Cara Mengatasi Biduran di Musim Hujan. Siap-siap Bedak Antigatal!

Musim hujan gini, cuaca jadi makin dingin gak, sih? Hati-hati, lo! Suhu yang menurun bisa picu reaksi alergi di tubuhmu. Gejalanya dimulai dengan munculnya bentol-bentol yang gatal di kulit, atau dalam bahasa medis disebut sebagai urtikaria atau biduran. Kalau kamu pernah merasa gatal setelah terpapar suhu dingin, mungkin kamu punya alergi dingin (cold urticaria).

Gejala biduran akibat suhu dingin

Tidur di sofa

Tidur di sofa dengan selimut | Foto oleh Pixabay dari Pexels via www.pexels.com

Bentol, bercak, atau ruam akibat biduran memang bisa muncul secara tiba-tiba di bagian tubuh manapun, tapi kamu nggak perlu panik! Biasanya, mereka akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 24 jam, kok. Gejala ringan ini nggak perlu pengobatan khusus dan bisa dirawat sendiri di rumah. Sedangkan, kalau gejalamu disertai rasa pusing, bengkak di area mata atau mulut, sesak napas, dan lemas, kamu harus segera meminta pertolongan medis.

Cara mengatasi biduran ringan

Kipas angin

Kipas angin sebagai salah satu pemicu suhu dingin | Foto oleh Alireza Kaviani dari Pexels via www.pexels.com

Pertama-tama, kamu harus menghindari faktor pemicu biduran, misalnya dengan nggak banyak beraktivitas di luar rumah saat musim hujan. Kamu juga nggak boleh melupakan pemicu lainnya, seperti AC dan kipas angin. Kalau memungkinkan, kurangi pemakaian pendingin ruangan selama kamu di rumah.

Selain itu, pastikan tubuhmu tetap sejuk dan nyaman, ya! Suhu yang terlalu panas malah dapat membuatmu merasa semakin gatal. Untuk itu, kamu harus pakai pakaian yang tipis, longgar, dan menyerap keringat. Kamu juga nggak boleh terpapar sinar matahari secara langsung. Kalau mau rasa gatalmu berkurang, kamu bisa mengompres bentolmu dengan es yang dilapisi dengan handuk selama 10-15 menit.

Mengutip Alodokter, kalau cara-cara di atas masih nggak efektif juga, kamu bisa coba pakai bedak antigatal atau losion kalamin dan konsumsi obat pereda alergi golongan antihistamin. Sedangkan, kalau biduranmu sering kambuh, kamu perlu obat resep dokter seperti kortikosteroid dan obat penekan sistem kekebalan tubuh.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE