Usia sih sudah cukup dewasa, sayangnya yang ditunggu-tunggu sejak dulu masih belum datang juga. Jodoh kok lama banget munculnya, padahal kamu sudah nggak sabar menanti dilamar. Alhasil, kamu jadi suka galau nggak jelas, mikirin jawaban apa yang musti dilontarkan saat ditanya keluarga soal calon pasangan.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kebosanan ketika bernasib lajang. Misalnya, melakukan berbagai hal bermanfaat untuk meningkatkan ketrampilan, meluangkan waktu buat orang-orang tersayang (yang nggak melulu pacar), atau menghibur diri dengan mengikuti apa kata mitos tentang enteng jodoh.

Meski zaman sudah modern, keberadaan mitos-mitos ini sangat dekat di masyarakat, lho. Hingga kini masih banyak orang yang memercayainya.

Hipwee Wedding nggak bermaksud menyuruh kamu percaya dan segera lakukan kok, hanya sekadar info saja. Tapi kalau kamu mau coba terapkan, sah-sah saja, lho! Ehehe~

1. Ada hal tersembunyi di balik ritual siraman calon pengantin. Air sisa siramannya ‘berkhasiat’ kalau kamu mandi menggunakannya

air siraman calon pengantin via www.big-enterprise.com

Advertisement

Salah satu alasan kenapa ritual adat menjelang pernikahan masih banyak dilakukan di era modern seperti sekarang yaitu karena mitosnya yang masih dipercaya. Biasanya sehari sebelum acara, kedua calon pengantin bakal disiram menggunakan air yang berisi bunga setaman. Nah, mitos enteng jodoh terdapat di air siraman – yakni kalau kamu mandi pakai air sisa siraman calon pengantin itu, katanya sih kamu bakal segera bertemu jodoh. Maka dari itu, nggak heran banyak yang rebutan setelah proses siraman usai untuk mengambil air sisanya.

2. Khusus para cowok, kalau kamu bisa mencuri bunga melati yang ada di sanggul pengantin wanita, katanya jodoh bakal cepat datang

Hayoo, berani curi bunganya nggak? via thebridedept.com

Kamu cowok dan masih jomblo? Biar jodoh cepat datang, disarankan curi bunga melati yang ada di sanggul pengantin wanita. Karena namanya mencuri, tentu saat melakukan aksi kamu sama sekali nggak boleh ketahuan. Kalau kamu ketahuan berarti mitos yang diharapkan terjadi nggak bakal kesampaian. Hmm, sepertinya agak sulit ya? Hehe hehehe hehehehe.

3. Bukan cuma di sanggul, tapi bunga melati yang ada di keris pengantin pria juga ada mitosnya khusus buat para cewek

curi saat lagi foto bareng bisa, lho via dna-photovideo.com

Jika cara mengambil bunga melati di sanggul pengantin wanita dilakukan oleh cowok, buat yang satu ini diperuntukkan bagi kamu berjenis kelamin cewek. Caranya, kamu bisa mencuri bunga melati yang ada di keris pengantin pria, lho. Mitos ini dianggap lebih mudah dibanding sanggul. Tapi tetap saja harus berhati-hati, ‘kan?

4. Lawan jenis yang duduk bersama kamu di kursi pohon cinta Kebun Raya Bogor, dianggap punya khasiat langgeng sampai pernikahan nanti

ini dia pohonnya via sportourism.id

Tanpa perlu bersusah payah mencuri bunga melati atau harus mandi pakai air siraman calon pengantin, ternyata ada mitos sederhana yang suka disepelekan, lho. Pada mitos satu ini, kamu cuma harus menemukan pohon cinta atau pohon jodoh di Kebun Raya Bogor, lalu sebisa mungkin kenalan atau duduk juga bisa dengan lawan jenis di sini. Katanya sih kamu bakal berjodoh dengan orang itu.

Mitos ini berawal dari 2 pohon yang terlihat kembar, padahal sama sekali berbeda jenisnya. Tingginya belasan meter dan telah berumur sekitar 140 tahun. Nah, di antara kedua pohon ini terdapat kursi panjang yang sering digunakan sebagai tempat duduk-duduk pengunjung. Kedua pohon ini dianggap sangat serasi sehingga dinilai sebagai lambang cinta di Bogor. Katanya sih dulu ada pasangan yang bertemu di sana dan perkenalannya berlanjut ke pelaminan.

5. Percaya atau nggak, kalau mendapat lemparan bucket bunga pengantin di resepsi pernikahan berarti kamu akan menyusul

bucket flower via thebridedept.com

Kalau dari tadi mitos yang Hipwee sebutkan mayoritas berasal dari lokal, kali ini ada dari negara barat. Para pengantin akan melakukan sesi pelemparan bucket bunga di acara resepsi. Menjelang pelemparannya, para tamu undangan baik cewek maupun cowok telah menunggu di tengah-tengah venue. Siapa yang mendapatkan bucket bunga yang dilempar inilah yang dipercaya akan segera menyusul menikah.

6. Sumur jodoh di Pulau Karampuang, Sulawesi Barat bisa bikin kamu selangkah lebih dekat dengan jodoh. Caranya, kamu harus minum dan mandi di sumur tersebut

sumurnya berada di pulau ini via bloganakmamuju.blogspot.co.id

Sepertinya air memang jadi ‘bahan utama’ mitos-mitos yang berlaku. Yup! Terbukti bukan cuma air sisa siraman calon pengantin saja, tapi juga yang berada di dalam sumur ini juga dipercaya mempermudah kedatangan jodoh. Selain bisa untuk mandi, air sumur juga bisa diminum dan memiliki ‘khasiat’ yang sama.

7. Mata air di Gunung Putri, Bandung yang diminum atau dibasuhkan ke wajah dipercaya bikin kamu enteng jodoh. Mau coba ke sana?

Mau diminum atau dibasuhkan ke wajah, asalkan pakai mata air di Gunung Putri, Cililin, Kabupaten Bandung Barat ini dipercaya bikin kamu enteng jodoh. Apalagi sambil memandang panorama alam yang tak ternilai harganya, kamu bakalan betah berlama-lama di sana. Selain konon bisa mendekatkan jodoh, hati dan pikiranmu juga bakal jadi fresh dibuatnya.

Nah, mumpung masih lajang, kamu punya banyak waktu untuk lebih kreatif mengisi waktu luang tanpa harus banyak galau-galauan. Bukannya sudah putus asa, tapi nggak ada salahnya kan mencoba mengikuti tuntunan mitos-mitos yang ada di sekitar kita? Siapa tahu, jodohmu benar-benar didekatkan. Selamat mencoba, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya