Selain Bayam, 8 Sayuran Penambah Darah ini Juga Efektif Perbanyak Hemoglobin. Yuk, Makan!

Sayuran penambah darah

Siapa yang sering mengalami gejala seperti mudah lelah, pusing, nyeri dada, atau cepat mengantuk setelah makan? Jangan disepelekan lo, bisa jadi  hal itu mengindikasikan kalau kamu mengidap kurang darah atau anemia. Namun jangan tergesa-gesa untuk mengonsumsi obat penambah darah, kamu bisa memulainya dengan gaya hidup sehat terlebih dahulu.

Advertisement

Salah satu cara mengatasi anemia ataupun kurang darah adalah dengan memenuhi nutrisi  dari makanan penambah darah Hb, asupan itu paling mudah ditemukan pada sayur, daging, dan buah-buahan. Lantas ada pertanyaan, sebenarnya sayuran penambah darah apa saja sih yang punya manfaat untuk penderita anemia? Nah, berikut ini Hipwee berikan daftar sayuran penambah darah yang mudah ditemukan dan bisa diolah sesuai keinginan.

1. Penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran berwarna hijau pekat, brokoli bisa jadi pilihan karena kandungan asam folatnya yang tinggi

brokoli sayuran penambah darah I Photo by silviarita via pixabay.com

Nggak hanya buah penambah darah yang cukup manjur untuk penderita anemia, sayuran berwarna hijau pekat juga punya segudang manfaat. Kandungan zat besi, asam folat, vitamin B pada brokoli dapat memproduksi pembentukan sel darah merah baru. Brokoli juga terbukti mengandung senyawa bioaktif hingga antioksidan untuk mengurangi peradangan di jaringan tubuh.

Kamu bisa mengolah sayuran ini jadi minuman penambah darah dan dibuat sebagai camilan sehat seperti brokoli tepung crispy atau dikreasikan menjadi brokoli ayam telur keju melted.

Advertisement

2. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, kandungan vitamin A pada wortel juga bisa menjaga kadar darah merah di tubuh, lo!

wortel sayur penambah darah I Photo by Couleur via pixabay.com

Satu wortel berukuran sedang saja mengandung dua gram serat yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin B6, senyawa antioksidan betakaroten, alpha karoten hingga antosianin. Serat larut dalam wortel terbukti ampuh untuk mengatur kadar gula darah, bahkan setengah cangkir wortel sudah mengandung 459 mikrogram vitamin A yang setara dengan 184 persen kebutuhan harian kamu.

Itulah kenapa, wortel jadi sayuran penambah darah merah yang fungsinya nggak diragukan lagi. Kamu bisa mengolah wortel jadi jus, sup sebagai tambahan lauk pauk atau kue sekalipun.

3. Buncis bisa jadi sayuran penambah darah yang kaya akan vitamin C dan zat besi, jika dimakan teratur bahkan dapat mendukung metabolisme dalam tubuh

buncis sayur penambah darah I Photo by Peter Teofilus Karundeng via unsplash.com

Buncis jadi sayuran penambah darah paling cepat untk memproduksi sel darah yang baru. Kandungannya yang kaya akan mineral dan vitamin C mampu mendukung penyerapan zat besi secara maksimal. Buncis juga kaya akan folat untuk memproduksi darah merah. Nggak hanya itu, rasanya yang manis membuat buncis bisa diolah jadi beragam hidangan lezat dan pastinya bergizi. Kamu bisa lo, buat kudapan jadi olahan tumis, sayur, martabak hingga dibuat crispy.

Advertisement

4. Selain membuat kamu jadi cepat kenyang karena kandungan karbohidratnya, ubi jalar ternyata bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah

ubi jalar sayur penambah darah I Photo by Louis Hansel via unsplash.com

Kandungan zat nutrisi tembaga pada ubi jalar ini membantu sel darah merah mendapatkan akses ke zat besi. Selain itu, ubi jalar punya kandungan asam folat yang baik untuk memproduksi sel darah merah. Kandungan seratnya yang tinggi bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat hingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Kamu bisa mengolah kudapan ini jadi beraneka macam sajian, seperti dikukus, dipanggang, direbus, digoreng maupun dibakar.

5. Seluruh bagian kentang punya manfaat termasuk kulitnya, kandungan zat besi pada sayuran ini bahkan bisa memproduksi sel darah merah bagi penderita anemia

kentang sayur penambah darah I Photo by RitaE via pixabay.com

Selain cocok untuk diet bebas gluten, ternyata kentang jadi sayuran penambah Hb  yang terbukti ampuh untuk penderita anemia. Mengonsumsi satu kentang bahkan bisa memenuhi 18 persen kebutuhan zat besi harian. Nggak perlu khawatir, kulit kentang juga memiliki nutrisi tinggi untuk kesehatan karena mengandung vitamin B, kalium, flavonoid yang efektif untuk inflamasi pengobatan.

Kamu bisa mengolahnya dengan direbus, diiris, dipanggang atau dibuat jadi mashed potato, usahakan untuk hindari penggunaan minyak biar manfaatnya bisa maksimal di tubuh kamu.

6. Sawi sebagai pilihan sayuran yang kaya akan vitamin A untuk membantu pembentukan sel darah merah

sawi sayuran penambah darah I Photo by hannaone via pixabay.com

Kandungan vitamin A pada sawi bisa membantu pembentukan sel darah merah dan pastinya aman untuk penderita anemia. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memilih sawi hijau karena kandungan klorofilnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, antioksidan pada sawi juga baik untuk menangkal radikal bebas serta menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

7. Jangan sepelekan daun singkong. Walaupun pahit, kandungan di dalamnya bukan hanya menambah sel darah merah melainkan bisa membantu proses pencernaan

daun singkong sayur penambah darah I Photo by Okezone via lifestyle.okezone.com

Serat sayur dari daun singkong sangat baik untuk masalah pencernaan, nutrisi seperti vitamin C, vitamin B1, fosfor, protein, karbohidrat, lemak dan zat besinya bahkan bisa meregenerasi sel darah merah yang baik untuk menangkal anemia. Kamu bisa mengolahnya menjadi tumisan, digoreng dengan tepung, atau ditambahkan kuah seperti sup. Lezat dan bergizi pokoknya.

8. Daun katuk memang dikenal sebagai sayuran penambah darah untuk ibu hamil. Nggak hanya lancarkan ASI, manfaat daun katuk bisa menambah energi dan stamina

katuk sayur penambah darah I photo by bukalapak via www.bukalapak.com

Daun katuk sangat cocok sebagai sayuran untuk ibu menyusui, selain kaya akan vitamin A,B, dan C, kandungan zat besi pada katuk bisa menambah sel darah merah untuk tubuh. Katuk juga jadi makanan yang punya serat tinggi yang bisa menambah stamina dan daya tahan tubuh. Namun, walau punya segudang manfaat, bila dikonsumsi secara berlebihan juga nggak baik karena ada kandungan papaverina yang bisa menyebabkan keracunan. Kamu bisa mengolahnya sebagai sup bening untuk tambahan saat makan.

Itulah deretan sayuran yang punya manfaat sebagai penambah darah. Semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu terapkan hidup sehat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE