7 Aturan Pakai Masker Wajah yang Benar Sesuai Jenisnya. Kalau Ngasal, Kulitmu Bakal Cepat Tua

Masker wajah

Menggunakan masker wajah adalah salah satu perawatan yang banyak digunakan sebab memiliki segudang manfaat untuk kulit. Selain mampu melembapkan, masker wajah yang bagus juga bisa mengangkat kotoran, menghilangkan sel kulit mati, mencerahkan hingga mengatasi masalah jerawat.

Advertisement

Saat ini banyak produk masker wajah yang kita temui, mulai dari sheet mask atau, clay mask (lumpur), mud mask (tanah liat) hingga masker bubuk yang dicampur dengan air. Tak hanya itu, cara pengaplikasiannya juga berbeda, terlihat sepele namun penting diperhatikan biar manfaatnya lebih maksimal dan nggak sia-sia digunakan. Berikut ini 7 cara menggunakan masker wajah yang benar untuk skincare rutinmu, yuk simak!

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu, pilih sesuai jenis kulit dan hindari masker wajah yang berbahaya

Bersihkan wajah | Credit: gpointstudio via depositphotos.com

Sebelum pakai masker, pastikan dulu kulit wajah sudah bersih secara menyeluruh. Selain dengan facial wash, kamu juga bisa menggunakan scrub yang tipis supaya sel-sel kulit mati terangkat. Efeknya, masker pun bisa menyerap secara maksimal. Pastikan masker yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit, masker wajah untuk jerawat biasanya menggunakan bahan gel,  sheet mask biasa digunakan sebagai masker wajah untuk kulit kering.

Selain itu, pilih masker wajah BPOM untuk meminimalisir kandungan berbahaya, atau kamu bisa membuat masker wajah alami di rumah dengan bahan sederhana. Hindari penggunaan masker peel off  yang menempel sangat kuat seperti lem sebab bisa merusak permukaan kulit dan bikin iritasi, lo.

Advertisement

2. Uapi wajah dengan baskom berisi air hangat, fungsinya untuk membuka pori-pori serta membantu mengeluarkan minyak dan kotoran

Untuk membuka pori-pori | Credit: poznyakov via depositphotos.com

Setelah membersihkan wajah, salah satu tips yang ampuh untuk menyerap nutrisi pada masker adalah dengan menguapi wajah dengan air hangat. Kalau kamu nggak punya steamer, gunakan air hangat yang ditaruh di dalam baskom untuk penguapan. Dilansir dari halodoc, penguapan ini bisa membuka pori-pori sehingga kotoran dan minyak yang terperangkap bisa dikeluarkan.

3. Masker jenis bubuk yang dicampur dengan air atau krim baiknya dipakai sesudah mencuci wajah karena masih dalam keadaan yang lembap

ilustrasi masker bubuk | Photo by Phuong Nguyen via unsplash.com

Masker untuk menghilangkan bekas jerawat atau mencerahkan kulit sering kita temui dalam bentuk bubuk atau krim. Teksturnya yang cair mengharuskan kita menggunakan bantuan aplikator seperti kuas masker, sebenarnya bisa saja pakai jari tapi pastikan sudah dalam keadaan bersih dan belum menyentuh benda lain, ya. Gunakan masker krim setelah mencuci muka supaya hasilnya merata dan mampu menyerap nutrisi dengan baik. Hindari area pada mata, alis dan bibir.

4. Biar hasilnya glowing, gunakan toner sebelum pakai sheet mask kemudian tarik bagian samping sebagai treatment anti aging. Ingat nggak perlu dibilas, ya!

Advertisement

Jangan dibilas ya setelah pakai | Photo by Polina Kovaleva via www.pexels.com

Sheet mask jadi salah satu masker wajah terbaik untuk kulit kering, selain itu sekarang ini sudah banyak digunakan sebagai masker wajah pria karena penggunaannya yang praktis. Sebelum digunakan sudah membersihkan wajah dengan metode double cleansing (susu pembersih, oil cleanser atau micellar water dulu baru sabun wajah). Kemudian aplikasikan toner supaya kulit nggak kering dan tetap lembut, nutrisi essence pun akan mudah untuk terserap.

Ratakan dengan jari lalu tarik bagian samping kanan-kiri hingga wajah terasa kencang sebagai bentuk treatment menunda penuaan. Jangan terlalu mendiamkan dalam jangka yang lama karena bisa mengangkat kelembapan alami pada kulit. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk dapat hasil yang maksimal.

5.  Jika kamu percaya semakin lama menggunakan masker semakin baik, itu keliru ya, untuk produk jenis clay atau mud cukup 15 menit saja, lebih dari itu bisa bikin wajah kering dan iritasi

Penggunaan clay mask | Photo by Chris Knight via unsplash.com

Clay mask sering dijadikan masker wajah alami untuk kulit kusam, biasanya yang terbuat dari campuran charcoal hingga matcha laris di pasaran. Selain cocok sebagai masker alami untuk remaja, fungsinya juga bisa mengeksfoliasi kulit mati dan mengecilkan pori-pori.

Cara menggunakan masker jenis ini sebenarnya mirip dengan bahan masker krim, kamu bisa mengambil 1/4 clay mask menggunakan spatula masker lalu oles dan ratakan pada seluruh permukaan wajah mulai dari dahi hingga leher. Hindari penggunaan di bagian mata dan bibir.

6. Bubble mask jadi salah satu masker wajah Korea yang sempat laris di pasaran, sebisa mungkin gunakan sebelum memakai serum

bubble mask | credit: mariemandorino via id.depositphotos.com

Masker yang terbuat dari air mengandung karbon, bubuk arang hitam dan tanah liat yang menghasilkan gelembung busa saat menggunakannya memang bikin banyak orang tertarik untuk mencoba. Selain itu, skincare asal Korea ini juga bisa dijadikan masker wajah untuk memutihkan karena terdapat kandungan suplemen kolagen.

Cara penggunaannya sama seperti sheet mask, letakkan dahulu pada area dahi dan mata, lalu tarik lembaran masker ke area pipi dan dagu. Jika menggunakan bubble mask bertekstur krim jangan terlalu mengoleskan dekat mata dan mulut karena saat busa muncul bisa menyebabkan perih dan terhirup. Gunakan 10-15 menit disesuaikan dengan aturannya.

7. Seperti namanya, sleeping mask bisa digunakan sampai pagi hari, nggak perlu khawatir dibawa tidur karena justru mempercepat proses regenerasi kulit

sleeping mask | creidt: Victoria_Borodinova via pixabay.com

Masker overnight atau sleeping mask memang dirancang untuk membantu bahan-bahan di dalamnya meresap lebih maksimal selama tidur. Caranya pun mudah, kamu bisa mengambil krim secukupnya lalu oleskan pada seluruh wajah layaknya mengoleskan pelembap, hindari area mata dan bibir. Tanpa menunggu masker kering, kamu bisa terlelap dan tampil glowing di pagi hari. Produk Viva waterdrop sleeping mask jadi salah satu masker wajah Indomaret yang tergolong murah dibandingkan produk dari Korea, seperti Laneige.

Nah, itulah 7 cara menggunakan masker wajah yang benar dan sesuai dengan jenisnya. Yuk, jangan sampai kamu salah penggunaan dan hasilnya jadi nggak maksimal. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE