5 Cara Alami Tingkatkan Hormon Serotonin yang Bikin Mood Membaik. Bahagia Terus Seharian!

Tingkatkan hormon serotonin

Mood-mu lagi kacau?

Advertisement

Saat mood lagi nggak baik, sudah barang tentu kamu jadi sering uringan-uringan atau menangis. Nggak cuma karena faktor eksternal, ternyata mood yang anjlok juga disebabkan karena menurunnya hormon serotonin. Melansir laman Kompas, serotonin merupakan neurotransmiter yang ada di otak dan usus manusia. Hormon ini bisa membuat seseorang jadi merasa lebih bahagia dan senang.

Berikut beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh.

1. Olahraga selama 20 menit bisa memperbaiki mood selama 12 jam

Lakukan olahraga favoritmu secara rutin, 20 menit aja tiap harinya | Photo by Haley Phelps via unsplash.com

Saat berolahraga, tubuh melepaskan dopamin dan serotonin. Ketika kedua hormon ini lepas, rasa sakit di otot-otot pun akan mereda. Akibatnya kamu jadi lebih tenang dan nggak tegang lagi. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan di antaranya ialah mendaki, berenang, jalan kaki, atau bersepeda.

Advertisement

2. Konsumsilah makanan yang mengandung triptofan

Jangan lupa makan telur ya~ | Photo by Daniela Constantini via www.pexels.com

Makanan dengan kandungan ini bisa membangun serotonin agar makin berkembang dalam tubuh. Biasanya zat ini dapat dengan mudah kamu temui di salmon, kacang-kacangan, telur, dan keju.

3. Sesekali cobalah berjemur di bawah sinar matahari

“Bertemulah” dengan matahari tiap hari, paling tidak selama beberapa menit | Photo by Ryan Christodoulou via unsplash.com

Nggak perlu terlalu lama, kamu cukup berjemur selama 10 sampai 15 menit saja kok. Menurut sebuah penelitian, cahaya matahari bisa meningkatkan serotonin hingga 10 persen. Tapi, jika kamu sensitif dengan sinar matahari, ada baiknya jika memakai tabir surya lebih dulu.

4. Sempatkanlah untuk melakukan meditasi selama 30 menit dalam sehari

Meditasi itu pun bentuknya bisa macam-macam, yang pentig kamu punya waktu dengan dirimu sendiri | Photo by Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Meditasi yang dilakukan secara teratur bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar serotonin. Cara ini juga bisa membantumu melawan penyebab stres karena tubuh jadi lebih rileks. Selain membuatmu lebih bahagia, meditasi juga bisa mengurangi inflamasi nggak penting dalam tubuh lo!

Advertisement

5. Pijat juga bisa meringankan tubuh yang tegang dan meningkatkan hormon serotonin

Pijatan sederhana di tangan gini juga bisa | Photo by Pixabay via www.pexels.com

Karena bisa memengaruhi biokimia dalam tubuh, pijat jadi salah satu kegiatan yang mampu meningkatkan serotonin. Penelitian menemukan bahwa terapi pijat dapat mengurangi hormon kortisol peserta sebanyak 53 persen. Hormon kortisol ini dikenal sebagai hormon penyebab stres.

Selama ini belum banyak yang menyadari bahwa hormon serotonin memiliki pengaruh yang besar pada tubuh. Jika kekurangan hormon ini, kamu jadi mudah merasa stres dan lelah. Makanya, agar senantiasa bahagia, upayakan untuk terus meningkatkan hormon serotonin dalam tubuhmu, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE