Perjalanan dari rumah ke tempat aktivitas bisa jadi hal yang menguras energi di pagi hari. Macetnya jalan, berdesakan di kendaraan umum, sampai rasa terburu-buru dan takut terlambat sering menghantui. Tingkat stres yang tinggi di perjalanan bisa mempengaruhi kinerja dan perfotma di hari tersebut.

Lalu, apa sih yang harus dilakukan agar membuat perjalanan komuting-mu lebih menyenangkan dan bebas dari stres? Di artikel ini Hipwee akan memaparkan beberapa caranya.

1. Bernyanyi Atau Mendengarkan Radio Untuk Menemanimu Dalam Kemacetan

Jangan ragu bernyanyi via www.youtube.com

Nyalakan radio mobilmu, atau jika kamu menggunakan kendaraan umum manfaatkan ponselmu untuk memutar musik. Cari lagu pembangkit semangat, bernyanyilah keras-keras selama perjalanan. Cara ini ampuh membuatmu lebih rileks dan bisa mengurangi tingkat stres sepanjang perjalanan. Jika jalanan sangat macet, kamu bisa beralih ke musik ballad atau klasik yang lebih menenangkan.

Mendengarkan radio juga layak jadi pilihan yang patut dicoba. Bukan hanya menghiburmu dengan musik, kicau penyiar radio juga kerap memberikan informasi yang bermanfaat seperti suasana traffic hari itu, event menarik hari itu, hingga isu nasional yang menarik. Sembari melawan macet, kamu bisa memperoleh update informasi sekaligus.

2. Menghubungi Keluarga Atau Berselancar Di Sosial Media

Advertisement

Manfaatkan ponselmu untuk berselancar di sosial media via indie88.com

Terkadang kesibukan membuat kita kekurangan waktu untuk berbincang dengan keluarga demi mengetahui kabar mereka. Maka, kenapa tidak memanfaatkan waktu kosong selama perjalanan untuk menghubungi orang-orang tersayang? Daripada mengutuki kemacetan, lebih baik ambil ponselmu dan mulai perbincangan dengan orang-orang penting dalam hidupmu.

Kamu juga bisa menggunakan waktu komutingmu untuk mengecek akun sosial media. Berinteraksi dengan kawan atau membaca beberapa berita terbaru dari akun yang kamu ikuti. Jika hal ini kamu jadikan kebiasaan, distraksi saat kerjamu juga otomatis berkurang. Kamu sudah tuntas dengan sosial dengan sosial media di awal hari, hingga bisa fokus ke pekerjaan yang menanti.

3. Main Game yang Mengasah Otak

Mainkan game yang mengasah otak via indie88.com

Di toko applikasi ponsel, banyak sekali permainan pengasah otak yang bisa kita unduh dan kita manfaatkan sebagai pengisi waktu sepanjang perjalanan. Pilih permainan yang berhubungan dengan angka atau bangun geometri yang bisa memaksamu menggunakan logika.

Menghadapi permainan pengasah otak di pagi hari secara tidak langsung mempersiapkan otakmu untuk siap menghadapi berbagai tantangan hari itu. Oh iya, jangan lakukan ini jika kamu komuting dengan menyetir kendaraan sendiri ya! Utamakan keselamatanmu di jalan raya, jangan tergoda melirik ponsel.

4. Buat Daftar Pekerjaan yang Harus Kamu Selesaikan Hari Itu

Buat to do lists mu via indie88.com

Selain menghibur diri, waktu komuting juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan produktivitasmu hari itu. Dalam jeda waktu kosong tersebut kamu bisa mulai membuat daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari itu. Tentukan prioritas dan pikirkan apa yang harus kamu lakukan selepas sampai di kantor nanti.

Cara ini bisa membuatmu lebih siap dan terorganisir ketika sampai di depan meja kerja. Kamu tidak lagi membuang waktu untuk membuat prioritas pekerjaan di jam kerja, sebab kamu sudah melakukannya beberapa jam sebelumnya — saat masih terjebak macet di jalan raya.

5. Manfaatkan Waktu Komuting Untuk Melakukan Refleksi

Manfaatkan waktu komuting untuk refleksi via www.huffingtonpost.com

Kesempatan duduk diam dalam perjalanan menuju kampus atau tempat kerja bisa jadi satu-satunya waktu untuk kita benar-benar sendirian di sepanjang hari itu. Setelahnya kita akan banyak berinteraksi dengan orang lain, mendengar pendapat dan masukan mereka, tidak jarang pula saling memberi kritik.

Waktu komuting bisa kamu manfaatkan sebagai momen untuk refleksi. Renungkan hal apa yang paling ingin kamu capai di hari tersebut, renungkan pula tujuan besar yang ingin kamu raih dalam hidup. Resonansikan motivasi bahwa kamu bisa mencapai tujuan yang kamu idam-idamkan itu.

Secara teratur menggunakan waktu komuting untuk refleksi bisa membuatmu jadi orang yang lebih yakin pada diri sendiri. Hal ini tentu lebih bermanfaat dibanding cemberut dan mengeluh karena kemacetan panjang ‘kan?

Kemacetan dan stres memang kerap tidak bisa dilepaskan dari perjalanan komutingmu. Namun, selalu ada cara untuk mengakalinya kok. Selamat menempuh perjalanan, hati-hati dan semoga kamu selamat sampai tujuan!