7 Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer Biar Nggak Cepat Lelah

Tips menjaga kesehatan mata di depan komputer

Di masa pandemi seperti sekarang, sebagian besar aktivitas dilakukan secara daring melalui ponsel atau perangkat komputer demi meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Akibatnya, tingkat penggunaan komputer dan laptop semakin tinggi karena para pelajar juga turut menjalani kegiatan pembelajaran secara daring di rumah. Nah, bagi kamu yang aktivitas sehari-harinya harus menatap layar komputer, kamu harus tetap memerhatikan kesehatan mata lo.

Advertisement

Menatap layar komputer dalam waktu yang lama dapat membuat mata menjadi lelah dan berpotensi mengalami gangguan ringan pada mata. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata menjadi sangat penting agar kita tetap bisa produktif dengan kondisi tubuh yang sehat. Kali ini, Hipwee akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan mata di depan komputer. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1. Atur tingkat kecerahan layar monitor sesuai dengan pencahayaan yang ada di ruang kerja

Photo by TONG CHEN on Unsplash

Tingkat kecerahan layar monitor sangat memengaruhi kondisi mata saat bekerja atau melakukan sesuatu di depan komputer. Maka dari itu, penting untuk menyesuaikan tingkat kecerahan agar tak membuat mata menjadi lelah. Kamu bisa atur kecerahan layar sesuai dengan pencahayaan yang ada di ruang kerjamu. Usahakan jangan terlalu cerah atau pun terlalu gelap.

2. Selain mengatur kecerahan layar, kamu juga harus menjaga pencahayaan di lingkungan kerja

Photo by Boicu Andrei on Unsplash

Menjaga pencahayaan di ruang atau lingkungan kerja juga sangat penting. Usahakan pencahayaan nggak terlalu terang hingga menimbulkan pantulan cahaya pada layar monitor. Bagi kamu yang beraktivitas dan bekerja di rumah, kamu bisa meletakkan lampu meja di atas kepala dan di belakang punggung agar cahaya lampu nggak langsung masuk ke mata.

Advertisement

3. Gunakan pelindung layar dan kacamata pelindung dengan untuk meminimalisir risiko pancaran radiasi

Photo by Kevin Ku on Unsplash

Kamu bisa menggunakan screen protector atau pelindung layar untuk mengurangi risiko pancaran radiasi dari layar monitor ke bagian mata. Pelindung layar juga dapat membantu menghindarkan terjadinya mata lelah karena cukup lama menatap layar monitor. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan filter glass dan kacamata dengan lensa antiradiasi untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk secara langsung ke mata.

4. Kamu bisa mengatur jarak pandang yang ideal antara mata dengan layar monitor agar mata nggak cepat lelah

Photo by rafzin p on Unsplash

Sama seperti saat membaca buku atau menonton televisi, kita juga harus mengatur jarak antara mata dengan layar monitor. Jarak yang terlalu dekat akan membuat mata menjadi lebih cepat lelah dan dapat berisiko terjadinya rabun pada mata. Jarak pandang mata juga memengaruhi tingkat radiasi yang masuk ke mata sehingga menetapkan jarak yang aman dari layar monitor sangat penting. Jarak pandang mata dengan layar yang ideal yaitu antara 50 – 100 cm.

5. Jangan lupa luangkan waktu untuk mengistirahatkan mata agar terhindar dari beragam permasalahan

Advertisement

Photo by Brina Blum on Unsplash

Biasanya, secara normal manusia akan berkedip sebanyak 18 kali selama satu menit, tetapi ketika kita berhadapan dengan layar monitor kita akan jarang berkedip. Nah, bagi kamu yang aktivitas sehari-harinya menggunakan perangkat laptop atau komputer sangat disarankan untuk melakukan olahraga mata dan mengalihkan pandangan sejenak dari layar agak tak terjadi mata lelah.

Kamu bisa mengalihkan pandangan ke arah dedaunan hijau agar mata kembali segar. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pijatan lembut secara melingkar pada bagian mata saat ingin tidur. Bagi kamu yang harus berhadapan dengan layar monitor dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya luangkan untuk beristirahat lima menit setiap jam agar mata dan pikiran kembali segar.

Tidur cukup selama 6 – 8 jam juga dapat membantu mata terhindar dari beragam permasalahan seperti mata kering, gatal, kemerahan, dan sensitif terhadap cahaya.

6. Sebaiknya lakukan pemeriksaan mata secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan mata

Photo by cottonbro from Pexels

Di luar dari aturan pencahayaan dan jarak pandang mata, sebaiknya kamu juga melakukan pemeriksaan mata secara berkala agar mengetahui kondisinya. Jika kamu memiliki keluhan terhadap mata, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan satu tahun sekali. Jika tidak, kamu juga tetap dianjurkan untuk memeriksa mata setiap 2-3 tahun sekali.

7. Terakhir, kamu juga perlu mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A dan C untuk membantu menjaga kesehatan mata

Photo by Dan Gold on Unsplash

Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin penting untuk kesehatan mata. Makanan yang mengandung vitamin A dan C umumnya adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan tersebut yang akan membantu melindungi mata dari beragam gangguan ringan dan degenerasi makula.

Jika kamu bekerja di depan layar komputer, biasakan untuk mengonsumsi sayuran seperti bayam, kol, dan kubis yang mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin untuk membantu mengurangi risiko penyakit mata. Sayuran dan buah-buahan seperti wortel, brokoli, alpukat, stroberi, jeruk, dan mangga yang mengandung vitamin A dan C juga turut membantu menjaga kesehatan mata.

Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung zink seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, dan daging unggas untuk meminimalisir kerusakan mata karena radiasi. Makanan yang mengandung beta karoten juga penting untuk dikonsumsi karena akan dikonversikan menjadi vitamin A yang mengandung antioksidan.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir terjadinya gangguan atau kerusakan pada mata akibat menatap layar monitor dalam waktu yang cukup lama. Jangan lupa istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap sehat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE