Rajin Konsumsi 9 Jenis Sayuran untuk Diet ini, Bobot Susut Setelah 7 Hari. Lama Kenyangnya!

Sayuran untuk diet

Segiat apapun kamu berolahraga untuk menurunkan berat badan, tetap akan sia-sia jika tak diiringi dengan menu diet yang benar. Menurut pakar, kunci diet yang berhasil ialah dengan mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak protein. Selain daging tanpa lemak, protein untuk diet bisa didapat dari sayur-sayuran. Ada banyak jenis sayur yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Nggak mesti sayur-sayuran mahal yang langka, sayuran hijau yang tersedia di pasar pun dapat dimasukkan dalam menu diet harianmu.

Advertisement

Buatmu yang pengin bobotnya cepat susut, setidaknya konsumsilah sembilan jenis sayuran untuk diet dan cara mengolahnya berikut ini. Ada juga yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi untuk memenuhi asupan karbohidrat. Dijamin bakal bikin kenyang lebih lama.

1. Karena mengandung karbohidrat, kentang cocok dijadikan sebagai sayuran diet pengganti nasi

kentang | Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash via unsplash.com

Jenis sayuran untuk diet karbo ini baiknya dikonsumsi dalam keadaan dingin. Jadi setelah direbus, diamkan dulu selama beberapa menit kemudian baru dimakan. Proses pendinginan kentang akan membantu pembentukan pati resisten atau substansi mirip serat dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

2. Brokoli yang juga dikenal sebagai sayuran untuk diet golongan darah o ini mengandung phytochemicals yang dapat memaksimalkan proses pembakaran lemak tubuh.

brokoli | Foto oleh slon_dot_pics dari Pexels via www.pexels.com

Kandungan spesial dari sayur rendah kalori ini juga bisa dijadikan zat antikanker lo! Sayuran untuk diet mengecilkan perut ini dapat dikonsumi dengan cara mengukus agar kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Pastikan kamu sudah merendam brokoli di larutan air garam untuk menghilangkan sisa pestisida dan ulat di bonggolnya.

Advertisement

3. Segala macam jenis jamur akan cocok dijadikan tumis sayur untuk diet

jamur | Foto oleh Emma Jones dari Pexels via www.pexels.com

Sayuran untuk diet sehat ini akan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan lebih lancar.  Jamur juga kaya akan kandungan protein yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat memaksimalkan proses pembakaran lemak yang menumpuk. Bahkan sayuran untuk diet dan mengecilkan perut ini bisa jadi alternatif pilih untuk dibuat resep sayur untuk diet vegetarian.

4. Wortel bisa dijadikan menu sayuran untuk diet DEBM karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi namun minim kalori

wortel | Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels via www.pexels.com

Jumlah kalori dalam semangkuk wortel adalah 52 kalori. Selain diet DEBM, wortel ternyata juga cocok jadi sayuran untuk diet atkin atau sebagai sayuran untuk diet GM lo! Sayangnya ada beberapa orang yang nggak suka mengonsumsi wortel karena menurut mereka baunya aneh. Padahal hal ini bisa diatasi dengan membuat jus dari campuran wortel dengan buah dan sayur untuk diet lainnya seperti lemon dan tomat.

5. Selada merupakan salah satu jagoan sayuran untuk salad yang turut andil dalam proses penurunan berat badan

selada | Gambar oleh Pexels dari Pixabay via pixabay.com

Selain nilai kalorinya yang rendah, sayuran untuk diet sehat ini juga kaya akan zat besi, vitamin B, serat, kalium, kalsium, dan folat lo! Dalam satu porsi makan salad sayur selada, hanya terdapat 8 kalori saja. Sayangnya, sayuran ini tak cocok dijadikan sayuran untuk diet yang direbus. Lebih baik konsumsi langsung dengan dijadikan salad. Jadi, buatmu yang pengin coba cara enak diet sayur dan buah untuk menurunkan berat badan, konsumsilah selada dengan campuran sayur lain dan beri minyak zaitun maupun perasan lemon. Dijamin segar dan kenyang!

Advertisement

6. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, bayam mampu membakar lemak dengan mudah dan mempercepat proses penurunan berat badan

bayam | Foto oleh Jacqueline Howell dari Pexels via www.pexels.com

Bayam merupakan salah satu sayur untuk diet Herbalife yang direkomendasikan. Dibanding kale, bayam lebih sering dikonsumsi karena mudah cara mengolahnya, cukup dikukus atau dijadikan sayur bening. Selain itu sayuran untuk diet dan mengecilkan perut ini juga bisa dijadikan jus sayur segar yang dicampur dengan lemon, nanas, dan madu.

7. Kembang kol kerap dijadikan pengganti karbohidrat pendamping pizza karena rasanya yang lembut dan mengeyangkan

timun | Photo by Eric Prouzet on Unsplash via unsplash.com

Meski jadi pengganti nasi, sayuran untuk diet keto ini tetap rendah kalori lo! Sama halnya dengan brokoli, kamu bisa merebus kembang kol begitu saja atau mengolahnya jadi masakan sayur untuk diet seperti sup rendah lemak. Serat kembang kol pun tergolong tinggi sehingga lambat dicerna tubuh dan dapat membuatmu kenyang lebih lama.

8. Timun dikenal sebagai sayur yang bagus untuk diet dan kulit karena kaya akan mineral dan tinggi serat

timun | Photo by Natalie Rhea Riggs on Unsplash via unsplash.com

Meski agak sulit mengolah timun jadi menu masakan, setidaknya sayuran ini bisa dijadikan infused water, dicampur dengan selada untuk dibuat salad segar, atau dibuat lalapan. Selain jadi sayur untuk diet cepat kurus, timun juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darahmu lo! Timun juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran untuk diet asam urat yang ajaib manfaatnya.

9. Labu juga termasuk kategori sayuran untuk diet ketat yang dapat membuatmu kenyang lebih lama

labu | credit: elements.envato.com via elements.envato.com

Sayuran berwarna terang ini memiliki serat yang cukup tinggi tapi rendah kalori. Untuk olahan, kamu bisa membuat sup labu atau dijadikan kolak, namun santannya diganti dengan fiber cream. Pasti kenyang lama deh!

Kata siapa jenis sayuran untuk diet mesti neko-neko dan aneh-aneh? Buktinya sayuran yang banyak ditemui di pasar ini bisa dimasukkan ke menu diet harianmu. Minim kalori tapi bikin kenyang lebih lama~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE