Standar Tinggi Wastafel Dapur dan 6 Contoh Modelnya. Cucian Piring Beres, Punggung Nggak Pegal

Wastafel dapur

Sudut cuci di dapurmu juga bisa disulap jadi lebih cantik lo! Tapi selain desain yang menarik, kenyaman tetap paling utama. Makanya, saat membangun atau membuat wastafel dapur, ukurannya mesti disesuaikan dengan benar. Ternyata ada ukuran tak tertulis yang umum digunakan ketika membuat wastafel dapur. Ukuran standar ini juga bisa diaplikasikan pada semua bentuk wastafel dapur.

Advertisement

Kalau agak susah membuat wastafel dapur permanen, memakai wastafel dapur portabel juga sah-sah saja. Usahakan pilih wastafel dapur yang lebarnya pas dan desainnya sesuai dengan tema ruangan. Jadi, berapa ukuran wastafel cuci piring 1 bak yang sesuai standar? Ulasan Hipwee Tips berikut akan menjawabnya.

Sebenarnya wastafel dapur set punya banyak jenis. Nggak cuma dari segi material saja, tapi dudukan wastafel dapur juga cukup beragam

Kebanyakan orang tahunya cuma wastafel dapur stainless saja, padahal sebenarnya masih banyak jenis lainnya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Undermount sink

menyatu dengan meja via www.signaturehardware.com

Biasanya, wastafel dapur ini terpasang di bawah meja kabinet dan menggunakan struktur dasar lemari untuk dudukannya. Pemasangan undermount sink akan membuat tampilan meja dapur lebih rata dan kelihatan elegan.

2. Farmhouse sink

Advertisement

menjorok ke depan via www.coppersmithcreations.com

Wastafel dapur cuci piring ini memiliki tepi berbentuk bulat yang bagian ujungnya sedikit menonjol ke arah meja. Di pasaran, farmhouse sink dijual dalam satu dan dua bak. Masing-masing bisa dipilih sesuai kebutuhan dan besar meja dapurmu. Meski seringnya wastafel ini dipakai di vila atau rumah mewah, tapi tak menutup kemungkinan juga untuk ditempatkan di dapur sederhana milikmu.

3. Self rimming sink

ada pembatas bak via www.arsitur.com

Berbeda dengan wastafel dapur lainnya, self rimming sink memiliki pembatas di antara baknya. Cara pasang self rimming sink jauh lebih mudah daripada yang lain, sebab biasanya permukaannya sudah dilapisi semen atau perekat lainnya. Bagian tepinya yang kokoh dapat dimanfaatkan untuk menopang bobot cucian piring yang lumayan berat.

4. Prep sink atau bar sink

untuk dapur bersih via www.blanco.com

Ukuran wastafel dapur minimalis ini lebih kecil dibanding yang lain. Biasanya, prep sink digunakan untuk menyiapkan serangkaian makanan kecil di dapur bersih. Meskipun kecil, wastafel ini justru bikin dapur kelihatan lebih elegan dan mewah.

5. Corner sink

di sudut meja dapur via id.pinterest.com

Wastafel dapur mungil ini kerap dipasang pada pojok meja dapur yang sering diabaikan. Meski ukurannya kecil dan ditaruh di sudut, tapi kamu tetap boleh menggunakan material keramik untuk wastafel ini. Malah wastafel dapur keramik bisa membuat area sudut yang mulanya tak terlihat jadi lebih menonjol.

Sama halnya dengan kitchen set, ukuran wastafel dapur juga mesti sesuai standar supaya lebih nyaman saat digunakan

ukuran wastafel dapur via texnotoys.ru

Sekalipun yang dipasang adalah wastafel dapur murah, ukuran tinggi dan lebarnya tetap harus pas. Tinggi standar wastafel untuk orang Indonesia anjurannya ialah 80 cm dari lantai. Tapi jika kamu membuat wastafel saat meja sedang dicor, baiknya kurangi 3 sampai 5 cm untuk space keramiknya nanti. Jadi, kira-kira tinggi bak wastafel yang dibuat yakni sekitar 75 hingga 77 cm.

Buatlah wastafel dapur dengan lebar 60 cm dari dinding. Untuk ketebalannya, usahakan nggak lebih dari 8 cm supaya nggak melewati ambang batas tingginya. Baiknya gunakan besi berukuran 13 mm dan cukup satu baris saja saata membuat wastafel dapur besar. Biar nggak terlalu ramai, gunakan keramik berukuran 60×60 cm untuk finishing wastafelnya nanti.

Ternyata selain kenyamanan, tinggi wastafel juga akan mempengaruhi buangan airnya. Makanya, jarak antar wastafel dan pipa pembuangan juga mesti pas. Jika kamu menggunakan pipa pembuangan asli, umumnya ini hanya bisa dipisahkan sejauh 20 cm dari bak wastafel saja. Jadi, usahakan lubang pembuangan atau saluran airnya nggak lebih dari itu, kecuali jika kamu mau menggantinya dengan pipa atau saluran pembuangan air lain.

Selain nggak nyaman, ukuran wastafel yang terlalu tinggi atau rendah ternyata juga bisa memicu keluhan lain

bikin capek via www.simplemost.com

Kalau wastafel kurang lebar, otomatis air akan menyiprat ke mana-mana dan membasahi meja dapur. Secara nggak langsung dapur jadi mudah kotor, lembap, berjamur, dan bau. Tak cuma memengaruhi kenyamanan dan kebersihan dapur saja, wastafel di bawah standar juga bisa memicu keluhan lain seperti:

  1. Nyeri otot punggung dan tulang belakang karena mesti berdiri dan mencuci sambil bungkuk.
  2. Karena letaknya terlalu rendah, otomatis kamu jadi nggak bisa memaksimalkan ruang di bawahnya. Padahal meskipun kecil, bawah wastafel bisa dipakai untuk menyimpan stok sabun cuci atau bahkan menaruh mesin cuci bukaan depan.
  3. Ada kemungkinan kamu juga bakal sering menabrak rak gantung di atas wastafelnya. Kalau nggak hati-hati, tentu bisa saja terluka.

Sekalipun yang kamu pakai ialah wastafel dapur kotak kokoh, tapi bukan berarti standar tinggi dan lebarnya diatur sembarangan. Tetap harus disesuaikan biar nyaman dan nggak bikin dapur becek.

Enam contoh wastafel dapur minimalis ini bisa dijadikan referensi. Kalau ukuran meja dapurnya nggak besar, mending pakai saja wastafel satu bak biar nggak makan tempat

Wastafel memang cuma dipakai buat cuci piring, tapi bukan berarti bentuk dan desainnya boleh asal-asalan. Kalau dibuat cantik dan menarik, bakal lebih nyaman dilihat, apalagi kalau desainnya sesuai dengan tema dapur. Nah, ini dia beberapa model wastafel cantik yang bikin dapur makin estetik.

1. Membiarkan semen tanpa polesan justru bisa membuat wastafel dapur kelihatan lebih menarik. Untuk memaksimalkan tema rustic-nya, gunakan keran dari material kuningan yang disambung langsung dengan pipa berwarna silver

wastafel rustic via www.pinterest.de

2. Wastafel dapur harga jutaan jelas bisa membuat ruangan kelihatan lebih mewah. Apalagi jika meja dapurnya juga dibuat dengan material marmer yang sama. Pakailah dua motif berbeda untuk wastafel dan mejanya supaya nggak monoton 

wastafel marmer via www.pinterest.de

3. Jika kamu menginginkan model wastafel yang berbeda, bangunlah di atas meja dapurnya. Jadi, bukan dibuat built in seperti wastafel dapur biasanya. Justru dibuat di luar meja supaya kelihatan lebih unik dan menarik

wastafel di luar meja via id.pinterest.com

4. Unmount sink biasa juga bisa disulap jadi lebih menarik jika dipasang dengan keramik berwarna nyentrik yang kontras dengan meja dapurnya. Model wastafel dapur seperti ini justru lebih murah cara membuatnya karena bisa memakai keramik sisa bangunan 

modelnya biasa tapi cantik via id.pinterest.com

5. Karena harga harga wastafel cuci piring 2 bak cukup mahal, maka kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan kembali barang bekas yang tak dipakai. Daripada dibuang, mending baskom aluminium disulap jadi bak wastafel dapur yang unik seperti ini

wastafel dua bak via id.pinterest.com

6. Supaya wastafel dapur stainless kelihatan lebih mewah, pilihlah yang bentuknya agak berbeda. Jangan cuma kotak atau bulat penuh, bisa oval atau bersudut seperti ini. Kalau mau lebih praktis dan multifungsi, taruhlah rak piring stainless di atas wastafelnya

wastafel stainless via id.pinterest.com

Walau hanya dipakai untuk mencuci piring atau perkakas dapur lain, bukan berarti wastafel dibuat seadanya saja. Justru kalau desain dan modelnya menarik, kamu akan senang melihatnya selalu bersih dan rapi, sehingga bakal lebih rajin mencuci. Tapi yang lebih penting, ukuran wastafel mesti sesuai standar karena akan memengaruhi kenyamananmu ketika mencuci. Semoga menginspirasi!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE