6 Penyakit ini Diam-diam Mengintai Pekerja Kantoran. Terutama yang Duduk Depan Layar Tiap Jam

Penyakit orang kantoran

Kebanyakan karyawan kantoran menghabiskan waktunya dengan duduk dan menghadap layar. Meski terlihat santai dan nyaman, posisi ini diam-diam bikin kamu mengalami beberapa gangguan kesehatan. Nggak cuma otot yang tegang, saraf dan persendian pun ikut tegang lo. Apalagi jika kamu digenjot dengan banyak pekerjaan yang juga bikin stres.

Berikut ini ada beberapa penyakit yang biasanya dialami oleh pekerja kantoran. Sebelum kejadian di kamu, baiknya waspadai dan cegah!

1. Risiko menderita penyakit jantung jauh lebih besar dialami oleh mereka yang bekerja dalam posisi duduk setiap harinya

sakit jantung via www.liputan6.com

Advertisement

Rutinitas duduk seperti ini akan memperlambat proses peredaran darah dalam tubuh sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan otot dalam membakar lemak. Jika lemak dalam tubuh nggak terbakar dengan maksimal, kemungkinan terjadi sumbatan pada jantung pun lebih besar.

2. Keseringan menunda makan karena pekerjaan juga bisa bikin pekerja kantoran menderita mag

Meski banyak deadline, bukan berarti kamu boleh melewatkan makan lo! Nggak makan justru bisa membuat sistem pencernaanmu cedera. Nah, kalau sudah begini, kamu bakal mual, muntah, diare, dan bahkan mag. Usahakan untuk tetap menjaga waktu makan meski di sela-sela waktu sibukmu. Jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan airnya.

3. Banyak yang belum tahu bahwa duduk berjam-jam bisa sebabkan obesitas

obesitas via www.alodokter.com

Duduk terlalu lama akan membuat pembakaran energi nggak bekerja dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan penumpukan lemak pada bagian tubuh tertentu sehingga risiko menjadi gemuk akan lebih besar usahakan untuk tetap bergerak meski hanya beberapa menit. Kalau rutin dilakukan, kamu bisa terhindar dari obesitas.

4. Karena terlalu sering menatap layar komputer, pekerja kantoran jadi rawan kena sakit mata

sakit mata via hellosehat.com

Advertisement

Selain mata kering dan berair, kamu juga mengalami sakit kepala dan leher. Makanya, dokter menyarankan untuk menjaga jarak dengan layar sejauh 55 hingga 70 sentimeter. Hindari menatap layar komputer secara berkala dan jangan lupa untuk mengistirahatkan mata.

5. Aktivitas yang padat membuat banyak orang nggak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, bikin rawan terkena tifus

Penyakit tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang biasanya terdapat pada makanan dan minuman yang nggak bersih. Tifus ini menyerang sistem imun yang membuat daya tubuh seseorang jadi melemah. Inilah sebabnya banyak orang mengeluh lemas dan capek ketika kena tifus.

6. Kerja berlebihan ternyata juga jadi menyebab mundurnya tingkat kesuburan

kesuburan menurun via www.halodoc.com

Banyak pekerja cowok yang rela lembur untuk menambah penghasilan. Padahal hal ini justru memicu gangguan kesuburan seperti disfungsi ereksi, penuruan jumlah sperma dan gangguan seksual lainnya. Karena itu, coba rilekskan tubuhmu dengan berhenti kerja lembur, terutama ketika sedang dalam program memiliki anak.

Itu tadi beberapa penyakit yang biasanya menyerang pekerja kantoran. Kerja itu perlu memang, tapi usahakan untuk tetap memperhatikan kesehatan, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE