7 Cara Simpel Cegah Kerutan di Wajah. Nggak Lagi Dibilang Muka Tua Padahal Usia Masih 20-an

Mencegah kerutan di wajah

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh pun akan berkurang. Hal ini lantas mengurangi keelastisan kulit, terutama di bagian wajah. Apalagi kalau kamu sering terpapar sinar matahari langsung dan debu kotoran. Kelihatannya sih biasa saja, tapi kerutan di wajah bisa bikin make-up pecah dan bakal menggangu penampilan lo!

Advertisement

Sebelum hal ini terjadi, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal berikut sebagai pencegahan. Nggak perlu nunggu umur 30-an, bahkan sekarang pun kamu sudah wajib melakukannya.

1. Praktikkan perawatan kulit paling dasar setiap hari

perawatan dasar via www.bostonmagazine.com

Perawatan kulit itu pada dasarnya mengharuskanmu untuk pakai pelembap secara rutin. Tapi kalau sering beraktivitas di luar ruangan, disarankan juga untuk pakai tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

2. Kurang-kurangi deh kebiasaan menyempitkan mata dan mengernyitkan dahi

mengeryitkan dahi via www.dictio.id

Kedua hal ini bisa bikin otot di area mata bekerja berlebihan yang akhirnya menimbulkan lipatan dan garis halus di bawah permukaan kulit. Kalau kamu sering menyempitkan mata karena penglihatan kabur, mending mengalah untuk pakai kacamata saja.

Advertisement

3. Jangan mencuci wajah terlalu sering karena justru memicu kerutan karena wajah jadi kering

cuci muka via www.insider.com

Apalagi kalau kamu pakai sabun cuci muka yang mengandung bahan kimia aktif. Biar nggak menimbulkan kerutan, cukup cuci wajah dua kali sehari. Kalau memang harus cuci muka lagi, pakailah air hangat supaya wajah nggak kering.

4. Batasi juga konsumsi gula dan makanan berminyak mulai sekarang

kurangi gula dan gorengan via lifestyle.kompas.com

Konsumsi gula dan makanan berminyak terlalu banyak bisa mempercepat proses glikasi yang akan memicu protein advanced glycation end products (AGE) dalam tubuh, melansir laman Sehatq. Padahal protein ini bisa memecah kolagen yang berfungsi menjaga elastitas kulit. Nah, kalau kolagen pecah, kulit pun jadi kelihatan lebih tua karena berkerut.

5. Konsumsi ikan salmon atau tuna yang mengandung omega-3 untuk meremajakan kulit dan membangun produksi sel

makan ikan via www.onemedical.com

Selain omega-3, kandungan antioksidannya juga berperan dalam menangkal radikal bebas serta memperbaiki sel kulit yang rusak lo!

Advertisement

6. Tambahkan skincare yang punya kandungan AHA di dalamnya

pakai skincare dengan kandungan AHA via nl.pinterest.com

AHA mengandung asam alami yang bisa melindungi kulit dari penyebab kerutan. Asam ini juga bisa digunakan untuk menghaluskan tekstur kulit yang mulai gradakan dan muncul lipatan. Plusnya lagi, AHA bisa menghasilkan kolagen yang membuat kulit tampak lebih kenyal dan kencang. Tapi baiknya, penggunaan AHA dibarengi dengan sunscreen agar terhindari dari paparan sinar matahari.

7. Sesekali lakukan senam atau pijatan di area wajah

pijat wajah via www.puristry.com

Kamu bisa melakukan gerakan ringan seperti senam dahi maupun pipi. Cukup lakukan selama 15 menit setiap pagi guna mencegah kerutan di wajah. Selain senam, dianjurkan juga untuk memijat bagian-bagian tertentu pada wajah untuk melancarkan peredaran darah yang dapat mengurangi ketegangan otot wajah. Pijatan cuma perlu kamu lakukan dua kali dalam seminggu kok.

Daripada cuma mengeluh karena mulai muncul tanda kerutan padahal umur masih 20-an, mending lakukan cara-cara pencegahan di atas. Kalau kamu telaten, dijamin deh kerutan bisa kamu minimalisir.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE