Apa yang kamu pikirkan pertama ketika bicara soal nangka? Pasti nggak jauh dari manis dan kenyal. Ya, buah berwarna kuning ini terkenal dengan rasanya yang manis, aromanya yang khas, dan teksturnya yang spesial. Nggak heran kalau nangka termasuk dalam buah yang banyak disukai orang. Selain itu, nangka juga sedang musim sehingga mudah ditemui di pasar atau supermarket.

Tapi tahukah kamu kalau nangka nggak cuma buahnya saja yang bisa dimakan? Bijinya juga aman dikonsumsi bahkan bisa diolah menjadi beragam cemilan. Dan soal gizi, nggak perlu ditanya lagi beberapa penelitian telah membuktikan biji nangka memiliki kandungan gizi yang menyehatkan tubuh. Penasaran? Simak ulasan Hipwee Tips tentang manfaat biji nangka di bawah ini.

Saat orang-orang memandang biji nangka sebelah mata dengan membuangnya. Beberapa daerah di Indonesia mengolahnya untuk dijadikan cemilan

Kalau kamu jeli bahkan bisa dibisniskan via 8villages.com

Advertisement

Saat memakan buah nangka kebanyakan orang membuang bijinya karena dianggap nggak berguna. Namun di beberapa daerah –khususnya di Jawa– biji nangka sangat dihargai. Ketimbang membuangnya, biji nangka atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan beton bisa dijadikan cemilan.

Biasanya biji nangka atau beton diolah dengan cara sederhana seperti direbus atau digoreng dengan tambahan sedikit bumbu. Namun kamu jangan khawatir, kali ini Hipwee akan membagikan resep mengolah biji nangka menjadi klethikan atau Stik Biji Nangka. Stik biji nangka memiliki rasa enak dan gurih yang khas, sehingga digemari oleh semua kalangan, termasuk kamu yang ingin mencari snack sehat di kala mengerjakan tugas.

Alat dan bahan

Advertisement
  • Biji nangka 500 gram
  • Tepung terigu 500 gram
  • Bawang putih 50 gram
  • Mentega 20 gram
  • Telur 1 butir
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Panci atau wadah lainnya
  • Pisau
  • Cetakan stik (cheesestick)
  • Wajan, kompor dan lain-lain

Cara membuat

  • Bersihkan biji nangka dan rebus hingga empuk
  • Kupas kulit biji nangka kemudian tumbuk biji nangka rebus dan bawang putih hingga halus
  • Campurkan biji nangka dan bawang putih halus itu dengan tepung terigu, kuning telur, mentega dan garam
  • Aduk bahan-bahan tersebut hingga membentuk adonan yang kalis
  • Bentuk adonan menjadi lembaran dan iris dengan cheesestick seperti mi atau sesuai dengan selera
  • Goreng adonan sampai matang *minyak harus banyak biar stik nggak terendam saat digoreng
  • Tiriskan

Kalau kamu jeli, resep ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menjadi sumber penghasilan. Kamu cukup menambahkan sedikit varian rasa dan mengemasnya dengan kemasan yang menarik, stik biji nangka ini bisa kamu pasarkan. Lumayan lho kalau melihat dari bahan bakunya yang mudah didapat, nggak perlu beli.

Siapa sangka biji nangka yang sering kamu buang itu ternyata banyak kandungan gizinya

Beton banyak manfaatnya via mirmayf.wordpress.com

Melansir Boldsky, biji nangka ternyata kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin A, C, dan B, kalsium, seng, dan fosfor. Dalam 100 gram biji nangka mengandung 185 kalori, 7 gram protein, 38 gram karbohidrat dan 1,5 gram serat. Lemaknya pun kurang dari 1 gram. Nggak hanya itu, beragam mineral juga bisa kamu peroleh dengan menyantap biji nangka seperti tiamin, riboflavin, zinc, zat besi, potasium, tembaga dan mangan.

Biji nangka cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang dalam program pembentukan badan. Biar badanmu cepat atletis atau kekar

Mendukung workout via www.businessinsider.sg

Untukmu yang sedang dalam program pembentukan badan, kamu bisa mengimbangi aktivitas nge-gym dengan mengonsumsi biji nangka. Biji nangka berkhasiat membantu membentuk massa otot dan mempercepat kerja metabolisme dalam tubuh. Kandungan kalsium dan potasium yang dimiliki biji nangka juga dipercaya menjaga kesehatan tulang –menghindarkanmu dari penyakit seperti osteoporosis dan nyeri sendi.

Nggak hanya itu, serat yang ada pada biji nangka bekerja secara efektif untuk menyehatkan saluran pencernaan, mempercepat proses pembuangan, dan menghambat risiko penyakit pencernaan seperti diare dan ambeien. Sekarang kamu nggak perlu takut penyerapan nutrisi tubuhmu terganggu.

Kandungan gizi dalam biji nangka juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah anemia

Mengobati anemia via drpancake.com

Biji nangka memiliki kandungan zat antimikroba dan seng yang berguna untuk mencegah kontaminasi bakteri membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi biji nangka recara rutin, satu atau dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan kadar zat besi –tubuhmu akan terhindar dari risiko anemia dan penyakit darah lainnya. Cocok untuk kamu yang banyak aktivitas, biar nggak mudah capek.

Dan yang paling istimewa, kandungan gizi dalam biji nangka ini bisa menangkal kanker dan menurunkan resiko penyakit jantung

Menurunan resiko penyakit jantung dan mencegah kanker via hellosehat.com

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan fitonutriennya seperti lignan, isoflavon, dan saponin dalam biji nangka rupanya melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Sifat anti kankernya inilah yang dapat memperlambat degenerasi sel tubuh.

Biji nangka juga mengandung 0 kalori dan antioksidan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, biji nangka dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Itulah beberapa fakta tentang biji nangka. Siapa sangka sesuatu yang selama ini disia-siakan justru punya banyak keunggulan. Nggak hanya bisa dimakan dan diolah jadi cemilan, kandungan gizinya juga berguna untuk kesehatan badan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya