Singapura kini berubah jadi destinasi baru yang asyik dikunjungi bersama orang-orang tercinta. Negara yang satu ini memang beda. Di dalamnya kamu bisa menemukan berbagai keseruan yang selama ini hanya ada di bayangan saja. Mulai dari tata kota yang rapi, transportasi yang jauh lebih tertata, sajian kuliner yang memanjakan lidah, sampai amusement park yang bikin kamu gak ingin pulang saking serunya.

Tapi namanya juga ke luar negeri. Kadang kamu masih berpikir 2 kali untuk memesan tiket dan pergi. Alasannya sederhana saja — dana yang dibutuhkan untuk melancong ke negeri Singa kadang bisa menguras tabungan. Eits, tapi gak selamanya begitu lho. Kali ini Hipwee akan memberikan 8 cara hemat buatmu yang ingin liburan ke Singapura tanpa bikin dompet jadi merana.

1. Singapura itu dekat. Kunci memilih transportasinya bukan mencari yang paling nyaman — tapi mana yang paling ekonomis

Processed with VSCOcam with s2 preset Processed with VSCOcam with f2 preset

Untuk perjalanan jauh macam ke Amerika atau ke Eropa kenyamanan tetap harus diperhatikan. Karena penerbangan yang harus dilalui bisa memakan 12 jam atau lebih. Agak kram juga kan kalau kaki harus bertahan di space yang sempit?

Advertisement

Tapi beda dengan perjalananmu ke Singapura. Dalam perjalanan yang hanya memakan waktu 1,5 jam saja gak perlulah memilih penerbangan yang super nyaman. Kelas ekonomi dengan harga tiket di bawah 1 juta rupiah sudah bisa mengantarkanmu ke sana.

2. Untuk urusan akomodasi yang hemat — coba deh datang saat ada festival atau event. Deals dari Singapura banyak dan menarik 

Biaya paling banyak bisa kamu keluarkan untuk urusan akomodasi selama di sana. Karena itu, kamu mesti pintar-pintar mencari momen yang mendukung perjalananmu. Nah, untungnya Singapura punya berbagai festival dan event yang mendukung upaya penghematanmu. Dalam berbagai event yang diselenggarakan ditawarkan juga berbagai deals menarik.

Sebut saja diskon belanja kalau menunjukkan kartu kredit pada suatu waktu tertentu, sampai potongan harga di berbagai tenant dan resto selama event berlangsung. Asyik kan?

3. Gak perlu terus-terusan makan di restoran. Street food Singapura malah sudah sangat yuuuum

Biar perjalananmu jadi lebih hemat, ringkas dana dengan menghemat biaya makan. Terlebih kalau lagi jalan-jalan di Singapura. Street food Singapura terkenal otentik dan kaya rasa. Mulai dari chinese food, makanan peranakan Arab dan India, sampai nasi lemak khas Melayu bisa kamu dapatkan di sana.

Jusru makan-makanan pinggiran memberimu ambience Singapura yang sebenarnya. Gak cuma menghemat dana, perjalanan travelingmu pun akan makin meninggalkan makna.

4. Gak selamanya kamu mesti bayar buat menikmati atraksi. Pintar-pintar saja cari destinasi yang bisa didatangi dengan gratis

Sebagai negara yang memang tersohor sebagai daerah wisata Singapura punya banyak destinasi yang cocok untuk semua pejalan yang datang ke sana. Mulai dari yang berduit sampai backpacker pun semua bisa.

Buat kamu yang ingin berhemat, pilihlah destinasi yang tetap khas Singapura tapi bisa dinikmati secara gratis. Kebanyakan amusement park atau tempat atraksi Singapura memungkinkanmu untuk melakukan ini kok.

5. Buat kamu yang suka suasana alam, Japanese dan Chinese Garden di Jurong Park bisa jadi pilihan buat escape dari hiruk pikuk perkotaan

Kenapa Chinese dan Japanese Garden di Jurong Park? Karena untuk menikmati semua ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali!

Terletak di Jurong Park, yang cukup terjangkau untuk didatangi menggunakan MRT, dua taman ini menawarkan ketenangan di tengah hustle bustle khas Singapura. Gabungan hijaunya tanaman dan tenangnya suasana bikin kamu lupa kalau kamu sedang berada di salah satu kota tersibuk di dunia.

6. Merlion dan Esplanade layak juga jadi rujukan. Kamu bisa selfie sekaligus dapat hiburan gratis

Belum ke Singapura sih memang kalau belum berfoto di Merlion. Spot ini sudah jadi mandatory selfie buat semua pelancong yang datang ke Negeri Singa. Patung Merlion ini bisa kamu datangi dan digunakan sebagai spot foto secara gratis. Selanjutnya, kamu bisa menuju ke Merlion Park untuk duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan Marina Bay Sands dan Esplanade.

Oh iya, buat pemburu gratisan Esplanade ini bisa jadi destinasi mencari hiburan. Secara reguler Esplanade menyelenggarakan berbagai hiburan free of charge bagi pengunjungnya. Mulai dari pertunjukan musik klasik, opera, sampai Chinese Opera semua ada.

7. Saat malam tiba dan kamu enggan cepat-cepat pulang ke hostel mampirlah ke Gardens by The Bay untuk menikmati light show 

Malam di Singapura jelas tidak layak jika dilewatkan begitu saja. Tapi buat pejalan yang kantungnya pas-pasan tentu tidak bijak jika menghamburkan uang untuk makan atau ke berbagai tempat hiburan.

Gardens by The Bay bisa jadi pilihan apik untuk mengakhiri hari. Setiap hari pada pulu 19.45 dan 20.45 ada pertunjukan light show yang ‘dimainkan’ oleh SuperTree. Pertunjukan ini gratis, dan bisa kamu nikmati dari berbagai spot strategis di sekeliling Gardens by The Bay.

8. Waktumu di Changi Airport mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mulai dari belanja, city tour gratis, sampai menikmati orchid and butterfly garden khas bandara Singapura

Yes, ini memang bandar udara. Tapi Changi punya banyak kelebihan dibanding bandara-bandara lain di luar sana. Di Changi ada banyak sekali fasilitas yang bisa kamu nikmati secara gratis. Mulai dari gym dan kolam renang, menikmati taman anggrek dan kupu-kupu di dalam bandara. Sampai…city heritage tour gratis buat kamu yang harus transit lebih dari 5 jam!

Selain itu Changi juga terkenal dengan kemudahan berbelanja. Banyak sekali brand ternama yang bisa kamu temukan di sini. Harganya? Hmmm…standar sih. Tapi ada GST refund yang membuat berbelanja jadi terasa lebih masuk akal.

See? Gak harus mahal kan buat seru-seruan ke Singapura?