Selama ini sering kita diimbau untuk mencuci tangan sampai bersih agar tubuh terhindar dari bakteri. Kalau malas cuci tangan sebelum makan, bakteri memang bisa dengan mudah masuk ke tubuh kita lewat makanan atau saat kita menyentuh hidung dan mulut kita. Bakteri itu bisa membuat tubuh kita terinfeksi dan terserang penyakit, seperti flu, radang tenggorokan, diare, dan beberapa kasus bahkan sampai berujung pada kematian.

Image buruk yang melekat pada ‘bakteri’ membuat kita kerap dilanda ketakutan tubuh kita terinfeksi. Padahal sebenarnya tidak semua bakteri itu jahat lho. Justru banyak juga bakteri baik yang malah berfungsi jadi penyeimbang dalam tubuh kita. Sebagian lagi ada yang bisa menimbulkan kondisi-kondisi tertentu pada tubuh tapi cenderung tidak berbahaya. Kali ini, Hipwee Tips sudah merangkum informasinya untuk kamu. Simak bersama yuk!

1. Pertama ada bakteri ‘ramah’ manusia bernama lactobacillus acidophilus

Pencernaan manusia via hellosehat.com

Advertisement

Meski namanya sulit, bakteri satu ini termasuk yang ‘ramah’ pada tubuh manusia lho. Secara alami, bakteri baik ini sudah ada di dalam sistem pencernaan kita. Lactobacillus acidophilus biasanya sengaja ditambahkan dalam produk susu untuk hasil yang lebih baik.

2. Selanjutnya ada bakteri tobacillus acidophilus yang masih satu genus dengan bakteri di atas

Ada pada yoghurt via hellosehat.com

Bakteri ini disebut bakteri pecinta asam, karenanya ia banyak terkandung dalam produk yoghurt, sour cream, frozen dessert, dan buttermilk. Ia berfungsi mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam laktat. Tobacillus acidophilus punya tugas menurunkan pH dalam tubuh dan mengurangi risiko pertumbuhan organisme lain pada makanan. Karena fungsinya itu, ia bisa mencegah infeksi lambung pada manusia.

3. Ada juga yang namanya streptomyces

Antibiotik via www.cancercenter.com

Kalau yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat antibiotik. Mungkin kamu pernah diberi obat antibiotik oleh dokter saat sakit. Antibiotik ini berguna untuk menghentikan perkembangan bakteri jahat pada tubuh.

4. Selanjutnya ada bakteri yang sering banget kita dengar, E. coli!

Bakteri e.coli via globalfoodsafetyresource.com

Advertisement

Mungkin kamu sering banget denger nama bakteri yang satu ini. Bakteri ini meskipun bisa menimbulkan penyakit diare, tapi sebenarnya ia bisa membantu proses pencernaan dan menjaga agar tubuh tetap sehat lho. E. coli juga memproduksi vitamin B-kompleks dan vitamin K.

5. Ada juga bakteri acidophilus bifidus. Tubuh kita juga perlu bakteri satu ini

Mencegah kolesterol via islamidia.com

Acidophilus bifidus berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah pertumbuhan jamur jahat seperti Candida albicans. Tak hanya itu, ia juga bertugas membersihkan aliran darah dengan memberantas racun dalam tubuh. Makanya, bakteri ini penting banget buat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Dalam sistem pencernaan juga ada yang namanya bakteri cyanocobalamin

Memproduksi vitamin B12 via www.patrika.ca

Selama proses pencernaan, tubuh kita butuh bakteri cyanocobalamin untuk memproduksi vitamin B12. Bakteri yang berperan sebagai probiotik ini bisa memecah senyawa kompleks makanan sehingga bisa diserap oleh darah dengan mudah.

7. Selanjutnya ada bakteri flora usus. Lagi-lagi ia bertugas dalam sistem usus kita

Usus manusia via biologigonz.blogspot.com

Bakteri ini bertanggung jawab membentuk sel-sel baru untuk regenerasi jalur usus lewat fermentasi serat makanan serta menghasilkan asam lemak. Flora usus bisa memproduksi beberapa vitamin yang dibutuhkan tubuh.

8. Meskipun namanya kayak makhluk luar angkasa, tapi streptococcus mutans ini sebenarnya baik buat tubuh lho

Mengubah gula jadi asam laktat via bisnis.tempo.co

Dalam mulut kita ada yang namanya bakteri streptococcus mutans. Tugasnya mengubah sukrosa atau gula menjadi asam laktat.

9. Buat para cewek, kamu wajib tahu bakteri satu ini nih, namanya acidophilus bacteria

Organ reproduksi wanita via www.alodokter.com

Acidophilus bacteria biasa ditemukan dalam organ reproduksi wanita. Tugasnya menghasilkan asam laktat untuk mencegah jamur tumbuh di area kewanitaan.

10. Terakhir, bakteri yang ada di kulit kita, staphylococcus epidermidis dan proprionibacterium acnes

Ada di kulit kita via whitecoathunter.com

Kedua bakteri yang namanya panjang ini ‘bersemayam’ di kulit kita lho. Tugasnya untuk mencegah penyebaran jamur tertentu.

Sebenarnya selain 10 bakteri di atas, masih banyak lagi bakteri baik yang bersahabat sama tubuh kita. Jadi, jangan benci dulu sama bakteri-bakteri yang ada di dunia ya! Siapa tahu ia malah bermanfaat buat kita~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya