Rumus Praktis Rutin Tidur Sebelum Jam 10 Malam. Tidur Pulas dalam 10 Detik!

Ada metode unik yang bisa kamu terapkan. Terbukti!

Katanya, semakin kita bertumbuh dewasa, segala sesuatu bisa diteloreransi, termasuk urusan jam tidur. Demi menonton drama Korea secara maraton atau mengerjakan tugas kuliah maupun sekolah yang sebelumnya sengaja ditunda-tunda, misalnya. Ketika memasuki dunia orang dewasa sebagai pekerja pun, membiasakan diri tidur sebelum jam 10 malam jadi hal yang susahnya minta ampun.

Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu tidur sebelum jam 10 malam?

Rasanya tuh, seperti ada banyak alasan yang membuat kita mengulur-ulur waktu tidur. Padahal, kita sadar bahwa kebiasaan begadang, apalagi sampai dini hari, bisa mendatangkan bahaya kesehatan yang serius. Mulai dari masalah jantung, kekebalan tubuh, sampai kecemasan. Meski udah tahu risiko nih, bukannya menghentikan kebiasaan buruk ini, kita malah sering kali bikin pemakluman. Duh, bebal sekali~

Buruknya kebiasaan tidur nyatanya nggak cuma dialami satu atau dua orang aja. Banyak orang di usia 20 awal atau 20 akhir yang mengeluhkan masalah yang sama. Saking berantakannya siklus tidur dan kesulitan mengatasinya, mereka sampai memasukkan kebiasaan tidur sebelum jam 10 malam ke dalam daftar impian yang ingin segera diwujudkan.

Dengan dorongan bahwa setiap orang berhak merasakan tidur yang cukup dan nyenyak, Hipwee Premium telah merangkum caranya nih. Sssttt… ada bonus bedtime routine yang bisa diunduh untuk membantumu menjaga kebiasaan tidur tepat waktu. Yuk, mulai kebiasaan baik dari diri sendiri!

ADVERTISEMENT

1. Hindari konsumsi kafein maksimal 4 jam sebelum tidur. Yuk, kurang-kurangin teh dan kopi~

Minuman berkafein seperti teh dan kopi kerap jadi andalan kala kantuk datang atau produktivitas menurun di siang hari. Efektif sih, tapi cara ini justru menyebabkan masalah tidur di malam hari. Pasalnya, kafein ibarat stimulan yang merangsang kita tetap terjaga dan menggangu pola tidur yang udah terbentuk selama ini.

Mengutip Medical News Today, ada baiknya hindari minuman berkafein maksimal 4 jam menjelang tidur atau kalau bisa hindari sama sekali. Gantikan dengan asupan makanan atau minuman yang membantu tidur lebih lelap, seperti minum susu atau makan buah pisang. Dengan menerapkan cara ini, kamu bisa membiasakan tidur sebelum jam 10 malam dengan cukup mudah.

ADVERTISEMENT

2. Say yes untuk rutin olahraga tiap hari, say no untuk begadang terus-menerus~

Tahu nggak kalau siklus tidur dipengaruhi juga oleh olahraga? Ini bukan mengada-ada, tapi ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang rutin olahraga setiap hari ternyata lebih mudah untuk tertidur di malam hari. Selain sehat secara jasmani, kita juga bisa merasa rileks dan tenang selepas olahraga. Wah, dampak positifnya berlipat ganda!

Satu hal yang perlu kamu ingat, jangan berolahraga mendekati waktu tidur! Ambil jarak waktu yang cukup panjang sehingga kamu memberi waktu untuk dirimu sendiri bersantai.

ADVERTISEMENT

3. Pertahankan jadwal tidur, lakukan secara konsisten

Cobalah membuat jadwal tidur yang teratur. Mulai dengan tidur di waktu yang sama sebelum jam 10, contohnya. Kemudian, bangun pula di waktu tertentu. Lakukan kebiasaan ini setiap hari, bahkan di akhir pekan. Mengatur dan mengikuti jadwal tidur secara konsisten membantu seseorang tidur dan bangun tepat waktu.  Selain itu, mempertahankan jadwal tidur juga dapat menyelaraskan waktu tidur dengan ritme alami tubuh. Dengan kata lain, kualitas tidurmu makin tinggi.

Rutin Tidur Jam 10

Gangguan tidur | Illustration by Hipwee

ADVERTISEMENT

4. Lakukan 5 rutinitas positif ini untuk membantumu tidur sebelum jam 10 malam

Mempertahankan jadwal tidur secara konsisten juga membutuhkan usaha. Salah satunya dengan melakukan rutinitas-rutinitas positif menjelang tidur. Beberapa aktivitas santai dan menyenangkan ini bisa kamu coba:

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini