buatlah infused water dengan beberapa potongan jeruk nipis di dalamnya.

5. Masih banyak orang bertanya, sebenarnya gimana sih manfaat jeruk nipis untuk promil, apakah benar efektif atau cuma katanya saja?

ternyata cuma katanya via blog.dokter.my

Spesialis kebidanan dan kandungan Grace Valentine melalui laman Liputan 6 menyebut bahwa konsumsi jeruk untuk meningkatkan peluang hamil sebenarnya nggak belum ada hasil penelitiannya. Menurutnya, tak ada makanan tertentu yang bisa meningkatkan keberhasilan pembuahan. Dirinya justru menyaranakanmu untuk mengecek siklus menstruasi, rutin berhubungan seksual, hingga menjalankan gaya hidup sehat jika ingin program hamilmu berjalan lebih lancar. Jadi, kalau ada yang bilang jeruk nipis bisa meningkatkan peluang kehamilan, jangan langsung percaya begitu saja, ya!

6. Manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil bisa kamu dapatkan asal tak mengonsumsinya secara berlebihan

bagus untuk ibu hamil via www.ibupedia.com

Melalui lama Alodokter, dr. Rievia Bahasoean menyebut kalau jeruk nipis bisa memberikan nutrisi alami pada janin berkat kandungan asam folat dan vitamin C di dalamnya. Nutrisi ini baik untuk menjaga pertumbuhan janin terutama di trimester pertama. Meski rasanya asam, namun jeruk nipis bersifat basa dan bisa menetralkan asam dalam tubuh, meski begitu penderita mag tetap tak boleh mengonsumsinya, ya!

Ternyata, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat jika rutin minum air perasan jeruk nipis. Bahkan, mulai dari masalah rambut hingga kehamilan pun nyatanya bisa diatasi dengan buah kecil yang rasanya asam ini. Meski baik, namun jeruk nipis nggak disarankan untuk dikonsumi penderita asam lambung, ya! Baiknya, konsumsi dengan porsi yang cukup dan nggak berlebihan supaya kamu nggak mengalami gejala penyakit yang lain. Semoga informasi ini membantu, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE