Sebagian besar cewek lebih senang jika dirinya memiliki puting payudara yang berwarna cerah lantaran puting payudara yang gelap dianggap kurang menarik. Padahal, payudara bakal mengalami perubahan bentuk, ukuran, bahkan warna dari waktu ke waktu. Makanya, kalau misal puting payudaramu berwarna kehitaman atau menggelap, itu normal kok. Jadi nggak usah dengerin anggapan orang yang bilang kalau puting payudara menghitam artinya sudah nggak perawan lagi ya, itu salah kaprah!

Sebenarnya, bukan puting payudara yang berubah warna, melainkan areolanya. Selain tergantung dari warna kulit masing-masing, kebanyakan faktor penyebab menghitamnya puting payudara adalah karena perubahan hormon. Selengkapnya, simak informasi yang sudah Hipwee Tips himpun berikut.

1. Hormon estrogen yang dihasilkan saat cewek mengalami pubertas bisa jadi pemicu perubahan warna pada puting payudara

hormon pubertas via flo.health

Advertisement

Saat puber, indung telur mulai menghasilkan hormon estrogen yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan organ seksual wanita. Lonjakan hormon ini jugalah yang membuat payudara bertambah besar dan puting susu yang terangkat. Kulit di sekitar payudara alias areolanya pun ikut berubah warna menjadi kegelapan.

2. Masa-masa menjelang atau pun selama menstruasi  juga menyebabkan warna puting payudara menjadi lebih gelap dari biasanya

Ketika indung telur melepaskan sel-sel telur selama masa ovulasi, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh akan meningkat. Level hormon yang berubah ini membuat payudara jadi melunak atau membengkak. Termasuk juga menjadi lebih gelap saat siklus menstruasi berlangsung.

3. Hormon kehamilan juga bisa mempengaruhi warna di sekitar areola menjadi lebih gelap

hormon kehamilan via www.workingmother.com

Saat janin tumbuh di dalam rahim, payudara mulai memproduksi ASI untuk mempersiapkan kelahiran bayi dengan memproduksi lebih banyak estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon kehamilan ini bikin payudara jadi terasa sakit, bengkak, lebih sensitif, serta areola yang juga menggelap. Perubahan warna ini sifatnya sementara, setelah kehamilan dan menyusui, warnanya akan kembali seperti semula.

4. Hormon yang sama pada saat hamil juga memengaruhi perubahan warna pada areola ketika menyusui

Advertisement

Hampir semua ibu menyusui punya puting susu yang warnanya cenderung gelap. Selain karena pengaruh hormon kehamilan, puting susu yang berwarna gelap juga membantu bayi mengenali sumber makanannya. Tenang saja, warna puting susu akan kembali seperti sebelumnya seiring waktu, setelah masa menyusui berakhir.

5. Putingmu yang terlihat hitam itu bisa jadi karena pengaruh rambut-rambut halus yang tumbuh di sekitar areola

rambut halus di sekitar puting susu via www.self.com

Beberapa cewek mungkin memiliki rambut-rambut halus yang tumbuh di sekitar puting susu — yang warnanya lebih gelap dari sebagian rambut lainnya pada tubuh. Tumbuhnya rambut halus berwarna gelap ini bisa bikin puting susu tampak lebih gelap juga, apalagi kalau tumbuhnya dekat puting susu.

6. Konsumsi obat-obatan hormonal seperti pil KB juga menyebabkan daerah sekitar puting susu menjadi lebih gelap

minum pil kontrasepsi via www.health.com

Pil KB mengandung hormon progestin, versi sintetis dari estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini mengatur siklus menstruasi untuk mencegah kehamilan. Cara kerjanya pun mirip dengan hormon alami yang ada di tubuh. Efeknya pun menyebabkan timbulnya bercak kecokelatan di area di sekitar puting sehingga tampak lebih gelap, tapi akan hilang setelah berhenti mengonsumsinya.

7. Penggelapan puting payudara ini juga bisa disebabkan karena penyakit paget yang langka

kanker paget via www.health.com

Penyakit paget merupakan jenis kanker payudara langka yang perkembangannya dimulai di daerah puting. Gejala awal penyakit paget antara lain puting susu yang menggelap, pipih, kulit sekitar puting mengelupas atau berkerak, gatal serta kesemutan di sekitar puting, hingga mengeluarkan cairan atau pun berdarah. Kalau kamu memiliki tanda atau gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter, ya!

Selain tujuh faktor penyebab di atas, menggelapnya areola atau area sekitar puting payudara juga bisa dipicu karena gesekan antara kulit areola dengan pakaian yang terlalu ketat juga karena pertambahan usia. Jadi, kalau kamu nggak mengalami gejala-gejala yang menunjukkan adanya gangguan atau penyakit, nggak perlu risau, puting payudara gelap itu normal kok!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya