Selain Menjaga Kebersihan Vagina, ini 6 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Seminggu Dua Kali

manfaat minum rebusan daun sirih

Daun sirih merupakan tumbuhan yang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Tumbuhan yang punya nama ilmiah Piper betle ini mengandung saponin, tanin, hingga eugenol yang baik untuk mememilihara kesehatan tubuh. Nggak cuma menjaga kebersihan area vagina, ternyata daun sirih juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain. Apalagi, jika kamu rutin meminum air rebusannya.

Advertisement

Meski rasanya sedikit getir dan pahit, tapi dijamin kamu bakal lebih sehat kalau mau minum rebusan daun sirih secara rutin. Nggak perlu tiap hari, bisa seminggu dua kali kok. Nah, berikut beberapa manfaat yang bakal didapat jika rajin minum rebusan air daun sirih.

1. Selain bisa mencegah, minum air rebusan daun sirih juga bisa mengobati diabetes tipe 2

diabetes tipe 2 via parenting.orami.co.id

Air rebusan daun sirih bisa mengurangi kadar glukosa dalam darah yang bagus untuk penderita diabetes. Bahkan, penderita diabetes tipe 1 yang mengalami luka bisa  diredakan dengan mengoleskan ekstrak daun sirih di permukaan kulit.

2. Keluhan asam lambung juga bisa diredakan dengan minum rebusan daun sirih

asam lambung via cornerstoneclinics.com

Minum rebusan daun sirih setelah bangun tidur bisa menghambat pembentukan lesi dan lendir yang jadi penyebab sekresi asam lambung. Kandungan fitokimianya juga bisa melindungi lapisan usus terhadap racun dan iritasi lainnya lo!

Advertisement

3. Kandungan antioksidan daun sirih bisa dimanfaatkan untuk meredakan sembelit

Karena bisa membersihkan radikal bebas, pH dalam perut pun akan kembali normal. Kamu pun nggak akan mengalami sembelit atau konstipasi lagi. Biar makin efektif, minumlah air rebusan daun sirih saat kondisi perut masih kosong.

4. Rebusan daun sirih juga bisa meredakan gejala batuk anak dan dewasa

Berkat kandungan vitamin B, C, dan alkalin daun sirih mampu menangkal virus dan bakteri penyebab tenggorokan gatal, melansir laman Hello Sehat. Makanya, jika sekiranya kamu mulai merasa nggak nyaman dengan tenggorokanmu, segeralah minum rebusan daun sirih yang sudah dicuci bersih. Campurkan daun sirih hijau dengan merah supaya lebih efektif.

5. Penderita asma juga disarankan minum rebusan daun sirih supaya nggak sering kumat

Sebuah penelitian yang dilansir dari laman CNN mengungkap bahwa aktivitas antihistamin pada daun sirih bisa menurunkan kemungkinan kumatnya asma. Selain itu, kandungan polifenol yang bersifat antiinflamasi bisa meredakan gejala asma yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

6. Bahkan, daun sirih diklaim sebagai salah satu tumbuhan antikanker lo!

Selain antioksidan, rebusan daun sirih juga mengandung phytochemical yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, buatlah air rebusan dengan 15 lembar daun sirih di dalamnya. Kalau kamu nggak kuat dengan getirnya, boleh ditambahkan dengan madu asli.

Jika selama ini kamu hanya memanfaatkan daun sirih untuk mencuci vagina, mungkin bisa dipertimbangkan lagi untuk coba meminum air rebusannya. Nggak rugi, malah banyak manfaatnya kok.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE