6 Negara yang Tidak Memiliki Bandara Sama Sekali. Mau Terbang Mampir Harus ke Luar Negeri Dulu

Negara Tanpa Bandara

Bandara merupakan infrstruktur yang paling penting dalam sebuah negara berdaulat. Bandara punya fungsi yang vital sebagai tempat pengangkutan manusia dari dan ke luar negeri, serta jadi simbol kemajuan sebuah negara. Namun, meski fungsinya sangat penting, ternyata tidak semua negara di dunia memiliki bandara. Lho kok bisa?

Advertisement

Setidaknya ada 6 negara di dunia yang tidak memiliki bandara sama sekali. Artinya untuk masuk ke negara tersebut bisa dilakukan dengan 2 cara, pertama jalur darat, kedua ‘nebeng’ di bandara tetangga. Yuk simak aja ulasan Hipwee Travel berikut ini.

Monako adalah kerajaan yang berada di sebelah selatan Prancis. Untuk masuk ke Monaco, traveler harus naik pesawat ke kota Nice, Prancis

monako via travel.detik.com

Kerajaan Monako merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Betapa tidak, luasnya cuma 202 hektar dan penduduknya cuma 38.682 penduduk. Sejumlah itu paling cuma sebanyak 1 kelurahan di Jakarta. Kecil banget kan? Makanya di Monako nggak ada bandara. Kamu bisa masuk ke Monako dengan terlebih dulu terbang ke Bandara Nice di Prancis dan dilanjutkan dengan berkendara ke Monako.

Palestina pernah punya bandara di jalur Gaza tapi sudah hancur sejak tahun 2000. Kini Palestina tidak punya bandara

bandara gaza hancur via www.kabarpenumpang.com

The Yasser Arafat International Airport di jalur Gaza dibuka tahun 1998 tapi sudah hancur tahun 2000 karena serangan Israel. Kini setiap orang yang mau datang ke Palestina harus naik pesawat dulu ke Israil baik ke Tel Aviv ataupun Bethlehem.

Vatikan berada di dalam kota Roma, jadi nggak butuh-butuh banget punya bandara

vatikan city via republika.co.id

Kota suci Vatikan yang berada di tengah kota Roma tidak butuh bandara karena di Roma sendiri ada dua bandara internasional yang bisa digunakan. Jadi nggak butuh deh bandara.

Liecshtentein adalah negara kecil di dekat Swiss. Selama ini warganya terbang lewat bandara Swiss

liechstentein via www.agoda.com

Liechtenstein merupakan negara yang terkecil di dunia. Terletak di perbatasan Austria dan Jerman, Lichtenstein juga tidak memiliki bandara. Warga negara Lichtenstein terbang melalui bandara di negara tetangga seperti Austria dan Swiss.

Andorra juga negara kecil yang berada di antara Spanyol dan Prancis. Negara ini juga tidak punya bandara karena banyak bandara di dua negara tetangga

andorra via republika.co.id

Andorra adalah negara kecil nan indah di antara Spanyol dan Prancis. Karena ada banyak bandara di antara dua negara tetangga, jadi Andorra nggak terlalu butuh bandara internasional. Jumlah penduduknya aja cuma 22 ribuan dengan luas 12 km persegi. Kecil banget ya!

Advertisement

San Marino adalah negara terakhir yang tidak mempunyai bandara. Jumlah penduduknya aja cuma 4 ribu orang

San Marino berada di semenanjung Italia. Negara kecil ini cuma punya teritorial seluas 7 km persegi dan jumlah penduduknya cuma 4 ribu orang. Maka wajar saja kalau tidak punya bandara. Bandara aja luasnya segede negara itu. Hehehe.

Kalau ke sana jangan lupa mampir negara tetangganya dulu ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE